Taman Mini Indonesia Indah, Mengenal Keragaman Indonesia di Satu Tempat

Wisata apa saja yang ada di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta? Temukan jawabannya di sini! Kami ulas lengkap seputar wisata Taman Mini Indonesia Indah. Mulai dari jam buka, harga tiket masuk TMII, serta berbagai hal menarik yang bisa kamu jelajahi di sana.

Berkunjung ke Jakarta rasanya kurang lengkap kalau Kawan Dolan tidak mencoba mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lokasinya berada di Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah

Sekilas tentang Wajah Baru Wisata Taman Mini Indonesia Indah

TMII merupakan tempat wisata edukatif yang diresmikan pada 20 April 1975. Gagasan awal pembangunannya dicetuskan oleh Ibu Tien Soeharto. Dengan segala keunikannya, TMII masih sangat populer sebagai tujuan wisata di Jakarta hingga saat ini.

TMII berdiri di atas lahan seluas 150 hektar. Ada banyak wahana seru yang menyajikan tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. Semuanya terkemas secara menarik sehingga pengunjung tidak akan cepat bosan.

Dengan transformasi wajah barunya, TMII menjadi salah satu ikon wisata kultural. Selain itu, TMII juga menjadi sarana edukasi keberagaman budaya Indonesia. 

Melansir dari website resminya, konsep wajah baru TMII mengusung 4 pilar, yaitu greeninclusiveculture, dan smart

Pilar green pada TMII menampilkan konsep eco-park yang menghadirkan 70% area hijau di area taman mini. Kemudian, pilar inclusive menunjukkan bahwa TMII terbuka untuk semua lapisan masyarakat. 

Pilar culture menampilkan TMII sebagai destinasi wisata yang merepresentasikan keberagaman budaya Indonesia. Terakhir, pilar smart menjadi fokus dalam implementasi platform digital. 

Jam Buka Wisata Taman Mini Indonesia Indah

Kalau kamu tertarik berkunjung ke Taman Mini Indonesia, maka datanglah di jam operasionalnya. TMII buka setiap hari (Senin-Minggu), pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Mini Indonesia Indah

Pengelola menetapkan harga tiket masuk per orang dan tiket parkir kendaraan untuk semua pengunjung. Berapa tiket masuk TMII? Berikut harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (update terbaru):

  • Harga tiket masuk per orang: Rp25.000,00
  • Mobil: Rp35.000,00
  • Motor: Rp15.000,00
  • Sepeda: Rp10.000,00
  • Single entry (tiket orang+sepeda): Rp35.000,00
  • Bus: Rp60.000,00
  • Truk: Rp60.000,00

Catatan Penting:

  • Anak usia 2 tahun ke atas atau dengan tinggi badan di atas 80cm dikenakan biaya tiket masuk.
  • Tiket bersifat non-refundable (tidak bisa dikembalikan).
  • Khusus untuk tiket sepeda yang dimaksud adalah sepeda biasa, tidak termasuk sepeda listrik.
  • Tiket sepeda yang dimaksud adalah jika pengunjung datang membawa sepeda sendiri. Bukan tarif sewa sepeda dari pengelola TMII. 
  • Pintu masuk sepeda dan motor melalui pintu 3 (sisi keong mas).

Bagaimana Cara Beli Tiket Taman Mini?

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, cara beli tiket taman mini adalah secara online. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke website resminya: www.tiket.tamanmini.com
  2. Pilih menu “Beli Tiket”
  3. Pilih tanggal sesuai rencana kedatanganmu.
  4. Pilih jenis tiket masuk dengan menekan tombol “tambah” di tiap tipe tiket. 
  5. Nantinya kamu bisa melihat subtotal di bagian bawah setelah selesai memilih jenis dan jumlah tiket.
  6. Jika sudah sesuai, klik tombol “beli tiket” yang muncul di bagian subtotal tadi.
  7. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman “ringkasan pembelian”. Cek ulang apakah jumlah dan jenis tiketnya sudah sesuai. 
  8. Isi kolom “Informasi Pembeli” berupa nomor Whatsapp dan nama. Lalu, klik “lanjutkan”
  9. Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi. Jika sudah yakin tidak ada yang salah, maka klik lagi “lanjutkan”.
  10. Terakhir, kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Di sini, kamu akan menerima nomor pemesanan, detail pemesanan, ringkasan pemesanan, dan metode pembayaran.
  11. Tersedia banyak sekali pilihan pembayaran. Mulai dari pembayaran daring, pembayaran di gerai, virtual account, hingga uang elektronik. Praktis! 

Apa Saja yang Ada di Taman Mini Indonesia Indah?

Kamu bisa menemukan banyak tempat menarik di dalam kawasan TMII. Berikut ini daftar singkatnya:

  • 33 Anjungan
  • 18 Museum
  • 20 Wahana rekreasi
  • Taman burung
  • Dunia air tawar dan serangga
  • Museum fauna Indonesia
  • Taman mini hijau

Lengkapnya Wahana di Taman Mini Indonesia Indah

Di anjungan provinsi yang terbagi dalam 7 zona bagian, Kawan Dolan bisa melihat bangunan-bangunan rumah adat khas masing-masing daerah di Indonesia. Rancangan bentuk rumah adat sangat detail sesuai dengan bentuk bangunan aslinya. Selain itu, di anjungan provinsi juga ada pakaian adat, baju tari, senjata khas, hingga kerajinan tangan.

Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah
Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah. Foto : tamanmini.com

Untuk museum, jenisnya pun beragam dengan koleksi seputar sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi. Kawan Dolan bisa memilih untuk berkunjung ke museum yang sesuai dengan minat.

Ada Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Perangko Indonesia, Museum Transportasi, Museum Asmat, Museum Olahraga, Museum Penerangan, Museum Pusaka, dan lain sebagainya.

Museum Olahraga TMII
Museum Olahraga TMII. Foto : tamanmini.com

Tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah taman. TMII menyediakan berbagai macam taman yang menyajikan indahnya keberagaman flora dan fauna di Indonesia.

Misalnya, Taman Anggrek, Taman Kaktus, Taman Melati, Taman Burung, Taman Apotik Hidup, atau Taman Bunga Keong Emas. Wah, penggemar dunia flora dan fauna pasti akan senang sekali berkunjung ke taman-taman ini, ya.

Selain itu, masih ada wahana bermain yang tidak kalah seru untuk dikunjungi saat berada di TMII. Kalau kalian pergi bersama anak-anak, coba kunjungi Istana Anak. Di sana ada kereta kelinci, mandi bola, hingga komedi putar yang pasti menyenangkan. Bentuk bangunannya pun sangat menarik untuk latar berfoto, lho.

Istana Boneka Taman Mini Indonesia Indah
Istana Anak-Anak TMII. Foto : blog.airyrooms.com

Yang suka bermain air dan ingin merasakan sensasi petualangan air bernuansa pegunungan salju, maka bisa mencoba ke Snowbay Waterpark. Fasilitas wahana air yang tersedia di Snowbay Waterpark cukup lengkap. Ada kolam ombak dan kolam arus, serta seluncuran ekstrim seperti flush bow, cool running, sampai tube coaster.

Nonton Film di Teater IMAX Keong Emas

Untuk aktivitas yang lebih santai, Kawan Dolan bisa coba mampir ke Teater IMAX Keong Emas. Teater Keong Emas ini sangat lekat dengan TMII sejak dahulu. Bentuknya sangat khas dan unik menyerupai keong raksasa dengan warna kuning keemasan.

Teater IMAX Keong Emas TMII
Teater IMAX Keong Emas TMII. Foto : keongmas.com

Teater Keong Emas sudah menggunakan teknologi layar IMAX yang modern dan spektakuler. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan istimewanya teknologi yang digunakan, maka saat menonton film, kita akan merasa seolah-olah ikut berada di dalamnya. Di Teater IMAX Keong Emas, Kawan Dolan bisa menonton film yang bercerita tentang keragaman budaya, lingkungan, dan kekayaan alam Indonesia.

Cara Seru Menikmati TMII Jakarta

Kawasan TMII sangat luas. Maka, tentu akan lebih menarik menjelajahinya dengan fasilitas yang sudah tersedia. Pengelola menyediakan fasilitas khusus untuk pengunjung sehingga bisa lebih nyaman.

Kereta Gantung TMII
Kereta Gantung TMII. Foto : tamanmini.com

TMII memiliki sebuah danau besar yang berisi miniatur gugusan kepulauan Indonesia. Kawan Dolan bisa melihat danau dan gugusan kepulauan ini dari ketinggian dengan menggunakan kereta gantung. Kereta gantung akan bergerak melintas di atas danau sehingga pengunjung bisa melihatnya dengan lebih leluasa.

Ada juga fasilitas Aeromovel Titihan Samirono. Aeromovel ini merupakan kereta yang bergerak dengan menggunakan tenaga angin.

Bentuknya mirip dengan monorel. Sama seperti kereta gantung, jalur lintasan Aeromovel juga berada di ketinggian. Jalurnya melewati seluruh area TMII dengan jalur lintasan satu arah.

Aeromovel Titihan Samirono TMII
Aeromovel Titihan Samirono TMII. Foto : tamanmini.com

Mau mencoba yang lebih sehat? Cobalah berkeliling dengan menggunakan sepeda. TMII menyediakan tempat persewaan sepeda.

Hitungan harga sewanya menggunakan sistem per jam. Pilihan sepedanya mulai dari sepeda single biasa, sepeda tandem (bonceng 2 dan bonceng 3), hingga sepeda listrik.

Penutup

Nah, Kawan Dolan Tertarik mengunjungi wisata Taman Mini Indonesia Indah? Pastikan datang sejak pagi hari agar lebih puas berkeliling. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *