Saung Angklung Mang Udjo, Lebih Dekat dengan Seni dan Budaya Sunda

Jika Kawan Dolan berkunjung ke Bandung Timur, ada sebuah tempat menarik yang bisa kalian kunjungi. Terutama bagi yang memiliki minat pada kesenian dan budaya Sunda, pasti akan senang sekali berkunjung ke tempat ini. Namanya Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo berada di Jalan Pasaduka Nomor 118. Didirikan oleh seorang seniman angklung bernama Udjo Ngalagena (Mang Udjo). Sejak didirikan pada tahun 1966, Saung Angklung Udjo fokus untuk melestarikan seni dan budaya Sunda.

Beragam Pertunjukan Seni dan Budaya Sunda

Saung Angklung Udjo merupakan pusat kesenian tradisional angklung yang mengusung konsep Nature and culture in harmony. Pengunjung bisa menikmati keharmonisan alam dengan seni dan budaya khas Sunda. Konsep tempatnya dibuat asri dan unik dengan dominasi bambu pada bagian halaman, interior, hingga dekorasi.

Setiap hari pada pukul 15.30 – 17.00 WIB, pengunjung bisa menyaksikan bamboo performance di Bale Karesemen Saung Angklung Udjo. Ada beberapa pertunjukan yang digelar, yaitu Wayang Golek, Heleran, Tari Tradisional, Arumba, dan Angklung Orkestra.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo
Pertunjukan di Saung Angklung Udjo. Foto : surgawisata.id

Wayang Golek adalah pertunjukan kesenian Sunda yang populer dengan tokoh utama si Cepot dan Dawala. Cerita rakyat yang sarat pesan moral disajikan secara sederhana dan kocak dalam durasi kurang lebih 10 menit.

Lain halnya dengan pertunjukan Arumba yang mempertunjukkan kombinasi musik tradisional dan gerak tarian khas Sunda. Sementara itu pada pertunjukan Heleran, pengunjung akan menyaksikan peragaan upacara tradisional dengan iringan musik yang riang gembira.

Pada pertunjukan angklung orkestra, pengunjung disuguhkan irama merdu angklung yang memainkan berbagai jenis lagu. Mulai dari lagu Sunda, lagu populer anak-anak, lagu daerah Indonesia, bahkan dangdut.

Pengunjung Diajak Bermain Angklung Bersama
Pengunjung Diajak Bermain Angklung Bersama. Foto : galamedianews.com

Menariknya, di akhir pertunjukan angklung, pengunjung akan diajak untuk berinteraksi dengan bermain angklung bersama. Pengunjung bisa belajar dan merasakan langsung sensasi memainkan alat musik tradisional Sunda ini.

Saung Angklung Udjo, Tujuan Wisata Yang Lengkap

Selain hiburan, Saung Angklung Udjo juga memproduksi angklung. Di pusat produksi angklung ini, pengunjung bisa melihat dan belajar bagaimana cara pembuatan angklung yang baik.

Jika masih ingin lebih lama menikmati suasana di Saung Angklung Udjo, pengunjung bisa menuju ke Dapur Udjo. Di sana tersedia tempat untuk bersantai sembari mencicipi kuliner khas Sunda. Berbagai variasi menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau bisa dipilih untuk santapan.

Beragam Pilihan Souvenir. Foto : pinterest.com

Sebelum pulang, ada toko souvenir yang wajib disinggahi. Toko souvenir di Saung Angklung Udjo ini menyediakan beragam jenis kerajinan dan cinderamata yang terbuat dari bambu. Ada pilihan seperti tas, wayang golek, gantungan kunci, hingga satu set angklung. Pengunjung bisa membeli beberapa yang menarik sebagai oleh-oleh spesial.

———

Nah, tertarik mengunjunginya? Sebelumnya, kalian bisa cek info lengkapnya di website resmi Saung Angklung Udjo.

Tinggalkan Balasan