Tips Mengamankan Foto di Ponsel Saat Traveling

Merekam hal-hal menarik saat traveling dengan menggunakan kamera ponsel sering dilakukan oleh banyak pejalan. Alasannya karena lebih praktis dan simpel. Namun, jika tidak berhati-hati, foto dan video yang sudah banyak terekam di kamera ponsel bisa lenyap begitu saja, lho, Kawan Dolan. Oleh sebab itu, kita perlu paham bagaimana tips mengamankan foto di ponsel saat traveling.

Jangan menganggap hal ini sepele. Ada banyak momen menarik di perjalanan yang terjadi begitu saja, dan jelas nggak bisa diulang. Bisa dibayangkan nggak, saat kalian berhasil merekam momen-momen ciamik tersebut, tapi kemudian foto-fotonya hilang begitu saja? Duh, jangan sampai deh.

Tips Amankan foto di ponsel selama traveling

Foto-Foto di Ponsel Bisa Hilang Karena Ini Nih

Ada beberapa penyebab kita bisa kehilangan foto di ponsel saat traveling. Pertama, tidak sengaja terhapus. Seperti pengalaman kami saat berlibur ke Melaka dan Kuala Lumpur beberapa waktu lalu. Karena malas membawa kamera DSLR, jadilah aktivitas cekrak cekrek dilakukan hanya dengan kamera ponsel.

tips mengamankan foto di ponsel
Pic : liputan6.com

Di antara kami, ada seorang teman yang memiliki kamera ponsel dengan kualitas gambar yang bagus. Jadilah kamera ponselnya yang sering kami gunakan sebagai senjata utama untuk berfoto. Sialnya, saat menunggu LRT, teman kami itu tidak sengaja menghapus semua stok foto yang tersimpan di ponselnya saat sedang mengecek galeri foto. Semakin apes karena foto-foto tersebut tidak ada yang tercadangkan secara daring, atau dibagikan ke teman-teman lainnya. Dengan banyak perjuangan, akhirnya beberapa foto memang bisa dipulihkan menggunakan aplikasi tertentu. Namun jumlah dan ukuran foto tidak lagi sempurna.

Penyebab lainnya yang bisa membuat kita kehilangan stok foto di ponsel adalah kemungkinan ponsel mendadak rusak atau ponsel hilang saat di perjalanan. Kalau penyebabnya adalah salah satu dari kedua hal tadi, huff, sedihnya dijamin akan berkali lipat ya, Kawan Dolan.

Intip Tips Mengamankan Foto di Ponsel Saat Traveling

Nah, ada beberapa tips yang bisa Kawan Dolan lakukan untuk mengamankan foto-foto perjalanan yang tersimpan di ponsel.

Pertama, unggah ke media penyimpanan daring seperti google photo, google drive, cloud, atau dropbox. Rata-rata ponsel saat ini sudah menyediakan fasilitas penyimpanan otomatis ke media penyimpan daring tersebut. Tinggal diatur sendiri di bagian pengaturan (setting) ponsel kalian.

Kedua, jika saat traveling kalian membawa laptop, pindahkan secara rutin foto-foto dari ponsel ke laptop. Kalian bisa melakukannya saat ada waktu luang, misalnya pada malam hari setelah kembali ke penginapan.

tips mengamankan foto di ponsel saat traveling
Pic : palingbaru.com

Ketiga, pindahkan foto-foto dari ponsel ke flashdisk menggunakan kabel OTG. Untuk bisa melakukan ini, pastikan kapasitas flashdisk kalian cukup besar sehingga memadai untuk menyimpan banyak foto.

Tips terakhir, jika bepergian bersama teman-teman atau anggota keluarga yang lain, kalian bisa langsung membagikan foto-foto penting kepada mereka. Ini bisa dilakukan melalui aplikasi chat seperti whatsapp, telegram, atau line. Kalau mau menghemat kuota, gunakan bluetooth.

—–

Jangan lupa tipsnya dipraktekkan ya, Kawan Dolan. Sayang kan kalau foto-foto menarik selama traveling hilang begitu saja dari ponselmu?

Tinggalkan Balasan