5 Buku tentang Perjalanan Ini Kisahnya Menarik, Unik, dan Inspiratif

Halo Kawan Dolan! Pernahkah kalian merasa tergelitik untuk segera melakukan perjalanan setelah membaca sebuah buku? Serasa ingin segera berkemas, lalu menghilang dari rutinitas. Jika ya, maka kalian tidak sendiri. Kami juga sering sekali mengalaminya. Nah, kali ini kami ingin berbagi 5 buku tentang perjalanan yang kisahnya menarik, unik, dan inspiratif. Selepas membacanya, bersiaplah merasakan sensasi butuh-banget-dolan.

Tak hanya info seputar destinasi yang dikunjungi, para penulisnya juga berbagi pengalaman. Tiap pejalan tentu punya pengalaman tersendiri yang berbeda dengan pejalan lainnya. Pengalaman tersebut muncul dari pengamatan maupun interaksi selama di perjalanan. Inilah yang membuat tulisan mereka menjadi istimewa.

Life Traveler (Windy Ariestanty) – Penerbit Gagas Media

Saat membaca buku karya Mbak Windy yang satu ini, pembaca akan diajak mengunjungi beberapa kota di kawasan Asia dan Eropa. Dengan gaya penulisan narasi, ia bercerita secara detail tentang pengalamannya mengamati banyak hal di perjalanan. Tak ketinggalan, layaknya sebuah buku perjalanan, tercantum juga tips dan informasi tentang tempat yang ia kunjungi. Tentunya lengkap dengan sentuhan gambar ilustrasi yang menarik.

Keistimewaan lain dari buku ini, pembacanya akan diajak pula memaknai hal-hal yang selama ini hanya dianggap sebagai proses biasa dalam sebuah perjalanan. Misalnya, perihal berkemas, menunggu, hingga soal kembali pulang. Kisahnya hangat dan menyentuh.

Buku tentang Perjalanan: Overland Jilid #1 (Heri Sugiarto) – Penerbit Leutika Prio

Tak semua orang mau berlelah-lelah melintasi jalur darat untuk sampai ke banyak tempat. Namun, berbeda dengan Heri Sugiarto. Ia melakoninya, lalu mengabadikan kisahnya dalam buku Trilogy Overland “Dari Negeri Singa ke Daratan Cina”. Trilogy Overland adalah memoar perjalanan jalur darat melintasi 13 perbatasan di 13 negara di Asia Tenggara dan Daratan Cina.

Pada buku Overland Jilid #1, Heri Sugiarto bercerita tentang memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan di negara-negara Asia Tenggara. Ia memulai kisahnya tentang mengapa ia begitu menyukai perjalanan darat. Ia juga berkisah mengapa memilih untuk menjelajah Asia terlebih dahulu. Perjalanan pertamanya ke luar negeri dimulai dengan mengunjungi Singapura. Dari sana, ia melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Ada banyak informasi menarik dibalut cerita perjalanan yang inspiratif dalam Overland Jilid #1 ini. Pula, terselip beberapa foto perjalanan yang berwarna untuk pembaca nikmati. Selanjutnya, pastikan jangan sampai ketinggalan membaca Overland jilid #2 dan #3.

Ruang-Ruang Rahasia (Farchan Noor R.) – Penerbit EA Books

Jika biasanya membaca catatan perjalanan Mas Farchan dalam blognya www.efenerr.com, maka kali ini kita bisa membaca beberapa di antaranya melalui buku “Ruang-Ruang Rahasia”. Buku ini terbagi dalam 3 bab – Menjejak Tanah Air, Melangkah ke Seberang, dan Hikmah Perjalanan. Kita bisa melihat perjalanan dengan banyak sisi humanis, serta hasil interaksinya dengan warga setempat. Buku ini menarik untuk karena tak hanya menyuguhkan soal informasi destinasi. Namun, banyak hal-hal menarik tentang aspek kehidupan yang bisa kita pelajari dari sebuah perjalanan.

Stalking Indonesia (Margareta Astaman) – Penerbit Kompas

Buku tentang Perjalanan

Margareta Astaman menyebut dirinya sebagai stalker. Dalam buku “Stalking Indonesia”, ia menceritakan tentang pengalaman perjalanannya ‘ngepoin’ Indonesia. Ia bercerita dengan sederhana dan ceplas ceplos. Siap-siap saja kamu akan tersenyum hingga tertawa sendiri saat membaca buku ini. Beberapa cerita sebenarnya adalah hal sepele dan sering kita temui di negeri tercinta ini. Namun, kadang kita tak sadar, atau malah abai terhadapnya. Banyak sentilan-sentilan menarik yang akan membuat kita mendadak melek, “ahhh iya nih, emang gini nih…” atau “ohhh.. iya ya, kok selama ini nggak ngeh?”. Jadi, sebelum yakin bahwa sudah tahu banyak tentang Indonesia, coba baca dulu buku yang satu ini.

Antologi Born to Travel (Hendra Fu, dkk) – Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Buku tentang Perjalanan - JD

Buku ini terangkai menjadi satu kesatuan melalui 11 cerita dari beberapa penulis. Isinya adalah cerita perjalanan dan petualangan menjelajah lima benua di dunia. Tiap penulis menceritakan pengalamannya dengan menarik. Pikiran kita akan ikut menjelajah ke tempat-tempat nun jauh. Bahkan, rasa-rasanya ingin segera berkemas untuk kembali berpetualang. Perpaduan pengalaman personal para penulisnya, sisipan quick fact, dan top things to do di tiap cerita menjadikan buku ini semakin menarik untuk dibaca.

———-

Nah, apakah ada di antara buku-buku tersebut yang sudah pernah kalian baca? Kalau belum, masukan dalam daftar buku bacaan kalian, ya. Lumayan untuk baca-baca santai saat sedang rehat dari rutinitas. Apalagi kalau kamu sedang liburan singkat di hari kejepit 🙂

One Reply to “5 Buku tentang Perjalanan Ini Kisahnya Menarik, Unik, dan Inspiratif”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *