#SIAPDIJALAN Supaya Tetap Santuy : 7 Barang Ini Selalu Kami Bawa Saat Traveling

Traveling biasanya menjadi aktivitas pilihan untuk refreshing dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Namun apalah artinya traveling untuk bersenang-senang jika nggak dipersiapkan dengan baik, termasuk perihal barang bawaan. Barang seperti apa yang akan dibawa biasanya disesuaikan dengan tempat yang dituju dan aktivitas apa yang akan dilakukan di sana. Selain kebutuhan utama seperti pakaian, alas kaki, peralatan mandi, kartu identitas, ponsel, hingga sejumlah uang cash, ada beberapa barang lain yang memang wajib untuk selalu kami bawa saat traveling kemana pun. Demi #SiapDiJalan supaya tetap santuy, ini 7 barang wajib yang nggak pernah ketinggalan kami bawa dalam ransel/koper.

barang wajib saat traveling1. Charger Ponsel Cadangan

Mengingat fungsinya yang sangat bermanfaat, ponsel dan charger jelas menjadi kebutuhan utama untuk selalu dibawa kemana saja. Namun saat traveling, kami juga akan selalu membawa charger ponsel cadangan selain charger utama. Alasannya, untuk berjaga-jaga apabila charger utama mendadak rusak atau hilang.

2. Powerbank

Kebutuhan untuk mengisi daya baterai ponsel nggak selalu bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan charger. Colokan listrik belum tentu ada di semua tempat yang dikunjungi. Padahal, daya baterai ponsel bisa cepat terkuras saat traveling. Entah itu karena sering dipakai untuk berfoto atau mengakses maps online. Makanya, powerbank pasti akan selalu masuk dalam daftar bawaan kami saat traveling. Untuk kapasitas daya powerbanknya kami sesuaikan dengan kapasitas baterai ponsel. Minimal powerbank tersebut bisa digunakan untuk dua kali pengisian daya baterai ponsel. Biasanya kapasitas daya 10.000 mAh sudah sangat mencukupi untuk selalu #SiapDiJalan.

3. Obat-Obatan

Di perjalanan, perubahan kondisi cuaca seringkali nggak bisa ditebak. Begitu juga dengan adaptasi tubuh pada lingkungan di daerah yang sedang dikunjungi. Kondisi tubuh bisa drop sewaktu-waktu. Untuk itu, persediaan obat-obatan standar nggak pernah ketinggalan untuk kami bawa. Mulai dari obat demam, obat pereda nyeri, obat maag, obat diare, betadine, hingga vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Semuanya pasti selalu tersedia di dalam pouch khusus.

4. Souvenir Khas

Souvenir khas yang biasanya kami bawa berupa kerajinan tangan mini karena lebih ringkas. Ini menjadi media kami untuk berbagi cerita tentang pesona daerah atau negara asal kami ke pejalan lainnya. Di perjalanan, kami sering bertemu dengan banyak pejalan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri. Kepada beberapa di antara mereka, kami bertukar souvenir sebagai tanda perkenalan, pertemanan, sekaligus ‘menitipkan’ cerita untuk mereka bawa pulang. Singkatnya, ini menjadi cara sederhana untuk menebar pesona Indonesia ke lebih banyak orang.

5. Buku Catatan Kecil

Saat traveling, ada banyak kejadian, kisah, dan pengetahuan baru yang didapatkan. Kadang mengandalkan ingatan saja nggak selalu cukup. Itulah sebabnya kami memastikan buku catatan kecil selalu ada di dalam tas. Bahkan di situasi tertentu, buku catatan kecil ini kami gunakan sebagai media berkomunikasi dengan warga lokal. Contohnya, seperti saat tersesat di Ho Chi Minh City – Vietnam. Ketika itu, kami sedang mencari penginapan yang sudah dipesan dari jauh hari. Kami nggak bisa mengakses maps online karena sinyal ponsel yang kurang bagus. Bertanya pada warga lokal lalu menjadi satu-satunya cara. Namun, komunikasi nggak bisa berjalan dengan lancar karena adanya perbedaan bahasa dan aksara. Akhirnya, kami harus menuliskan beberapa hal agar lawan bicara bisa memahami. Begitu juga si warga lokal yang kemudian menggambarkan peta menuju penginapan di buku catatan yang kami bawa. Nggak disangka, buku catatan kecil yang bagi sebagian pejalan bukan menjadi item penting untuk dibawa, justru membuat kami jadi lebih #SiapDiJalan.

6. Snack

Keseruan saat traveling selalu menyedot banyak energi. Seringkali perut sudah rewel minta diisi sebelum jam makan berikutnya. Sayangnya kami nggak selalu bisa menemukan tempat makan dengan mudah. Entah karena sedang di perjalanan menuju tempat berikutnya, atau sedang berada di lokasi yang agak terpencil. Makanya, snack selalu kami bawa saat traveling demi #SiapDiJalan supaya tetap santuy kalau mendadak dilanda rasa lapar. Biasanya snack pilihan kami adalah coklat atau biskuit karena lebih ringkas, praktis, dan tahan lama.

7. Fotokopi Identitas Diri

Kehilangan dompet atau tas kecil saat traveling sangat mungkin terjadi. Bisa karena kecerobohan sendiri, atau sedang sial jadi target copet. Kalau sudah begitu, kartu identitas yang tersimpan di dalamnya pun akan ikut raib. Oleh sebab itu, bagi kami, fotokopi identitas diri (KTP/Paspor) wajib untuk selalu dibawa dan disimpan di dalam ransel utama/koper. Jika suatu saat kehilangan kartu identitas saat traveling, kami sudah #SiapDiJalan sehingga proses mengurus ini itu bisa dilakukan dengan lebih santuy.

Barang Wajib Saat Traveling

Kini #SiapDiJalan Lebih Mudah dengan Ayoomall.com

Beberapa barang yang kami sebutkan tadi nggak selalu tersedia di rumah. Ada yang perlu diganti atau distok ulang setelah dipergunakan di perjalanan sebelumnya. Contohnya setelah traveling ke Surabaya beberapa waktu lalu. Powerbank kami ditahan pihak bandara karena kapasitas dayanya nggak bisa teridentifikasi. Maklum, powerbank tersebut usianya sudah cukup lama. Jadi sebagian besar tulisan keterangan yang tertera di body powerbank sudah banyak yang terkikis. Mau nggak mau, kami harus membeli lagi sebelum jadwal traveling berikutnya.

Untuk belanja barang kebutuhan traveling, kami biasanya memilih membeli secara online. Selain praktis, kami juga bisa lebih menghemat waktu. Apalagi sekarang sudah ada Ayoomall.com – toko retail online terluas se-Indonesia. Ayoomall.com merupakan e-commerce baru yang dikelola oleh PT Armindo Mandiri (Airmas Group). Walaupun usianya belum genap 1 tahun, tapi Ayoomall.com sudah tampil menarik dan menawarkan banyak sekali keunggulan.

Ragam Keunggulan Ayoomall

♦ Produk Beragam ♦

Ayoomall.com menyediakan ratusan produk IT, t-shirtpouchbackpack, dompet, aksesoris pria dan wanita, buku, mainan, kopi (Ayookopi), hingga produk kebutuhan rumah tangga melalui kategori Ayoomart.

♦ Berbelanja Bisa Dilakukan Kapan Saja dan Dari Mana Saja ♦

Kapan saja dan dari mana saja, pelanggan bisa dengan praktis dan mudah mengakses website Ayoomall.com melalui desktop atau ponsel. Tampilan websitenya sangat rapi dan responsif. Berbagai variasi produk yang tersedia di Ayoomall.com disusun secara sistematis ke dalam beberapa kategori sehingga lebih mudah untuk ditemukan. Pelanggan juga bisa dengan mudah menemukan produk-produk official store, flash sale, promosi, produk terbaru, hingga produk terlaris. Tersedia juga aplikasi Ayoomall.com yang bisa diunduh di App Store (iOs) dan Google Play (Android).

♦ Tersedia 3 Cara Berbelanja Yang Bisa Dipilih ♦

Belanja di Ayoomall.com terbilang mudah. Konsepnya memadukan offline dan online (O2O). Setelah membuat akun di Ayoomall.com, pelanggan tinggal memilih salah satu cara belanja berikut ini.

→ Pesan online – lakukan pembayaran – barang dikirim ke alamat
Pesan online – lakukan pembayaran – ambil barang di pickup point
→ 
Datang langsung ke toko retail fisik – pembayaran via aplikasi dengan scan QR Code

♦ Bebas Khawatir ♦

Belanja online seringkali disertai dengan berbagai macam kekhawatiran. Mulai dari soal keaslian produk, kondisi produk, biaya pengiriman yang mahal, keamanan produk saat dikirim, hingga urusan durasi pengiriman yang lama. Apalagi kalau produk yang dibeli harganya tergolong mahal. Hati rasanya nggak akan tenang kalau produk yang dipesan nggak segera sampai di tangan. Nah, di Ayoomall.com, pelanggan bisa bebas khawatir dari hal-hal tersebut.

→ Bebas Khawatir Dapat Produk Palsu

Di Ayoomall.com, pelanggan nggak perlu khawatir soal keaslian produk yang dibeli. Semua produk yang dijual di Ayoomall.com dijamin original dan berkualitas, sebab dihadirkan dari brandbrand ternama serta terpercaya. Ayoomall.com juga rutin menggunggah review produk di akun youtubenya. Pelanggan yang bingung memilih produk bisa mampir untuk melihat informasi seputar kualitas, spesifikasi, hingga cara penggunaan produk melalui video review tersebut.

→ Bebas Khawatir Terima  Produk Rusak/Cacat

Mengusung konsep O2O, Ayoomall.com juga bekerjasama dengan beberapa toko retail fisik sebagai toko offline. Sampai dengan Agustus 2019, tercatat ada 28 toko retail fisik di 12 provinsi. Jumlah tersebut masih akan terus ditingkatkan hingga bisa mencakup ke banyak kota dan kabupaten di 33 provinsi di Indonesia. Toko retail fisik ini berperan juga sebagai pickup point / pickup store. Pelanggan membeli produk secara online di Ayoomall.com, lalu produknya bisa diambil sendiri di cabang terdekat (jika tersedia). Pada saat pengambilan inilah pelanggan bisa langsung mengecek sendiri kondisi produknya. Dijamin bebas khawatir soal rusak/cacatnya produk yang dibeli. 

→ Bebas Khawatir Menunggu Lama Pengiriman Barang

Dengan dukungan toko retail fisik yang tersebar di banyak kota, maka produk yang kita beli di Ayoomall.com akan dikirimkan dari cabang terdekat. Jadi nggak selalu dari gudang di kantor pusat Jakarta. Ini akan sangat menghemat waktu, bahkan hemat biaya pengiriman.

Tampilan Website Ayoomall
Tampilan Website Ayoomall
♦ Banyak Promo ♦

Ayoomall.com memberikan banyak promo diskon dengan e-coupon dan gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku. Contohnya seperti di Oktober 2019, Ayomall.com punya promo JEBOL – Jeritan Belanja Online – yang memberikan diskon hingga 90%. Update promo terbaru ini biasanya selalu diinfokan melalui media sosial Ayoomall.com (FacebookInstagramTwitter).

♦ Sistem Pembayarannya Beragam dan Terjamin Aman ♦

Pilihan pembayaran yang tersedia di Ayoomall.com cukup beragam dan terjamin aman. Mulai dari credit card fraud detection system, bank transfer, dan mobile banking.

♦ Ada Layanan Purna Jual ♦

Ayoomall.com memberikan jaminan pengembalian produk. Batas waktu klaimnya maksimal 7 hari setelah barang diterima. Selain itu, untuk setiap barang yang dibeli di Ayoomall.com, pelanggan bisa mengklaim garansi perbaikan melalui AyooService.com yang tersedia di seluruh Indonesia. AyooService ini merupakan anak usaha yang juga berada di dalam jaringan Airmas Group. Pelanggan nggak perlu repot membawa barangnya untuk diperbaiki di toko awal pembelian, tapi cukup ke AyooService.com terdekat. Layanan yang satu ini jelas mendukung sekali untuk gerakan #SiapDiJalan supaya tetap santuy. Jadi nggak perlu bingung kalau perlengkapan traveling yang dibeli di Ayoomall.com mendadak rusak saat sedang liburan di luar kota. Tinggal bawa saja ke Ayooservice terdekat.

Ayoomall Pickup Store Semarang
Ayoomall Pickup Store & Ayooservice Semarang

***

Rasanya nggak muluk-muluk jika Ayoomall.com menjanjikan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan. Bisa dilihat dari profil perusahaan yang berpengalaman, jaringan usaha yang banyak dan saling terhubung secara online, serta beragam keunggulan yang ditawarkan oleh Ayoomall.com tersebut. Jadi, persiapan kebutuhan barang traveling untuk #SiapDiJalan bisa dipenuhi cukup dengan berbelanja di Ayoomall.com.

#SiapDiJalan - Keuntungan Belanja di Ayoomall.com - Jejak Dolan

Nah, kalau barang bawaan kalian saat traveling apa nih, Kawan Dolan? Jangan lupa dicek dan persiapkan dari jauh hari ya. Kalau ada yang kurang, bisa segera belanja di Ayoomall.com toko retail online terluas se-Indonesia.

5 tanggapan pada “#SIAPDIJALAN Supaya Tetap Santuy : 7 Barang Ini Selalu Kami Bawa Saat Traveling”

  1. Kalau barang wajibku pas traveling pasti ada kamera sama laptop sih, hehe… Sayang di Purwokerto belum ada Ayoomall nih kayanya ya? 😀

    1. Dirimu traveling pun tetap kerja ya bawa2 laptop segala, wkwk…
      Doakan aja biar cepet ada juga pickup store Ayoomall di Purwokerto. Sementara belanja onlinenya pakai opsi kirim ke alamat dulu aja, kak.

  2. Kalau aku, satu lagi yang gak boleh ketinggalan adalah …cable extension atau T buat nyolok listrik. Biar gak kelamaan nunggu giliran kalau stop kontak terbatas hehehe.

Tinggalkan Balasan