Bumi Kayom Salatiga : Pilihan Melepas Penat di Tengah Alam

Salatiga terkenal sebagai kota kecil yang tenang dan berhawa sejuk. Tidak jarang saat akhir pekan, banyak warga dari kota lain datang untuk sekadar melepas penat di Salatiga. Ada banyak pilihan tempat rekreasi dan tempat nongkrong di Salatiga. Salah satunya adalah “Bumi Kayom”. Akhir pekan lalu kami berkunjung ke sana. Ternyata tempatnya cukup menyenangkan. Bumi Kayom berada di Jalan Nusantara No. 18, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga. Walaupun sedikit mblusuk, tetapi tidak terlalu sulit menemukan lokasinya. Kalau takut nyasar, gunakan ‘obat anti nyasar’ seperti Google Maps atau Waze.

Ada Apa di Bumi Kayom Salatiga?

Di dalam kawasan Bumi Kayom ada 4 (empat) tempat yang bisa kamu tuju. Pertama, restoran dengan konsep casual dining yang diberi nama “Tanah Air”. Di restoran ini kamu bisa menikmaati berbagai pilihan menu makanan Western, Asia, dan Indonesia.

Kedua, sebuah coffee shop unik bernama “Langit Senja”. Langit Senja mengusung konsep brewed in nature. Ada banyak pilihan menu kopi, non-kopi, mocktail, hingga sorbet. nanti kami lanjutkan cerita tentang Langit Senja ini di bagian selanjutnya, ya. 

Ketiga, restoran dan bar bernama Arun Daya. Arun Daya memiliki konsep bangunan industrial dengan dominasi warna monokrom. Letaknya berada di bagian paling bawah kawasan Bumi Kayom. Arun Daya memiliki function hall berkonsep semi outdoor. Area ini sering menjadi tempat berbagai acara seperti gatheringmeeting, acara pernikahan, maupun acara ulang tahun. Menu yang tersedia di Arun Daya antara lain barbeque pizza, pasta, burger, aneka snack, dan minuman signature arun daya.

Keempat, penginapan nyaman di tengah alam, yaitu Bungalow Bumi Kayom. Bungalow ini cocok untuk kamu yang masih ingin bersantai lebih lama di kawasan Bumi Kayom Salatiga. Penginapannya dikonsep sangat nyaman dan tenang. Tersedia Bungalow yang bisa menampung 4-10 tamu per unitnya.  Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap. Mulai dari pendingin ruangan, pantryfree wifi, TV kabel, ruang keluarga, pemanas air, dan lain sebagainya. Harga sewanya mulai dari Rp1.000.000,00. 

Kentalnya Nuansa Alam di Bumi Kayom

Sesuai namanya – Kayom (dlm bhs Jawa) yang berarti ternaungi – pengunjung akan merasakan naungan bumi yang sejatinya asri. Masih banyak tanaman dan pohon-pohon besar berdiri kokoh di halaman Bumi Kayom. Bayangkan saja bagaimana asyiknya mengobrol dan bersantap di tengah alam yang sejuk dan teduh. Ditambah lagi, saat menunggu pesanan, pengunjung boleh berkeliling melihat-lihat di kawasan Bumi Kayom yang berkontur dan cukup luas.

Bumi Kayom Salatiga

Selain indoor, pengunjung juga bisa memilih untuk bersantai di area outdoor. Area outdoor inilah yang menjadi incaran kebanyakan pengunjung. Udaranya segar, nuansa alamnya lebih terasa, dan pastinya ciamik jika berfoto di area ini. Untuk duduk, di area taman dan teras luar sudah tersedia meja dan kursi kayu panjang, beberapa gazebo, sofa, bantal duduk warna-warni, serta kursi-kursi rotan.

Rasa Penasaran Pada Langit Senja Coffee Pun Terjawab

Berhubung sudah makan siang di Ungaran, kami memutuskan tidak mampir di Restoran Tanah Air. Kami memilih untuk langsung berkunjung ke Langit Senja Coffee Shop. Selain memang ingin mencicipi olahan kopinya, kami juga penasaran dengan kedai kopi yang artistik ini.

Langit Senja Coffee - Bumi Kayom

Bentuk bangunan Langit Senja Coffe menyerupai kotak dengan struktur baja. Kaca transparan menutupi keseluruhan bagian dinding dan atap bangunan. Dengan model ini, pengunjung bisa bebas menikmati pemandangan ke area luar. Paduan roster tanah liat juga nampak di sejumlah bagian bangunan yang semakin menambah kesan alami.  

Langit Senja Coffee Shop di Bumi Kayom

Bumi Kayom Salatiga

Untuk interior, di tengah ruangan tersedia beberapa meja dan kursi yang membentuk persegi empat. Pengunjung boleh duduk di area tersebut. Bonusnya, pengunjung bisa melihat gerak lincah para barista yang meracik minuman sebagai hiburan.  

Interior Langit Senja Coffee

Sensasi Ngopi dan Bersantap di Langit Senja Coffee

Rasanya kurang lengkap jika tidak memesan makanan atau minuman racikan barista dan chef di Langit Senja. Kami pun memesan beberapa menu. Di Langit Senja Coffee, pemesanan dan pembayaran langsung dilakukan di meja kasir.

Menu Minuman di Langit Senja Coffee Salatiga

Minuman di Langit Senja Coffee Salatiga

Menu minuman yang kami pesan yaitu Dark Macchiato, Spring Lychee, dan Kopi Pencerita Senja. Untuk makanannya, kami memesan Duck Aglio Olio dan Chicken Wings. Untuk menu-menu tersebut, total yang harus kami bayar sebesar Rp 171.600,00 (sudah termasuk pajak 10%).

Rasanya bagaimana? Untuk makanan, kami sebenarnya kurang begitu puas. Duck Aglio Olio nya terlalu dominan dengan rasa pedas dan asin sekali. Untuk Chicken Wings, bumbunya terasa kurang meresap hingga ke bagian dalam.

Chicken Wings ala Langit Senja Coffee Salatiga

Beruntung minuman yang kami pesan semua rasanya enak. Terutama Kopi Pencerita Senja yang adalah es kopi susu ala Langit Senja Coffee. Rasanya pas sekali di lidah. Perpaduan racikan susu dan kopinya seimbang.

———

Tempat Nongkrong Asik di Salatiga - Langit Senja Coffee

Nah, dari pengalaman kami berkunjung ke Bumi Kayom, kami merekomendasikannya jika Kawan Dolan butuh tempat melepas penat yang kental dengan nuansa alam. Soal tempat dan suasana, Bumi Kayom memang juara. Terutama jika sembari menyambut dan melepas senja bersama teman atau keluarga.

BUMI KAYOM SALATIGA
Jl. Nusantara No.18, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah
(cek lokasi di Google Maps)
Jam Buka: 12.00 - 20.00 WIB (Setiap Hari)

More info
Ph: 0812.5994.6566
Email: bumikayom@gmail.com
IG: instagram.com/bumikayom

4 Replies to “Bumi Kayom Salatiga : Pilihan Melepas Penat di Tengah Alam”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *