Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Tidak Pakai Jasa Penitipan Hewan

Halo, Kawan Dolan! Salah satu pertanyaan untuk kalian yang sedang berencana pergi liburan, terutama yang memelihara anjing/kucing, adalah: berani meninggalkan mereka di rumah sendirian? Beberapa pemilik anjing/kucing memilih menitipkan hewan peliharaan kesayangannya ke penitipan hewan, atau menyewa perawat hewan (pet sitter) demi liburan yang menyenangkan. Memilih tempat penitipan hewan atau pet sitter pun perlu berhati-hati. Jika salah memilih, ada kemungkinan hewan kesayanganmu malah menjadi stres dan tertekan.

Opsi lainnya adalah meninggalkan mereka di rumah. Tentunya hal ini bisa kamu pertimbangkan. Anjing atau kucing sudah terbiasa dengan lingkungan tempat tinggal mereka sehingga opsi ini akan mengurangi risiko stres akibat lingkungan baru.

Jika Kawan Dolan ingin mencoba cara ketiga, yaitu meninggalkan mereka di rumah, ada syarat utama yang perlu diperhatikan, yaitu pastikan anjing/kucing kalian sudah terbiasa ditinggal tuannya. Pembiasaan ini perlu dilakukan secara bertahap, mulai dari beberapa jam, lalu meningkat ke beberapa hari. Hal ini penting mengingat anjing/kucing juga punya sifat posesif terhadap tuannya. Jika ditinggal terlalu lama, mereka juga bisa merasa sedih dan kangen. Kawan Dolan juga kangen ‘kan kalau meninggalkan mereka?

Jika anjing/kucing sudah terbiasa ditinggal, tips berikut juga perlu kamu coba agar lebih tenang untuk pergi berlibur.

Kunjungi Dokter Hewan Langganan

penitipan hewan - periksakan dulu kondisi hewan kesayanganmu

Kunjungan ke dokter hewan atau vet perlu perlu kamu lakukan beberapa hari sebelum berangkat. Hal ini penting karena kamu perlu memastikan anjing/kucing dalam kondisi yang benar-benar sehat dan tidak mendekati jadwal vaksin tahunan. Jika perlu, mintalah vitamin untuk menjaga kondisi tubuh anjing/kucing.

Siapkan Stok Makanan dan Minuman

Kawan Dolan bisa membeli dispenser makanan dan air di toko perlengkapan hewan untuk menyediakan makanan untuk anjing/kucing. Jika budget terbatas, kamu juga bisa memanfaatkan mangkok/wadah yang ada di rumah. Bagi persediaan makanan kering dan air dalam beberapa wadah, serta pisahkan lokasinya.

Dari pengalaman kami, persediaan makanan kering ini bisa mencapai 1,5 kali lipat daripada porsi wajar mereka. Sebagai gambaran, jika dalam 1 hari biasanya menghabiskan 100 gram makanan kering dan kamu berencana meninggalkan mereka selama 2 hari, maka tinggalkan persediaan makanan sekitar 250-300 gram.

Selain itu, persediaan air minum adalah hal yang mutlak. Makhluk hidup dapat bertahan tanpa makanan untuk beberapa hari asalkan kebutuhan air terpenuhi. Jangan pelit meninggalkan air bersih untuk anjing/kucing kesayanganmu. Siapkan persediaan air dalam beberapa wadah, misalnya menggunakan ember kecil/gayung.

Periksa Ulang Sekeliling Rumah

penitipan hewan - jangan tinggalkan benda sembarangan

Rumah dan lingkungannya tidak boleh menjadi lahan jebakan untuk hewan yang ditinggalkan. Anjing/kucing harus terlindung dari panas dan hujan, serta bebas bergerak. Jika meninggalkan mereka di dalam rumah, periksa kembali sirkulasi udara. Pastikan mereka mendapat cukup asupan udara segar.

Amankan dan simpan benda-benda yang berpotensi melukai, seperti benda tajam, bahan beracun, atau bahan mudah terbakar. Periksa ulang lagi jangan sampai anjing/kucing menjangkau dan bermain-main dengan barang sederhana yang dapat mengancam nyawa. Contohnya seperti kantong plastik atau tumbuhan tertentu yang beracun bagi hewan.

Beritahu Teman atau Tetangga Terpercaya

Tidak ada ruginya memberitahu teman dan tetangga yang dapat dipercaya bahwa kamu meninggalkan anjing/kucing di dalam rumah. Kamu bisa meminta tolong kepada mereka untuk membantu mengawasi atau memberi kabar tentang keadaan hewan yang ditinggal. Jika mereka tidak keberatan, kamu juga bisa meminta tolong untuk memeriksa stok makanan dan air, serta melihat kondisi anjing/kucing kesayangan.

Intinya, kepikiran hewan piaraan saat kita bepergian adalah hal yang wajar. Justru kalau tidak kepikiran malah aneh. Jika masih berat, beberapa penelitian terkini bahkan menyarankan pemilik untuk berpamitan ke anjing/kucing. Percaya tidak percaya, hati akan lebih tenang setelah kita berpamitan.

Pamitan sama Kucing Kesayangan - Kucing nggak perlu ke penitipan hewan
Pus, piknik dulu ya! – Sumber: Facebook

Hal terpenting, meskipun ada pilihan untuk titip ke penitipan hewan, membayar pet sitter, atau meninggalkan mereka di rumah, Kawan Dolan tetap harus memprioritaskan kesehatan dan keamanan mereka, ya.

3 Replies to “Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Tidak Pakai Jasa Penitipan Hewan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *