Argya B+B Guesthouse, Pilihan Penginapan Murah di Yogyakarta

Halo Kawan Dolan! Ada yang sedang berencana untuk liburan ke Yogyakarta? Nah, pas sekali. Di artikel kali ini kami ingin merekomendasikan penginapan murah di Yogyakarta. Murah tapi tidak murahan, lho. Namanya Argya B+B Guesthouse. Beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Yogyakarta untuk menghadiri Pesta Boneka #6, kami mencoba menginap di tempat ini.

Argya B+B Guesthouse beralamat di Jalan Munggur, Gang Permadi, GK I No. 100, Demangan Kidul, Yogyakarta. Fyi, Jalan Munggur ini adalah jalan satu arah, jadi usahakan jangan sampai gangnya terlewat ya. Putar baliknya lumayan jauh. Kalau takut tersesat, Kawan Dolan bisa menggunakan maps online sebagai panduan.

Dari jalan utama (Jalan Munggur), untuk sampai di Argya B+B Guesthouse kita masih harus melewati sebuah gang kecil. Walaupun begitu, tidak sulit kok menemukannya. Gang Permadi berada di sebelah kanan jalan, persis setelah SPBU Munggur. Kalau sudah masuk ke Gang Permadi, kalian tinggal jalan saja terus sampai mentok ke ujung gang. Nah bangunan Argya B+B Guesthouse berada persis di bagian kiri ujung gang tersebut.

Argya B+B Guesthouse Jogja
Argya B+B Guesthouse

Disambut Dengan Hangat

Kami sampai di Argya sekitar pukul 21.30 WIB. Sebelumnya, kami memang sudah mengabari via telepon bahwa akan check in agak malam. Kami disambut hangat oleh Pak Adi, pengelola Argya B+B Guesthouse. Beliau mempersilakan kami masuk, menunjukkan tempat di mana kami bisa meletakan alas kaki, lalu mengantarkan kami ke kamar.

Setelahnya, beliau menjelaskan beberapa hal yang perlu kami ketahui. Misalnya seperti wifi yang bisa kami akses secara gratis. Ada juga ketersediaan dispenser air panas di ruang makan, serta kopi dan teh yang bisa kami seduh sendiri kapan saja.

Family Room di Argya B+B Guesthouse Jogja

Ada dua pilihan tipe kamar di Argya B+B Guesthouse, yaitu deluxe double room dan family room. Karena datang bertiga, beberapa hari sebelumnya kami memesan tipe family room melalui situs booking.com. Kapasitas maksimalnya bisa untuk 4 orang.

Harga yang kami dapatkan saat itu cukup murah, hanya Rp 299.000,00 saja. Sudah termasuk pajak, biaya layanan akomodasi, dan sarapan. Kalau dihitung-hitung, tidak sampai Rp 100.000,00 per orang per malam. Apalagi kalau ditempati sesuai kapasitas maksimalnya, yaitu 4 orang. Wah, lebih murah lagi kan.

Fasilitas Kamar Argya B+B Guesthouse

Dengan harga segitu, kamarnya bagaimana? Dengan harga yang murah, ternyata kami mendapatkan kamar yang sangat nyaman. Kamarnya bersih dan wangi. Barang-barang tertata dengan rapi di dalam kamar.

Family Room di Argya B+B Guesthouse
Family Room di Argya B+B Guesthouse. Tempat Tidur di Bagian Bawah Bisa Ditarik.

Fasilitas kamarnya pun cukup memadai. Tempat tidurnya nyaman, dilengkapi dengan satu buah bantal dan selimut. Ada pula LCD TV, AC, lemari pakaian, meja dan kursi, cermin, kulkas mini, sandal, mukena dan sejadah, serta air mineral.

Colokan listrik tersedia di beberapa titik. Jadi tidak perlu rebutan dengan teman yang lain kalau mau mengisi ulang baterai hp / laptop. Pengunjung bisa menggunakan free wifi di dalam kamar. Sayangnya kami tidak sempat menjajal seberapa kencang wifi di Argya B+B Guesthouse ini.

Minusnya, AC di dalam kamar terasa sedikit kurang dingin  buat kami. Selebihnya tidak ada masalah. Kami puas menghabiskan waktu istirahat malam di family room Argya B+B Guesthouse ini.

Kamar Dilengkapi Dengan Kamar Mandi Pribadi

Oh iya, family room di Argya B+B Guesthouse dilengkapi dengan kamar mandi yang bersih di bagian dalam kamar. Ruangnya terbagi menjadi dua area. Yang satu area kering, dilengkapi dengan wastafel. Sementara di area basah, ada shower dan kloset duduk. Aliran air dari shower lancar dan kencang, serta ada air panasnya. Untuk perlengkapan mandi, fasilitas standar seperti handuk, shampo, dan sabun batangan disediakan secara gratis.

Kamar Mandi Arga B+B Guesthouse
Area Kering

Namun area basah di kamar mandi ini terasa agak sempit. Apalagi jika tamu yang menginap memiliki postur tubuh yang agak besar. Ruang gerak saat mandi akan terasa lumayan terbatas.

Kamar Mandi Argya B+B Guesthouse, Penginapan Murah di Jogja

Terlepas dari itu, ketersediaan kamar mandi pribadi ini rasanya membuat harga yang kami bayarkan menjadi semakin murah. Jika dibandingkan dengan guesthouse lain yang pernah kami singgahi, untuk harga semurah itu, biasanya kami hanya mendapatkan kamar dengan shared bathroom alias kamar mandi di luar.

Sarapan ala Argya B+B Guesthouse

Keesokan harinya, setelah mandi dan membereskan beberapa barang, kami pun keluar untuk sarapan. Ruang makan berada persis di depan family room. Saat kami keluar, 3 gelas teh hangat dan 3 kotak makanan berisi nasi kuning sudah tersedia di atas meja.

Kamar Mandi Argya B+B Guesthouse

Tambahan lauk berupa kering tempe, suwiran telur dadar, abon, bihun goreng, dan sayuran membuat porsi nasi kuning ini cukup mengenyangkan. Menu yang sederhana, tapi pas sekali untuk mengisi tenaga di pagi hari. Bagi yang terbiasa menyeruput secangkir kopi di pagi hari, bisa menyeduh sendiri kopinya. Ada kopi hitam sachet dan gula yang sudah disediakan di atas meja.

TV Yang Bisa Ditonton Bersama di Ruang Makan
TV Yang Bisa Ditonton Bersama di Ruang Makan

Suasana di Argya B+B Guesthouse

Setelah sarapan, kami menyempatkan untuk melihat-lihat suasana di Argya B+B Guesthose. Furniture dan beberapa hiasan yang ada di ruang makan serta ruang tamu dibuat bernuansa rustic chic. Barang di beberapa titik tertata rapi dan menjadi sudut yang sangat instagrammable. Cocok sekali untuk tamu yang suka foto-foto dengan latar yang unik dan lucu.

Interior di Argya B+B Guesthouse

Spot Lucu di Arga B+B Guesthouse
Salah Satu Spot Menarik di Ruang Tamu

Di bagian depan, tersedia teras yang dilengkapi dengan beberapa kursi. Tamu bisa duduk-duduk santai di situ. Suasananya tenang karena lokasi Argya B+B yang berada di dalam gang. Hanya sesekali sepeda motor dan warga setempat yang melintas. Di bagian samping, sebuah taman kecil yang asri memberi nuansa segar.

Teras Depan Argya B+B Guesthouse

Area Parkir Kalau Bawa Kendaraan Bagaimana?

Kebetulan saat menginap di Argya B+B Guesthouse kami tidak membawa mobil atau sepeda motor. Namun kami sempat bertanya kepada Pak Adi mengenai ketersediaan area parkir jika ada tamu yang membawa kendaraan. Beliau mengatakan bahwa di bagian samping terdapat area yang bisa digunakan untuk parkir kendaraan. Jadi tidak perlu khawatir.

Lokasi Strategis

Hal lain yang kami sukai dari Argya B+B Guesthouse adalah lokasinya yang terbilang strategis. Tidak sulit menjangkau berbagai tempat wisata menarik di Yogyakarta. Museum Affandi, Tugu Jogja, Kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburgh, Taman Pintar, Kraton, Alun-Alun Utara, Museum Sonobudoyo, dan Taman Sari Water Castle berjarak tidak lebih dari 4 KM dari Argya B+B Guesthouse. Yang doyan ngemall, dengan jarak tidak lebih dari 2 KM, ada pilihan Mall Galeria, Plaza Ambarrukmo, dan Lippo Plaza.

Selain itu, dari Argya B+B Guesthouse, jarak menuju beberapa universitas ternama seperti UNY, UGM, USD, dan UAJY bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit saja. Jadi selain untuk liburan, Argya B+B Guesthouse ini juga bisa jadi pilihan menginap keluarga jika akan menghadiri acara wisuda di beberapa universitas tadi.

————

RuangTamu di Argya B+B Guesthouse

Nah, bagi kami, dua kata yang paling cocok untuk menggambarkan Argya B+B Guesthouse yaitu murah dan nyaman. Tertarik mencoba menginap di sini?

ARGYA B+B GUESTHOUSE
-My ‘home’ in Yogyakarta-
Alamat :
Jl. Munggur, Gang Permadi, GK I No. 100, Demangan Kidul, Yogyakarta
Blog http://argya-guesthouse.blogspot.com/

Info & Pemesanan Kamar
Ph. 0274-545579
Book via booking.com

2 tanggapan pada “Argya B+B Guesthouse, Pilihan Penginapan Murah di Yogyakarta”

  1. Waaaahhh…. muraaaaah ini mah guest house nya 🙂 Wajar mungkin ya kalo kamar mandinya kecil begitu hihiihi tapi kelihatan bersih dan rapi. Tempat bobo syantiknya juga cakep kayak di hotel beneran loh. Sarapannya ada teh dan nasi kuning kotak. Mantap. Boleh nih dicatat 🙂 Tq ya infonya menarik bangeeets 😀

    1. Murah tapi gak murahan ini, mbak. Keraguan akan keaslian foto langsung terjawab begitu masuk kamar. Layak dicoba. Terima kasih sudah mampir, mbak Nurul. Salam dari kami.

Tinggalkan Balasan