Rekomendasi Tempat Ngopi di Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama menjadi salah satu andalan pariwisata di Kota Semarang. Tidak hanya suasana tempo dulu yang masih sangat kental, Kota Lama juga menawarkan beragam pilihan tempat bersantai. Mulai dari taman, restoran, hingga tempat ngopi. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi tempat ngopi di Kota Lama Semarang. Mulai dari yang berkonsep take away sampai yang super asyik untuk nongkrong santai bareng teman dan keluarga.

1. Tekodeko Koffiehuis

Tekodeko - Tempat Ngopi di KOta Lama Semarang
Tekodeko | Foto: @jejakdolan

Berada tidak jauh dari Filosofi Kopi, Tekodeko Koffiehuis juga bisa menjadi pilihan tempat ngopi di Kota Lama. Berbeda dengan Filosofi Kopi, menurut kami, Tekodeko Koffiehuis ini suasananya lebih hangat dan hommy karena mengusung konsep sebagai “rumah kopi”. Menu kopi andalannya pun sangat menarik, yaitu “Kopi Akulturasi”. Kopi Akulturasi terinspirasi dari percampuran budaya yang ada di Semarang. Pastinya akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan ketika Kawan Dolan bisa menikmati budaya di Semarang melalui secangkir kopi. Penasaran? Kalian bisa coba varian Kopi Akulturasi ala Tekodeko Koffiehuis seperti Kopi Londo, Kopi Cengli, Kopi Arab, dan Kopi Gendhis. 

Tekodeko Koffiehuis
Jl. Letjen Suprapto No. 44, Kota Lama, Semarang
Buka setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB (khusus weekend sampai 23.00 WIB)
Instagram: @tekodeko

2. Hero Coffee

Hero Coffee - Tempat Ngopi di Kota Lama Semarang
Hero Coffee Semarang | Foto: Google Maps

Kalau kalian gemar berswafoto, coba ngopi di Hero Coffee. Hero Coffe menghadirkan suasana vintage dengan banyak spot ciamik yang bisa kamu jadikan latar berfoto. Semuanya tertata dengan cukup detail, baik itu di bagian indoor maupun di outdoor. Biji kopi pun tidak luput menjadi pemanis untuk menghiasi beberapa bagian ruangan. Hero Coffee memiliki ruang khusus untuk roasting biji kopi di bagian belakang. Untuk menu olahan kopinya, kalian bisa menemukan pilihan seperti cappucino, americano, long black, latte, picollo, dan beberapa menu signature.

Hero Coffee
Jl. Kepodang No. 33, Kota Lama, Semarang
Buka setiap hari, pukul 08.00-23.00 (weekday), pukul 08.00-01.00 (weekend)
Instagram: @herocoffeeindonesia

3. Dolkopi

Dol Kopi Kota Lama Semarang
Dol Kopi Kota Lama | Foto: Google Maps

Dol Kopi adalah salah satu tempat ngopi di Kota Lama yang mengusung konsep ‘Semarangan’. Konsep ini terlihat dari logo dan nama menu yang unik khas Semarang. Sebut saja menu Kopi Thole, yaitu kopi susu dengan gula aren. Ada juga menu Kopi Koplo, yaitu kopi yang diracik bersama dengan coklat. Harga kopi di Dol Kopi terbilang murah. Tidak heran kalau Dol Kopi selalu ramai pengunjung, terutama dari kalangan anak muda.

Dolkopi
Jl. Cendrawasih No. 48, Kota Lama, Semarang
Buka weekday, pukul 09.00 – 23.00 WIB
Buka weekend, pukul 09.00 – 00.00 WIB
Instagram: @dolkopismg

4. Javara Culture

Tempat ngopi di Kota Lama Semarang
Javara Culture | Foto: Google Maps (Javara Culture Semarang)

Untuk kamu yang ingin mencoba varian kopi konservasi, cobalah mampir ke Javara Culture. Javara Culture menghadirkan 12 pilihan seri Kopi Konservasi dari berbagai daerah di nusantara. Kopi Konservasi adalah kopi yang dibudidayakan di dalam hutan dengan mengutamakan pelestarian dan ramah lingkungan. Kamu bisa memilih seri kopi konservasi favoritmu di sini. Mulai dari Naganingrum, Aromanis, Tolu Batak, Telagawangi, Bunisora, Srikandi, Tiba Teing, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki aroma dan karakteristik yang unik. Selain itu, sembari ngopi di Javara, kamu juga bisa menikmati aneka suguhan kuliner Indonesia yang diolah dari bahan-bahan organik. Menarik sekali, ya!

Javara Culture
Jl. Taman Srigunting, Kota Lama, Semarang
Buka setiap hari, pukul 10.00-20.00 WIB
Instagram: @javaraculture

5. Toko Kopi Sukajaya

Toko Kopi Sukajaya
Toko Kopi Sukajaya | Foto: Google Maps (Saras Adyasmara)

Rekomendasi tempat ngopi di Kota Lama yang berikutnya adalah Toko Kopi Sukajaya. Tempatnya nyaman dan asyik untuk ngopi. Di Toko Kopi Sukajaya kamu bisa memesan aneka olahan kopi panas maupun dingin. Ada juga pilihan jajanan hingga makanan beratnya.

Toko Kopi Sukajaya
Belakang Gereja Blenduk, Kota Lama, Semarang
Buka Rabu – Jumat, pukul 16.00 – 23.00 WIB
Buka Sabtu, pukul 08.00 – 23.00 WIB
Buka Minggu, pukul 07.00 – 22.00 WIB
Instagram: @tokokopisukajaya

6. Starbucks Kota Lama

Starbucks Old Town SMG
Starbucks Kota Lama | Foto: Google Maps (Starbucks Kota Lama)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan starbucks, ‘kan? Gerai kopi internasional ini juga turut hadir meramaikan suasana di Kota Lama Semarang. Pilihan menu kopinya sangat beragam, mulai dari espresso, brewed coffee, hingga frappuccino. Tersedia juga banyak varian menu makanan ringan untuk teman ngopi. Asyiknya lagi, interior di gerai Starbucks Kota Lama ini sangat menarik dan elegan. Bikin makin betah untuk ngopi santai bersama teman atau keluarga.

Starbucks Kota Lama
Jl. Branjangan No. 5 - 7, Kota Lama, Semarang
Buka Senin - Kamis, pukul 09.00-22.00 WIB
Buka Jumat – Minggu, pukul 07.00 – 22.00 WIB

7. Serikat Dagang Kopi

Serikat Dagang Kopi semarang
Serikat Dagang Kopi | Foto: Google Maps (Yusril Ihza Syahputra)

Apakah kamu suka ngopi dengan suasana klasik? Kalau iya, maka cobalah mampir ke Serikat Dagang Kopi. Serikat Dagang Kopi menawarkan aneka olahan kopi, mulai dari kopi susu kekinian, kopi seduh manual, hingga kopi susu tradisional. Harganya pun masih bersahabat di kantong. Tidak ketinggalan deretan menu camilan dan makanan berat untuk kamu yang ingin sekalian menuntaskan rasa lapar. Suasana di Serikat Dagang Kopi cukup hommy, hangat, dan tenang. Cocok untuk kamu yang ingin ngopi dan rehat selepas berkeliling di tengah keramaian Kota Lama Semarang.

Serikat Dagang Kopi
Jl. Taman Srigunting No. 10, Kota Lama, Semarang
Buka setiap hari, pukul 15.00-23.00 WIB
Instagram: @serikatdagangkopi

8. Janji Jiwa

Janji Jiwa Kota Lama
Janji Jiwa Jilid 469 | Foto: Google Maps (Ditia K.)

Untuk kamu yang doyan kopi kekinian, maka gerai kopi Janji Jiwa Jilid 469 bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada persis di seberang gedung Semarang Galeri Kreatif. Di gerai Janji Jiwa Kota Lama ini kamu bisa memesan aneka olahan kopi dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari kopi susu, kopi coklat, kopi milo, caramel macchiato, latte, kopi pandan, americano, soy coffee, dan lain sebagainya. Namun, gerai Janji Jiwa Kota Lama ini konsepnya take away. Pengelola hanya menyediakan beberapa kursi saja untuk pembeli yang menunggu pesanan.

Janji Jiwa Jilid 469 Kota Lama
Jl. Letjen Suprapto No. 26, Kota Lama, Semarang
Buka setiap hari, pukul 08.30 – 22.00 WIB

———

Nah, itulah rekomendasi tempat ngopi di Kota Lama Semarang. Dari beberapa yang sudah kami sebutkan, adakah yang sudah pernah kamu kunjungi? Mana yang menurut kamu paling asyik? Atau, kalau kamu punya rekomendasi tempat ngopi di Kota Lama yang belum kami sebutkan, yuk, bagikan melalui kolom komentar, ya. 

6 Replies to “Rekomendasi Tempat Ngopi di Kota Lama Semarang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *