Rekomendasi Kuliner Malang, Tradisional Hingga Legendaris

Wisata kuliner menjadi agenda wajib saat Kawan Dolan berkunjung ke Malang. Kota kecil nan sejuk di Jawa Timur ini memiliki banyak sekali sajian kuliner yang menggoda lidah. Mulai dari kuliner tradisional, hingga yang tersohor karena sudah buka sejak puluhan tahun silam. Kami merangkum 5 rekomendasi kuliner Malang tersebut berdasarkan pengalaman jelajah rasa saat mengunjungi Malang beberapa waktu lalu. Ada apa saja? Yuk disimak.

Orem-Orem

Orem-orem merupakan kuliner tradisional khas Malang yang populer sejak tahun 80an. Dulunya, orem-orem hanya disajikan pada perayaan tertentu saja, seperti syukuran kelahiran, atau acara pernikahan. Bahan utama orem-orem adalah ketupat dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil. Penyajiannya masih ditambahkan dengan toge, kuah kuning kental bersantan, dan taburan bawang goreng. Citarasanya gurih dan sedikit manis. Jika ingin tambahan lauk, biasanya orem-orem akan dilengkapi dengan ayam potong ataupun telur asin.

Rekomendasi Kuliner Malang ,Orem-Orem
Orem-Orem Telur dari Warung Orem-Orem Arema

Rekomendasi kami jika ingin mencicipi kenikmatan orem-orem, datanglah ke Warung Orem-Orem Arema yang sudah ada sejak 1995. Warung ini berada di Jalan Blitar No. 14, Lowokwaru, Kota Malang. Setiap Sabtu-Kamis buka mulai pukul pukul 08.00-16.30 WIB (Jumat tutup).

Cwie Mie Malang, Rekomendasi Kuliner Malang Yang Wajib Dicoba

Olahan Cwie mie sudah sangat lekat sebagai kuliner pilihan di Malang. Sesuai namanya, – cwie yang berarti kecil – mie yang digunakan sebagai bahan utama adalah mie yang berbentuk gepeng dan berukuran kecil. Teksturnya lembut saat dikunyah. Ciri khas lainnya ada pada cacahan ayam berwarna putih kecoklatan yang ditaburkan di atas mie. Tak ketinggalan potongan daun bawang, selada, pangsit, dan kuah kaldu bening yang melengkapi kesempurnaan sajian cwie mie. Soal rasa, cwie mie terasa gurih dan cenderung asin di lidah.

Cwie Mie Depot Hok Lay Malang
Cwie Mie Depot Hok Lay Malang

Tak sulit menemukan warung dan rumah makan yang menjual menu cwie mie. Salah satu yang sudah pernah kami coba adalah Depot Hok Lay di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Kota Malang. Depot Hok Lay buka setiap hari pukul 09.00-13.30 WIB, istirahat, lalu buka kembali pada 17.00-20.30 WIB.

Psstt, depot yang sudah buka sejak 1946 ini juga punya satu menu minuman yang sering diincar lho. Namanya es fosco, yaitu es susu coklat dengan racikan khusus, yang disajikan unik dalam botol coca cola. Semangkok cwie mie dan sebotol es fosco dijamin bikin petualangan rasamu di Depot Hok Lay menjadi sempurna.

Rawon

Jawa Timur pastinya lekat dengan kuliner yang satu ini. Rawon merupakan olahan daging sapi dengan campuran kuah berwarna hitam yang sangat kaya akan rempah-rempah. Ciri khas bumbu rawon ada pada kluwek, yang menimbulkan efek hitam dan rasa spesial pada kuah rawon. Umumnya rawon disajikan selagi panas dengan tambahan kecambah, telur asin, taburan bawang goreng, kerupuk, dan sambal. Degan kondisi udara yang dingin di Malang, seporsi rawon yang mengepul panas akan semakin nikmat untuk disantap.

Rawon ala Rawon Tessy
Rawon Tessy Malang

Pilihan kami saat ingin mencicipi rawon di Malang adalah Rawon Tessy, sebab lokasinya berada di Jalan Trunojoyo, yang tak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru. Bisa dicapai dengan berjalan kaki kurang dari 10 menit. Namun, jika Kawan Dolan menyukai rawon dengan kuah yang benar-benar hitam dan kental, mungkin agak kurang suka dengan sajian rawon di tempat ini. Kuah rawon di Rawon Tessy ini berwarna kecoklatan dan tak sehitam kuah rawon pada umumnya.

Walaupun begitu, citarasa rawon di Warung Rawon Tessy ini terbilang nikmat. Dagingnya pun sangat empuk. Tak heran jika setiap harinya, Rawon Tessy yang buka mulai pukul 07.00 WIB, nyaris tak pernah sepi dari pembeli. Kadang sebelum pukul 16.00 WIB, rawon sudah ludes terjual.

Pecel Kuah Rawon

Ada lagi makanan yang unik di Malang, namanya pecel kuah rawon. Kalau Kawan Dolan biasanya menyantap pecel hanya dengan kombinasi sayuran plus bumbu kacang, nah cobalah sensasi pecel  yang ditambah dengan siraman kuah rawon ini. Sekali suap, perpaduan citarasa manis, gurih, asin, dan sedikit pedas akan sangat terasa di lidah. Nikmat dan kaya rasa. Biasanya, disediakan banyak pilihan lauk pendamping. Mulai dari tempe goreng, telur ceplok, telur dadar, sate usus, sate telur puyuh, mendol, paru goreng, kerupuk, dan masih banyak lagi.

Rekmendasi Kuliner Malang, Pecel Kuah Rawon
Pecel Kuah Rawon di Warung Malam Pak Gatot

Salah satu warung makan yang menjual menu pecel kuah rawon di Malang adalah Warung Malam Pak Gatot di Jalan S. Supriadi No. 10, Sukun, Kota Malang. Kami mendapatkan rekomendasi tempat ini saat meramban informasi di google. Peringkat dan ulasan tentang warung ini cukup tinggi. Saat kami tiba, warungnya sedang lumayan ramai, dan pengunjung selalu datang silih berganti. Ada beberapa menu yang dijual di Warung Malam Pak Gatot, namun yang spesial dan banyak dipesan memang pecel kuah rawonnya.

Bakso Bakar

Tak sulit menemukan bakso di Malang. Kawan Dolan bisa menemukannya di seantero kota, baik itu yang dijual pedagang kaki lima hingga berupa rumah makan. Bakso di Malang memang terkenal dengan kelezatannya. Namun jika Kawan Dolan ingin mencicipi bakso Malang dalam varian yang berbeda, cobalah bakso bakar. Bakso akan dibakar menggunakan bumbu oles hingga berubah warna. Cara pembakarannya dengan ditusuk ke batangan bambu, lalu diletakkan di atas arang. Aroma dari tusukan bambu ini meresap hingga ke dalam bakso, sehingga menghasilkan citarasa yang sangat khas.

Kuliner Malang, Bakso Bakar Pak Man

Berdasarkan rekomendasi banyak wisatawan dan teman yang kebetulan adalah orang lokal, kami mencicipi bakso bakar di Warung Bakso Bakar Pak Man. Kabarnya, Bakso Bakar Pak Man ini adalah pelopor bakso bakar di Malang. Lokasi Bakso Bakar Pak Man berada di Jalan Diponegoro No. 19, Klojen, Kota Malang. Buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB. Terutama saat akhir pekan dan hari libur, warung Pak Man akan diserbu para pecinta kuliner sehingga makin ramai dari hari biasa. Jadi, bersiaplah untuk sabar mengantre.

***

Nah, dari 5 rekomendasi kuliner malang tadi, mana yang paling bikin kalian penasaran? Jangan lupa untuk dicatat dalam daftar kuliner incaran saat ke Malang ya, Kawan Dolan.

Tinggalkan Balasan