Tips Packing Hemat Tempat Agar Barang Bawaan Menjadi Lebih Ringkas

Kebijakan beberapa maskapai penerbangan menghapus fasilitas gratis untuk bagasi tercatat di rute penerbangan dalam negeri tentu menjadi semacam petaka bagi sobat misquuen yang doyan jalan-jalan. Ya walaupun yang tidak miskin-miskin amat juga ikutan mengeluh, sih. Bagaimana tidak? Biasanya santai membawa apapun yang diinginkan. Toh, kapasitas gratis bisa sampai 10kg atau 20kg. Sekarang? Pening memikirkan bagimana caranya packing dengan meminimalkan barang bawaan supaya bisa dibawa ke kabin. Hmm, tenang, Kawan Dolan. Urusan packing tidak seribet itu kok asal tahu caranya. Coba deh, praktekkan dulu tips packing hemat tempat berikut ini. Lumayan kan kalau bisa pergi liburan tanpa keluar budget lebih buat beli tambahan bagasi.

tips packing hemat tempat
Pic : yukepo.com
Pastikan Dulu Aturan Terkait Bagasi Kabin di Penerbangan Yang Diambil

Walaupun penumpang masih mendapat fasilitas gratis bagasi kabin, tapi perlu diperhatikan bahwa ada ketentuan mengenai berat dan dimensi ransel/koper yang boleh dibawa. Dimensi ransel/koper berbeda-beda tergantung pada jenis pesawat yang digunakan. Pastikan kalian mengecek ini ke terlebih dahulu ke pihak maskapai. Sementara untuk berat barang bawaan ke kabin, umumnya penumpang diperkenankan membawa 1 koper/ransel dengan ukuran tertentu, serta 1 barang kecil (tas tangan/ransel kecil/tas laptop), yang berat keduanya maksimal 7kg.

Buat List Packing Secara Detail. Pic : godiscover
Buat Packing List

Dengan adanya ketentuan minimal bagasi kabin, pastinya barang bawaan tidak bisa sesuka hati lagi dong, Kawan Dolan. Bawalah barang-barang yang memang dibutuhkan saja. Sesuaikan dengan destinasi yang akan kalian kunjungi. Tanpa packing list, percayalah, kalian bisa tergoda untuk kalap membawa banyak barang yang diinginkan, tapi belum tentu dibutuhkan. Ujung-ujungnya pening sendiri, lalu drama ketinggalan barang penting bisa saja terjadi.

Pilih Pakaian Dengan Bahan Yang Tipis, Warna Senada, Tidak Mudah Kusut, dan Mudah Dicuci

Pakaian menjadi barang yang paling penting dan tidak mungkin ditinggalkan. Saking pentingnya, ini yang paling sering membuat bingung. Mau pakai yang mana ya, yang warna apa ya, yang modelnya apa ya, dll. Saran kami, usahakan memilih pakaian yang bahannya tipis (tapi no trawang trawang ya), warna senada, tidak mudah kusut, dan mudah dicuci. Kenapa? Karena ini bisa membantu kalian menghemat jumlah pakaian yang dibawa. Walaupun jumlahnya terbatas, toh kalian bisa mencuci pakaian di penginapan untuk digunakan kembali di hari berikutnya. Bahan pakaian yang tipis dan tidak mudah kusut tentu akan lebih mudah kering dan bisa langsung digunakan tanpa perlu disetrika. Begitu juga dengan warna yang senada akan memudahkan kalian memadukan pakaian walaupun jumlah yang dibawa terbatas.

Gulung Pakaian

Ketimbang dilipat, pakaian yang sudah digulung akan sangat membantu kalian menghemat tempat saat menyusun pakaian di dalam ransel/koper. Cek cara menggulung pakaian di sini. Tentunya tips ini akan lebih mudah dilakukan jika pakaian yang kalian bawa adalah yang berbahan tipis dan tidak mudah kusut.

Tips Packing
Masukan ke Dalam Plastik Traveling, Jadi Lebih Hemat Tempat. Pic : hargajual
Masukan Pakaian Ke Dalam Vacum Bag/Packing Cubes/Plastik Packing ZipLock

Memasukkan pakaian yang sudah digulung ke dalam vacum bag/packing cubes akan semakin membantu menghemat ruang di dalam ransel/koper. Selain itu, pakaian juga menjadi tertata lebih padat, rapi, dan mengurangi resiko basah jika ransel/koper terkena tumpahan air. Belum punya plastik packing ziplock dan pengen beli? Coba cek di sini.

Masukan Perlengkapan Mandi ke Dalam Wadah Botol Kecil

Sebagai orang yang doyan jalan-jalan, kalian sebenarnya perlu memiliki beberapa pilihan botol kecil. Ukurannya bisa 30ml, 50ml, 60ml, atau maksimal 100ml. Ke dalam botol-botol kecil tersebut kalian bisa memasukkan sabun cair, shampo, lotion, pelembab, cairan parfum, dll kebutuhan mandi (bisa juga kosmetik) ke dalamnya. Jadi lebih ringkas tanpa ribet membawa kemasan besarnya.

Masukan Barang-Barang Kecil Ke Dalam Beberapa Pouch Sesuai Fungsinya

Setelah pakaian, tentu kalian masih akan dibuat ribet dengan printilan-printilan seperti kabel, obat-obatan, camilan, dll. Nah biar nggak makan tempat dan berantakan, masukan ke dalam pouch sesuai fungsinya agar lebih aman dan mudah disusun ke dalam ransel/koper.

tips packing hemat tempat
Pic : prelo.co.id
Susun Barang ke Dalam Ransel/Koper Sesuai Tingkat Kebutuhannya

Terakhir, kalau barang-barang sudah tergulung atau tertata rapi di dalam vacum bag/packing cubes/pouch, tinggal masukan deh ke dalam ransel/koper. Aturan pertama saat memasukan barang ke dalam ransel/koper adalah susun berdasarkan tingkat kebutuhannya. Letakan di bagian paling atas barang yang paling mungkin akan sering digunakan saat perjalanan. Kedua, manfaatkan semua ruang dengan baik untuk menata barang bawaanmu. Jangan sisakan ruang kosong di antara barang-barang.

———

Nah, sekian tips packing hemat tempat dari kami. Semoga membantu ya Kawan Dolan 🙂

Tinggalkan Balasan