Transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang ke Pusat Kota (Update 2023)

Temukan informasi terkini seputar ragam pilihan transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang. Ada beberapa pilihan transportasi dengan pilihan layanan dan tarif yang bervariasi. Kamu bisa menggunakannya untuk menuju ke penginapan, Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, terminal bus, bahkan ke pusat kota Semarang. 

Lokasi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang bisa dibilang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Kawan Dolan bisa mencapai kawasan Segitiga Emas (Jalan Pandanaran-Jalan Gajah Mada-Jalan Pemuda) dan Kawasan Simpang Lima kurang dari 30 menit (kondisi lalu lintas normal). 

Berikut ini pilihan transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang:

1. Taksi Resmi Bandara dengan Fix Rate

Transportasi bandara ahmad yani semarang - taksi bandara
Taksi Resmi Bandara Ahmad Yani Semarang dengan Fix Rate

Pilihan transportasi di Bandara Ahmad Yani Semarang yang pertama adalah taksi resmi. Taksi adalah pilihan transportasi di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang sudah pasti selalu tersedia. Armada taksi ini mulai beroperasional pukul 06.00 – 24.00 WIB.

Lokasi loket pemesanan taksi resmi bandara ini ada di area selasar pickup zone. Begitu keluar dari pintu kedatangan di bagian luar, tinggal tengok saja ke sebelah kiri dan kalian sudah bisa melihatnya. 

Taksi bandara ini menetapkan tarif berdasarkan zona antaran dan tarifnya sudah fix (tetap). Penumpang harus membayar di awal sebelum naik ke taksi. Calon penumpang melakukan pembayaran di counter khusus. Tarif taksi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang berdasarkan zona tujuan tercantum di bawah ini. 

Zona I, mulai dari Rp 35 ribu, ke wilayah Pamularsih, Krapyak, dan sekitarnya.

Zona II, mulai dari Rp 50 ribu, ke wilayah Simpanglima, Pemuda, Tugu, Graha Padma, dan Kaligarang.

Zona III, mulai dari Rp 55 ribu, ke wilayah Mataram, Pecinan.

Zona IV, mulai dari Rp 85 ribu, ke semua terminal dan Undip.

Zona V, mulai dari Rp 90 ribu, ke Bulusan (Tembalang).

Zona VI, Rp 95 ribu, ke wilayah Tembalang.

Zona VII, Rp 100 ribu, ke wilayah Pudakpayung, Bukit Kencana, Penggaron, Pucanggading, Plamongan.

Disclaimer: Harga bisa berubah sewaktu-waktu, pastikan untuk mengonfirmasi terlebih dahulu kepada petugas di loket. 

2. Bus Rapid Trans (BRT) Trans Semarang

BRT Trans Semarang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
Loket dan Ruang Tunggu Trans Semarang di Bandara Semarang

BRT menjadi transportasi publik favorit kami ketika tiba di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Tarif BRT Trans Semarang sangat bersahabat di kantong, yaitu Rp3.500,00 per orang (umum) dan Rp1.000,00 per orang (pelajar, mahasiswa, lansia, anak-anak). Pembayarannya bisa tunai maupun non-tunai.

Loket tiket dan ruang tunggu BRT Trans Semarang ini berada tidak jauh dari pintu masuk utama keberangkatan penumpang. Jadi, ketika keluar dari pintu kedatangan, maka langsung saja berjalan ke arah kanan.  

Ada dua operator yang melayani rute BRT ke Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yaitu:

– BRT Trans Semarang Koridor V (Bandara-Meteseh)

Jam operasional:
Setiap hari, pukul 05.30 – 18.30 WIB

Jurusan:
Bandara Jenderal Ahmad Yani – PRPP – Jl. Marina Raya – Jl. Anjasmoro PRPP – Jl. Jend. Sudirman (Karang Ayu) – Jl. Soegiopranoto (memutar di Patung Adipura) – Jl. Jend. Sudirman (Karang Ayu) – Jl. Kalibanteng – Jl. Pamularsih – Jl. Kaligarang – Jl. Dr. Sutomo – Tugu Muda – Jl. Imam Bonjol UDINUS (transit poin)Jl. Pemuda Balaikota (transit poin) – Jl. Pandanaran – Bundaran Simpang Lima (transit poin) – Jl. Tentara Pelajar – Jl. Kedung Mundu – Jl. Ketileng – Jl. Gendong – Jl. Prof. Soharso –  Jl. Dinar Mas Victoria Residence Meteseh – Perum Bukit Kencana Jaya (putar balik) – Dinar Mas Victoria Residence Meteseh 

– BRT Trans Semarang Koridor Bandara (Bandara-Simpang Lima)

Jam operasional:
Setiap hari, pukul 18.00 – 24.00 WIB

Jurusan:
Bandara Jenderal Ahmad Yani – Jl. Anjasmoro Raya – Jl. Madukoro Raya – Banjir Kanal Barat – Jl. Mgr. Sugiyopranoto – Tugu Muda – Jl. Imam Bonjol Udinus –  Jl. Kapten Piere Tendean – Jl. Pemuda (Balaikota)  – Jl. Pandanaran – ke Simpang Lima

Jika masih bingung dengan rutenya, maka langsung saja tanyakan pada petugas di loket pembelian tiket. Sebutkan tujuan ingin kemana, maka petugas akan memberikan saran mengenai shelter terdekat untuk kalian turun. 

Transportasi menggunakan BRT ini cocok untuk kamu yang ingin menghemat biaya perjalanan dan tidak sedang membawa banyak barang. Begitu pula jika sedang tidak terburu-buru, maka silakan mencoba BRT Trans Semarang untuk menuju ke pusat kota.

Kami tidak menyarankan menggunakan BRT kalau sedang terburu-buru. Kenapa? Karena setelah membeli tiket, kamu masih harus menunggu kedatangan BRT.

Jarak kedatangan tiap armada BRT Semarang ini sekitar 10-15 menit (dalam kondisi lalu lintas normal). Belum lagi nantinya BRT akan berhenti di beberapa shelter untuk menaikan dan menurunkan penumpang.

3. GoCar Instan by Gojek

taksi online
Pic: iradiofm.com

Sekarang di Bandara Ahmad Yani Semarang sudah tersedia layanan GoCar Instan by Gojek. Kamu bisa memesan layanan GoCar dengan aman tanpa khawatir.  

Tarif GoCar Instan ini tergantung dari jarak ke tempat tujuanmu, ya. Kamu bisa melihat tarifnya langsung di aplikasi. 

Untuk pemesanan layanan ini, kamu tinggal membuka aplikasinya dan kunjungi booth Gojek. Booth Gojek Bandara Ahmad Yani Semarang berada di area selasar pickup zone di luar terminal kedatangan.

4. Transportasi Khusus (Airport Transfer & Rental Mobil)

Trac dan Golden Bird di Bandara Semarang
Pic: nunoorange.com

Pilihan lain, kamu bisa memakai jasa transportasi khusus. Ada pilihan TRAC by Astra Rent Car dan Golden Bird by Blue Bird Group.

Layanan dari keduanya bisa berupa rental mobil dengan sistem sewa harian atau sekedar layanan airport transfer. Tarifnya bervariasi tergantung kalian memilih jenis mobil apa.

Untuk TRAC, kisaran tarif sewa per unitnya antara Rp470.000,00 – Rp4.100.000,00. Tipe mobilnya Avanza, Innova, Camry Fortuner, Hi Ace, hingga Alphard. 

Sementara untuk Golden Bird, kisaran sewa tarif per unitnya mulai dari Rp100.000,00 – Rp5.445.000,00. Tipe mobilnya Avanza, Innova, dan Alphard. 

Khusus untuk layanan airport transfer dari Golden Bird, reservasi bisa dilakukan melalui websitenya atau aplikasi traveloka. Nantinya kalian tinggal konfirmasi saja kepada staf di counter Golden Bird dengan menunjukan voucher pemesanan.

Loket transportasi khusus ini berada di bagian dalam terminal kedatangan (setelah tempat pengambilan bagasi).

5. GrabNow Airport

GoCar dan Grab di Bandara Ahmad Yani Semarang
Pic: @jejakdolan

Pilihan transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang kian variatif dengan hadirnya GrabNow Airport. Layanannya berupa GrabCar. 

Dengan GrabCar Airport ini kamu bisa memesan langsung dari aplikasi Grab dan bebas antrean. Tarifnya bisa kamu lihat langsung dari aplikasi tergantung jarak ke tujuanmu. Tarif yang tertera biasanya belum termasuk biaya tol dan parkir (jika ada). 

Apakah layanan GrabCar ini aman? Aman, dong. Layanan ini sudah resmi beroperasional di bandara.

Bagaimana cara menggunakan layanan GrabCar di Bandara Ahmad Yani Semarang ini? Mudah, kok. Pertama, buka dulu aplikasi Grab dari ponsel kamu. Selanjutnya, kunjungi booth Grab di area kedatangan bandara.

Booth Grab di Bandara Ahmad Yani Semarang berada di bagian dalam sebelum pintu keluar terminal kedatangan. Nanti di booth tersebut akan ada staf Grab yang akan membantu mengarahkan kamu menuju titik penjemputan. Ada  booth Grab juga di selasar pickup zone di luar terminal kedatangan bandara.

6. Taksi Bluebird

Bluebird Transportasi di Bandara Ahmad Yani Semarang
Pic: @jejakdolan

Kamu pasti tidak asing lagi dengan layanan taksi argo Bluebird. Sejak 2022 lalu, PT Angkasa Pura 1 bekerjasama dengan PT Blue Bird Tbk untuk menambah layanan transportasi di Bandara Ahmad Yani Semarang. Layanan Bluebird ini beroperasional mulai pukul 07.00 pagi hingga jadwal penerbangan terakhir di bandara.  

Selain armada mobil taksi biasa, Bluebird di Bandara Semarang ini menghadirkan beberapa taksi dengan jenis mobil listrik juga, lho (E-Bluebird).

Jika tertarik menggunakan layanan taksi Bluebird, maka kamu bisa mengunjungi booth-nya yang berada di selasar pickup zone di luar terminal kedatangan. Tarifnya tentu disesuaikan dengan jarak tempuh menuju ke lokasi tujuanmu, ya. 

Penutup

Nah, itulah beberapa alternatif transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang ke pusat kota. Mulai dari taksi resmi bandara, BRT Trans Semarang, GoCar Instan, GrabNow, Bluebird, hingga transportasi khusus (rental mobil dan airport transfer). Kira-kira mana nih yang akan Kawan Dolan pilih?

 

Baca juga:

Rekomendasi Rental Mobil Semarang Lepas Kunci

4 Replies to “Transportasi Bandara Ahmad Yani Semarang ke Pusat Kota (Update 2023)”

  1. belum pernah lewat bandara ahmad yani kalo pulang dari batam ke wonogiri , ini lagi nyobain lewat sini dan harus di pandu dengan artikel ini untuk ngopreng dari bandara sampai ketemu bus akdp semarang solo
    suwun bro

  2. Salam,
    Kami Taksi Bandara Ahmad Yani Semarang sekedar menghimbau utk selaku menggunakan jasa layanan resmi bandara dimanapun anda berada. Untuk keamanan dan kenyaman anda bertransportasi silahkan gunakan jasa layanan resmi bandara. Gunakanlah jasa layanan yang profesional.
    Silahkan datangi counter taksi resmi kami.
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *