Rekomendasi Tempat Makan di Kota Lama Semarang

Wajah Kawasan Kota Lama Semarang semakin menarik sejak selesainya proses revitalisasi. Pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih nyaman. Salah satunya adalah kulineran. Ada banyak sekali cafe bahkan tempat makan yang bisa dituju untuk bersantap dengan suasana khas Kota Lama. Mulai dari warung kaki lima hingga restoran. Nah, biar tidak bingung mau memilih yang mana, silakan diintip rekomendasi tempat makan di Kota Lama Semarang yang jadi favorit kami.

Pilihan Tempat Makan di Kota Lama Semarang dengan Menu Yang Khas

1. Nasi Koyor Kota Lama

Tempat makan di kota lama semarang - Nasi Koyor Kota Lama

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto - persis di samping Gedung Marba, Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Nasi Koyor Rp 25.000,00 & Nasi Ramesan mulai Rp 10.000,00

Sesuai namanya, menu andalan di warung ini adalah Nasi Koyor, yaitu nasi putih yang disajikan dengan koyor (urat sapi), oseng kacang panjang, dan sambal. Citarasa manis, gurih, dan pedas berpadu jadi satu dalam sekali suapan. Tekstur koyornya pun tidak alot. Bu Yuli, sang pemilik warung, menceritakan bahwa ia meneruskan usaha yang dirintis oleh ibunya pada 1950an silam. Ia tidak mengubah resep maupun cara memasak koyor yang diwariskan sang ibu.

2. Sate & Gule Kambing 29

Tempat Makan di Kota Lama Semarang - Sate 29

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 29 (depan Gereja Blenduk), Kota Lama, Semarang
Buka: Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 21.00 WIB
Harga: makanan mulai dari Rp 27.500,00 – Rp 80.000,00

Penggemar olahan kambing wajib mampir ke Sate dan Gule Kambing 29 yang berada tidak jauh dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Menu andalannya adalah sate kambing, gule kambing, dan sate buntel. Pengunjung menggemari olahan sate dan gule di tempat ini karena potongan dagingnya yang cukup besar dan tidak terasa amis. Begitu juga dengan suasana tempatnya yang masih sangat klasik.

3. Gulai Kambing Bustaman “Pak Sabar”

Tempat Makan di Kota Lama Semarang - Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Lokasi: Jalan Garuda (belakang Gereja Blenduk), Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB
Harga: Nasi+gulai daging Rp 31.000,00

Gulai Kambing Bustaman menjadi salah satu ikon kuliner Kota Semarang. Salah satu yang melegenda adalah Gulai Kambing Bustaman “Pak Sabar”. Gulai Kambing Bustaman “Pak Sabar” sudah ada di Kota Lama sejak 1970an. Tersedia gulai kambing dengan pilihan isian daging, jeroan, atau campur. Gulai kambing kemudian disajikan bersama nasi, rajangan bawang merah, dan jeruk nipis. Sajian gulai kambing “Pak Sabar” ini tidak amis. Kuahnya pun terasa ringan dibandingkan gulai di tempat lain karena di dalam bumbunya tidak menggunakan santan, tapi parutan kelapa yang ditumbuk halus.

4. Nasi Goreng Babat “Pak Karmin”

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Semarang
Pic: jateng.tribunnews.com
Lokasi: Jalan Pemuda (dekat Jembatan Mberok), Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 08.00 – 22.30 WIB
Harga: Nasi goreng babat Rp 20.000,00 & Nasi babat gongso Rp 30.000,00

Buka sejak 1971, Nasi Goreng Babat “Pak Karmin” nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung. Menu andalannya adalah nasi goreng babat dan nasi babat gongso. Citarasanya dominan manis, dengan babat yang cukup empuk. Warung ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan dari luar kota.

5. Bakso Sapi dan Kakap Moro Seneng “Pak Doel”

Bakso di Kota Lama Semarang

Lokasi: Jalan Branjangan No. 10A, Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 11.00 – 18.00 WIB
Harga: mulai dari Rp 15.000,00

Jika tidak ingin makanan yang terlalu berat, kalian bisa coba mlipir ke area samping Museum 3D. Persis di seberang area parkir museum, ada Bakso Sapi dan Kakap Moro Seneng “Pak Doel”. Menu bakso sapi, bakso kakap, atau bakso balungan bisa jadi pilihan untuk mengganjal perut yang lapar selepas jalan-jalan di Kota Lama Semarang.

6. Sai Ramen

Sai ramen semarang
Sai Ramen Kota Lama Semarang (Foto: instagram.com/sai.ramen)

 

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 61, Kota Semarang
Buka: setiap hari, pukul 10.00 – 21.00 WIB (last order)
Harga: Ramen mulai dari Rp37.500,00 - Rp47.000,00 (exclude tax). Side dish mulai dari Rp18.900,00. 

Nah, penggemar ramen wajib mampir ke “Sai Ramen” di Kota Lama Semarang. “Sai Ramen” menghadirkan konsep restoran Jepang ala Kyoto. Interior dan segala ornamennya dibuat dengan detail sehingga suasana Jepang sangat terasa. Dengan bar terbuka di bagian tengahnya, kamu bisa melihat kesibukan para pekerja yang menyiapkan ramen pesananmu. Asyik banget! Untuk menunya, ada ramen dengan 4 (empat) pilihan kuah, yaitu original, miso, black garlic, dan curry. Ada juga beberapa pilihan side dish, seperti gyoza, gyudon, chicken katsu, dan ebi furai

7. Soto Seger Kartosuro

Soto Seger Kartosuro Kota Lama Semarang

Lokasi: Jalan Letjen Suprato (seberang Tekodeko), Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 06.30 - 22.00 WIB
Harga: Soto ayam Rp 10.000,00 & Soto sapi Rp 12.000,00

Pecinta soto wajib mampir ke sini. Bayangkan nikmatnya menyantap semangkok soto dengan kuah segar yang mengepul panas. Soto Seger Kartosuro menawarkan 2 varian soto, yaitu soto ayam dan soto sapi. Beberapa lauk pendamping seperti sate kerang, sate ayam, perkedel, mendoan, dan tempe goreng selalu terhidang di atas meja. Sesuai namanya, kuah soto di tempat ini memang segar dan gurih. Bikin ketagihan! 

Ingin Menu Yang Lebih Bervariasi? Kunjungi 3 Tempat Ini

1. Ikan Bakar Cianjur (IBC)

Ikan Bakar Cianjur di Kota Lama Semarang

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 19, Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB
Harga: bervariasi tergantung menu yang dipilih

Ikan Bakar Cianjur (IBC) merupakan salah satu restoran di Kota Lama Semarang yang menawarkan beragam menu masakan Indonesia. Harganya cukup bersahabat di kantong. Menariknya, restoran ini menempati salah satu gedung bersejarah di Kota Lama, yaitu bekas Kantor Pengadilan (Rad Van Justitie). Jadi, selain masakan yang lezat, kalian juga bisa sekalian menikmati suasana di dalam gedung lawas yang artistik.  

2. Resto Pringsewu

Resto Pringsewu - Restoran di KOta Lama Semarang

Lokasi: Jalan Suari No. 10-12, Kota Lama, Semarang
Buka: setiap hari, pukul 08.00 – 22.00 WIB
Harga: bervariasi tergantung menu yang dipilih

Satu lagi tempat makan enak di Kota Lama Semarang yang menempati gedung bersejarah, yaitu Resto Pringsewu. Resto Pringsewu menawarkan berbagai pilihan menu masakan nusantara dengan harga yang terjangkau. Selain makanannya yang lezat, ada hal menarik lain di Resto Pringsewu. Bertempat di gedung bekas kantor NV Kian Gwan milik Oei Tiong Ham – sang raja gula dari Semarang – pengelola menata 9 spot di dalam gedung sebagai tempat berfoto. Ini sekaligus menjadi sarana untuk mengenalkan sejarah, khususnya tentang Oei Tiong Ham, pada pengunjung.

3. Spiegel Bar and Bistro

Spiegel Bar and Bistro Kota Lama Semarang

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 34, Kota Lama Semarang
Buka: setiap hari, pukul 10.00 – 00.00 WIB (Senin – Kamis) dan 10.00 – 01.00 WIB (Jumat – Minggu)
Harga: bervariasi tergantung menu yang dipilih

Kalau Kawan Dolan ingin bersantap dengan menu serba western, maka cobalah mengunjungi Spiegel Bar and Bistro. Spiegel Bar and Bistro menempati gedung  bekas perusahaan NV Winkel Maatschappij “H Spiegel” yang usianya sudah lebih dari 120 tahun. Untuk menu makanan, tersedia berbagai varian menu ala western seperti pasta, salad, burger, pizza, steak, hingga sandwich. Harganya memang agak mahal, tetapi sebanding dengan rasa dan suasana klasik yang akan kalian dapatkan saat bersantap di tempat ini.

4. Koopman Resto & Bar

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No. 3, Semarang (sebelah Bank OCBC Kota Lama)
Buka: setiap hari, pukul 11.00 – 22.00 WIB
Harga: bervariasi tergantung menu yang dipilih

Tempat makan yang satu ini tergolong baru di Kota Lama Semarang. Koopman Resto & Bar menawarkan beragam variasi menu Asia hingga Western yang bisa kalian pilih sesuai selera. Keunggulan lain dari resto ini adalah interior dan suasananya yang super asyik. 

*****

Nah, itulah rekomendasi tempat makan di Kota Lama Semarang. Semua tempat makan tersebut bisa kalian temukan dengan mudah. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki saat kalian sedang menjelajahi Kota Lama. Hmm, kira-kira mana nih yang akan masuk dalam daftar kulineran kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *