Tempat Belanja Oleh-Oleh di Semarang dengan Pilihan Yang Beragam

Temukan rekomendasi tempat belanja oleh-oleh Semarang dengan banyak variasi. Siap borong banyak jenis oleh-oleh di satu tempat saja!

Liburan ke Semarang kurang lengkap rasanya jika tidak pulang membawa oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah.

Semarang punya berbagai jenis oleh-oleh. Kalau makanan atau snack, maka kamu bisa membeli lunpia, wingko, moaci, kue gandjal rel, dan bandeng presto. Selain makanan, Semarang juga punya batik semarangan dan beragam aksesorisnya.

Nah, lalu jadi bingung mau pilih yang mana? Belum lagi kalau yang kamu incar ternyata beberapa varian. Belinya mesti kesana kemari dong?

Jawabannya, bisa jadi iya, tapi bisa juga tidak. Kalau mau praktis, kamu bisa pergi ke beberapa tempat belanja oleh-oleh di Semarang berikut ini.

Tempat-tempat ini menyediakan berbagai macam varian oleh-oleh. Mulai dari aneka pilihan makanan, aneka pilihan souvenir, bahkan ada yang menyediakan keduanya sekaligus.

Toko Bandeng Juwana Elrina

Tempat Oleh-Oleh Semarang - Bandeng Juwana
Outlet Bandeng Juwana Pandanaran. Sumber: detiktravel

Semua outlet Bandeng Juwana Elrina menjual berbagai macam oleh-oleh makanan khas Semarang dan Jawa Tengah. Ada banyak pilihan, tapi yang paling spesial tentu olahan bandeng duri lunaknya.

Toko Bandeng Juwana Elrina juga melayani pembelian secara online melalui website. Kalau Kawan Dolan datang ke outlet Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran, maka bisa sekalian wisata kuliner mencicipi berbagai olahan bandeng di restoran Elrina yang ada di lantai 2.

Lokasi 1: Jl. Pandaran No. 57, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 23.00 WIB

Lokasi 2: Jl. Pamularsih No. 70, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB

Lokasi 3: Jl. Prof. Dr. Hamka No. 41, Ngaliyan, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Istana Brilian

Istana Brillian Semarang
Istana Brillian Semarang. Sumber: tribunnews.com

Istana Brillian berada di kawasan Simpang Lima yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Semarang. Tempatnya mudah ditemukan sebab fasadnya unik menyerupai istana.

Pilihan jenis oleh-oleh yang tersedia berupa aneka makanan dan snack, serta souvenir Semarangan. Jangan lupa, coba produk andalan dari Istana Brillian, yaitu Brillian Cake.

Lokasi: Jalan Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30 – 21.00 WIB.

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52

Pusat Oleh-Oleh Semarang 52
Pusat Oleh-Oleh Semarang 52. Sumber: oleholehsemarang.id

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52 menyediakan oleh-oleh khas Semarang. Ada juga beberapa oleh-oleh nusantara dari daerah lainnya di Indonesia.

Jenisnya beragam, mulai dari makanan hingga bahan minuman seperti bubuk kopi dan bubuk coklat. Kelebihan dari Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52 ini adalah lokasinya yang berada di arah menuju Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Jadi, kalau kamu belum sempat beli oleh-oleh, maka tenang saja. Dalam perjalanan ke bandara, kamu bisa sekalian mampir ke sini untuk belanja.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 134, Karangayu, Kota Semarang Jl. Madukoro Raya, Kota Semarang
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang - Tempat Oleh-Oleh Semarang
Kampoeng Semarang. Sumber: website Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang mengusung branding sebagai ‘center of art, craft, and culture in Semarang’. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan oleh-oleh menarik di beberapa outlet yang ada di Kampoeng Semarang.

Mulai dari Outlet WeBe (bags), Asem Arang (batik), Godhong Asem (pusat oleh-oleh dan souvenir), dan outlet galeri kaos semarangan. Selain itu, Kampoeng Semarang juga menjadi ‘one stop shopping & leisure’ yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, musholla, toilet, dan rest area.

Lokasi: Jalan Raya Kaligawe KM 1 No. 96, Gayamsari, Kota Semarang
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB

Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sumber: posjateng.com

Kalau belum sempat mencari oleh-oleh saat berkeliling di Semarang, maka kamu bisa belanja di bandara. Mampirlah ke Galeri UMKM yang ada di Bandara Ahmad Yani.

Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Semarang dan oleh-oleh khas daerah lain di Jawa Tengah. Variannya mulai dari snack, makanan, minuman, souvenir, kerajinan tangan, dan batik. Semuanya merupakan produk inovasi dari para pelaku UMKM terpilih yang ada di Jawa Tengah.

Lokasi: Terminal Penumpang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Exhibition Hall Lantai 1 (dekat pintu keluar kedatangan / seberang gerai A&W)
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Ikikuwi

Tempat Belanja Oleh-Oleh di Semarang
Ikikuwi Semarang. Sumber: blog ikikuwi

Mengusung tagline ‘rupa-rupa Semarang ada di sini’, Ikikuwi menyediakan berbagai macam souvenir dengan bentuk dan desain semarangan sebagai oleh-oleh.

Mulai dari pouch kanvas, gantungan kunci, magnet, kaos semarangan, tote bag, gelas, notes, dan dompet batik. Lokasinya cukup strategis karena berada tidak jauh dari Mall Paragon dan Lawang Sewu.

Lokasi: Jalan Piere Tendean No. 12, Kota Semarang (seberang Hotel Whiz)
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

M-Art Shop Klub Merby

M-Art Shop Klub Merby
M-Art Shop Klub Merby. Sumber: tribunnews.com

M-Art Shop yang berada di dalam gedung Klub Merby ini khusus menjual berbagai macam souvenir khas semarangan. Pilihan produknya berupa wayang, batik tradisional dan modern, serta aneka dolanan tradisional.

Lokasi: Jalan Mataram 653, Kota Semarang
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.30 – 20.30 WIB

Semarang Creative Gallery

Semarang Creative Gallery (Galeri Kreatif Semarang) berada di lokasi yang cukup strategis, yaitu di pusat Kota Lama Semarang. Kalau kamu sedang jalan-jalan di Kota Lama, maka kamu bisa sekalian mampir ke Galeri ini untuk berburu oleh-oleh.

Semarang Creative Gallery menjual aneka produk handmade dari para pelaku UMKM. Produk-produk tersebut sudah lebih dulu dikurasi sehingga kualitasnya terjamin baik.

Jenis produk yang ada di galeri ini meliputi aneka perhiasan, jam tangan, kain batik, soivenir, dan lain sebagainya.  

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 7, Kota Lama, Semarang
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB

Penutup

Itulah beberapa tempat belanja oleh-oleh di Semarang. Cukup datang ke salah satu tempat tersebut, maka Kawan Dolan sudah bisa memborong banyak jenis produk sebagai oleh-oleh. Tinggal pilih mana tempat yang lebih dekat dari tempat menginap. Selamat berbelanja 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *