Tempat Belanja Oleh-Oleh di Semarang dengan Pilihan Yang Beragam

Liburan ke Semarang kurang lengkap rasanya jika tidak pulang membawa oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah. Semarang punya berbagai jenis oleh-oleh seperti lunpia, wingko, moaci, kue gandjal rel, bandeng presto, batik semarangan, dan masih banyak lagi. Nah lho, lalu jadi bingung mau pilih yang mana? Belum lagi kalau yang dipengen ternyata beberapa varian. Wah, belinya mesti kesana kemari dong? Bisa jadi iya, tapi bisa juga tidak. Kalau mau praktis, Kawan Dolan bisa pergi ke 7 tempat belanja oleh-oleh di Semarang berikut ini. Tempat-tempat tersebut menyediakan berbagai macam varian oleh-oleh. Mulai dari aneka pilihan makanan, aneka pilihan souvenir, bahkan ada yang menyediakan keduanya sekaligus.

Toko Bandeng Juwana Elrina

Tempat Oleh-Oleh Semarang - Bandeng Juwana
Outle Bandeng Juwana Pandanaran. Sumber: detiktravel

Semua outlet Bandeng Juwana Elrina menjual berbagai macam oleh-oleh makanan khas Semarang dan Jawa Tengah. Ada banyak pilihan, tapi yang spesial tentu olahan bandeng duri lunaknya. Toko Bandeng Juwana Elrina juga melayani pembelian secara online melalui website. Kalau Kawan Dolan datang ke outlet Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran, bisa sekalian wisata kuliner mencicipi berbagai olahan bandeng di restoran Elrina yang ada di lantai 2.

Lokasi :
Jl. Pandaran No. 57, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 23.00 WIB.
Jl. Pamularsih No. 70, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 41, Ngaliyan, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Istana Brilian

Istana Brillian Semarang
Istana Brillian Semarang. Sumber: tribunnews.com

Berada di kawasan Simpang Lima yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Semarang. Tempatnya mudah ditemukan sebab fasadnya yang unik menyerupai istana. Pilihan jenis oleh-olehnya berupa aneka makanan dan snack, serta souvenir semarangan. Jangan lupa, coba produk andalan dari Istana Brillian, yaitu Brillian Cake.

Lokasi :
Jalan Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang (dekat ACE Home Center). Buka setiap hari, pukul 07.30 – 21.00 WIB.

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52

Pusat Oleh-Oleh Semarang 52
Pusat Oleh-Oleh Semarang 52. Sumber: oleholehsemarang.id

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52 menyediakan oleh-oleh khas Semarang dan beberapa oleh-oleh Nusantara dari daerah lainnya di Indonesia. Jenisnya beragam, mulai dari makanan hingga bahan minuman seperti bubuk kopi dan bubuk coklat. Kelebihan dari Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang MaDua 52 ini adalah lokasi dua outletnya yang berada di arah menuju Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Jadi kalau belum sempat beli oleh-oleh, dalam perjalanan ke bandara bisa sekalian mampir ke sini untuk belanja.

Lokasi :
Jl. Jenderal Sudirman No. 134, Karangayu, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.
Jl. Madukoro Raya, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang - Tempat Oleh-Oleh Semarang
Kampoeng Semarang. Sumber: website Kampoeng Semarang

Dengan branding sebagai ‘center of art, craft, and culture in Semarang’, maka Kawan Dolan bisa menemukan berbagai pilihan oleh-oleh menarik di beberapa outlet yang ada di Kampoeng Semarang. Mulai dari Outlet WeBe (bags), Asem Arang (batik), Godhong Asem (pusat oleh-oleh dan souvenir), dan outlet galeri kaos semarangan. Selain itu, Kampoeng Semarang juga menjadi ‘one stop shopping & leisure’ yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, musholla, toilet, dan rest area.

Lokasi :
Jalan Raya Kaligawe KM 1 No. 96, Gayamsari, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sumber: posjateng.com

Kalau belum sempat mencari oleh-oleh saat berkeliling di Semarang, Kawan Dolan bisa mampir ke Galeri UMKM yang ada di bandara ini. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Semarang dan oleh-oleh khas daerah lain di Jawa Tengah. Variannya mulai dari snack, makanan, minuman, souvenir, kerajinan tangan, dan batik. Semuanya merupakan inovasi dari para pelaku UMKM terpilih yang ada di Jawa Tengah.

Lokasi :
Terminal Penumpang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Exhibition Hall Lantai 1 (dekat pintu keluar kedatangan / seberang gerai A&W). Buka setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Ikikuwi

Tempat Belanja Oleh-Oleh di Semarang
Ikikuwi Semarang. Sumber: blog ikikuwi

Mengusung tagline ‘rupa-rupa Semarang ada di sini’, Ikikuwi menyediakan berbagai macam souvenir dengan bentuk dan desain semarangan sebagai oleh-oleh. Mulai dari pouch kanvas, gantungan kunci, magnet, kaos semarangan, tote bag, gelas, notes, dan dompet batik. Lokasinya cukup strategis karena berada tidak jauh dari Mall Paragon dan Lawang Sewu.

Lokasi :
Jalan Piere Tendean No. 12, Kota Semarang (seberang Hotel Whiz). Buka Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

M-Art Shop Klub Merby

M-Art Shop Klub Merby
M-Art Shop Klub Merby. Sumber: tribunnews.com

M-Art Shop yang berada di dalam gedung Klub Merby ini khusus menjual berbagai macam souvenir khas semarangan. Pilihan produknya berupa wayang, batik tradisional dan modern, serta aneka dolanan tradisional.

Lokasi :
Jalan Mataram 653, Kota Semarang. Buka setiap hari, pukul 08.30 – 20.30 WIB.

***

Cukup datang ke salah satu tempat belanja oleh-oleh di Semarang tersebut, maka Kawan Dolan sudah bisa memborong banyak untuk dibawa pulang. Tinggal pilih mana yang lebih dekat dan mudah dijangkau dari tempat menginap. Selamat berbelanja 🙂

Tinggalkan Balasan