Wisata Melaka, 3 Rekomendasi Aktivitas Seru Ini Bisa Dicoba

Melaka menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Malaysia. Walaupun hanya kota kecil, namun Melaka memiliki keunikan tersendiri. Terlebih, akses transportasi menuju ke Melaka juga tidaklah sulit. Pada 2008, UNESCO mengukuhkan Melaka sebagai Situs Warisan Dunia (UNESCO’S World Heritage Sites). Tentu ini semakin menambah daya tarik wisata Melaka di mata dunia.

Kira-kira, kalau liburan ke Melaka, Kawan Dolan bisa ngapain saja, nih? Berikut beberapa aktivitas yang kami rekomendasikan. Kami sudah mencobanya dan sukses bikin kangen untuk balik jalan-jalan lagi ke Melaka.

Wisata Melaka

Jalan Kaki Menyusuri Kawasan Kota Tua Melaka

Jika ingin menikmati suasana khas Melaka, maka rasanya Kawan Dolan perlu mengunjungi kawasan kota tuanya. Di sana, Kawan Dolan akan merasakan nuansa Melaka di masa lalu. 

Sejauh mata memandang, suasana kota dan bangunan-bangunannya sangat khas. Mulai dari perumahan warga, toko, tempat makan, hingga penginapan. Semua didominasi oleh bangunan-bangunan berarsitektur lawas yang masih sangat terawat.

Wisata Melaka - Jalan di Kawasan Kota Tua

Salah satu yang paling terkenal adalah kompleks bangunan merah Stadhuys. Tempat ini populer dengan bangunan yang berwarna merah. Kawasan ini juga sering menjadi titik berkumpulnya wisatawan.

Kalian bisa menjadikan tempat ini sebagai titik awal untuk memulai perjalanan menyusuri Kota Tua Melaka. (Cek rekomendasi itinerary 1 hari menjelajahi Kota Tua Melaka di sini).

Bangunan Merah di Kota Tua Melaka

Kalau belum yakin dan takut tersesat, maka kamu bisa mampir terlebih dulu di Tourist Information Centre. Di sana kalian bisa bertanya kepada petugas seputar tempat-tempat menarik di Kawasan Kota Tua Melaka. Peta versi cetak juga bisa kamu minta sebagai bekal, lho.

Wisata Melaka, Museum Hopping Bisa Jadi Pilihan

Di Melaka, kamu akan menemukan banyak sekali museum yang menyimpan beragam koleksi. Ada banyak kisah tentang sejarah dan budaya Melaka di museum-museum tersebut.

Kamu bisa mengenal lebih dalam tentang Melaka, serta melihat bagaimana kota ini merawat ingatan tentang masa lalu melalui museum yang sangat terawat.

Museum Samudra - Wisata Melaka

Dari sekian banyak museum, ada beberapa yang menarik dan populer di kalangan wisatawan. Misalnya, seperti Baba Nyonya Museum, Flora de la Mar Maritime Museum, Melaka Stamp Museum, Museum Kemerdekaan, Museum Belia, atau Museum Samudera.

Agenda Kulineran Jangan Sampai Terlewat Saat Wisata Melaka

supaya lebih puas, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi beragam kuliner yang lezat di Melaka. Untuk urusan kuliner, makanan dan minuman di Melaka tidak akan mengecewakan.

Melaka punya cendol yang terkenal enak, chicken rice ball, teh tarik, chicken bun, ikan asam pedas, putu piring, hingga laksa yang menggoda.

Kulineran Chicken Bun

Dari hasil kulineran kami saat wisata di Melaka, ada beberapa makanan dan minuman yang paling berkesan. Pertama, Cendol Jam Besar yang ada di seberang Stadhuys. Kemudian, ada Chicken Rice Ball di rumah makan My Chicken Rice di Jonker Street.

Sedikit bergeser dari kawasan Kota Tua Melaka, ada Asam Pedas Claypot Laksamana 1 yang berlokasi di Jalan Laksamana.

Kami juga jatuh cinta pada Putu Piring dan Chicken Bun yang tidak sengaja kami temukan ketika jalan-jalan di Weekend Night Market Jonker Street. Rasanya? Hmmm, enak semua! Yang tidak kalah penting, harganya juga ramah di kantong.

Penutup

Itulah tiga aktivitas menarik untuk kamu yang tertarik dengan wisata Melaka, terutama di kawasan Kota Tuanya. Semua aktivitas tersebut bisa tetap kamu lakukan walaupun waktu berkunjungnya tidak terlalu panjang. Misalnya, seperti saat akhir pekan. Kira-kira, Kawan Dolan tertarik mau mencoba aktivitas yang mana dulu, nih?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *