Liburan Tetap Asyik Saat Musim Hujan, Simak Tipsnya!

Liburan tetap asyik saat musim hujan? Memangnya bisa? Bisa, dong. Banyak orang yang beranggapan bahwa pergi liburan saat musim hujan bukanlah pilihan yang tepat. Alasannya karena akan lebih repot dan tidak bisa maksimal untuk bersenang-senang. Padahal dengan persiapan yang matang, liburan bisa tetap menyenangkan walaupun sedang musim hujan. Gimana caranya? Yuk, simak 6 tips liburan tetap asyik saat musim hujan berikut ini.

1. Cek Perkiraan Cuaca

Tips Liburan Tetap Asyik Saat Musim Hujan - Cek Prakiraan Cuaca
Pic: cianjurtoday.com

Pada beberapa aplikasi ponsel (sepertiaccuweather) dimungkinkan untuk mengecek perkiraan kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan. Kawan Dolan bisa coba mengecek kondisi cuaca pada tanggal-tanggal liburan untuk mengetahui gambaran cuaca di tempat yang akan dituju. Dengan gambaran tersebut, kalian bisa mempersiapkan diri dan rencana perjalanan yang lebih matang.

2. Pilih Objek Wisata Indoor dan Tempat Wisata Kuliner

Musim Hujan Liburan Indoor Aja
Pic: idntimes.com

Saat musim hujan, pilihlah untuk berwisata ke objek wisata dengan konsep indoor. Ada banyak pilihan menarik seperti galeri seni, museum, taman bermain, atau pusat perbelanjaan. Perbanyak juga pilihan tempat kuliner seperti café, restoran, atau tempat makan yang menyajikan menu-menu khas dan unik untuk dicicipi. Jadi jika cuaca sedang tidak bersahabat, kalian tidak perlu bingung lagi akan menghabiskan waktu kemana.

3. Pilih Pakaian Yang Tepat Saat Packing

Tips Liburan Tetap Asyik Saat Musim Hujan - Bawa Pakaian Hangat
Pic: blibli.com

Saat packing, bawalah pakaian yang tepat untuk dikenakan di musim hujan agar nantinya lebih nyaman saat bepergian. Pilihlah baju dengan bahan yang tebal dan hangat. Untuk celana jalan, usahakan membawa yang berbahan ringan dan cepat kering. Celana pendek juga bisa jadi alternatif agar lebih simpel dan praktis.

4. Bawa Perlengkapan Tambahan Untuk Musim Hujan

Zipper Storage Bag - Pakaian Terhindar Dari Basah
Pic: tokopedia.com/jejakdolan

Selain bawaan wajib seperti pakaian, peralatan mandi, atau kartu identitas, ada beberapa perlengkapan tambahan untuk musim hujan yang sangat perlu untuk dipersiapkan di dalam tas.

  • Payung kecil / jas hujan berbahan ringan
    Benda ini wajib untuk ada di dalam tas. Jadi saat mendadak hujan saat jalan-jalan, kalian tidak perlu repot dan basah kuyup. Sekarang ini sudah banyak aneka payung kecil atau jas hujan dengan bahan yang ringan tapi tetap kuat. Motifnya pun beragam, tinggal pilih sesuai selera dan gaya kalian sendiri.
  • Zipper Storage Bag / Plastic Zipper
    Zipper storage bag/plastic zipper ini penting dibawa sebagai wadah untuk menyimpan barang-barang elektronik atau dokumen penting (paspor, tiket, dll) agar tidak basah.
  • Sandal jepit
    Dalam perjalanan, hujan bisa turun kapan saja tanpa terduga. Sepatu yang sedang dikenakan sangat mungkin basah dan tidak serta merta kering. Sandal jepit bisa jadi alternatif untuk dikenakan sebagai pengganti sementara. Lagipula, bepergian dengan menggunakan sandal jepit saat musim hujan jauh lebih praktis, lho. Kalian bisa memilih sandal jepit dengan model dan motif yang kekinian agar tetap tampil keren.
  • Obat dan vitamin
    Saat musim hujan, tubuh lebih rentan terserang penyakit seperti flu atau masuk angin. Untuk mengantisipasinya, persiapkan obat-obatan maupun vitamin di dalam tas.

5. Pastikan Selalu Menjaga Kondisi Kesehatan Sebelum Liburan

Jaga Kondisi Tubuh Sebelum Liburan
Pic: liputan6.com

Menjaga kondisi tubuh tetap fit sebelum pergi liburan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Saat musim hujan, kondisi cuaca cukup sering berubah dan rentan menimbulkan penyakit, terutama jika tubuh sedang lelah. Pastikan untuk mengatur pola makan dan menjaga asupan makanan yang baik untuk tubuh. Usahakan untuk lebih rajin berolahraga. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk menghadapi kondisi dan perubahan cuaca di tempat yang baru.

***

Nah, berbekal 6 tips tadi, jangan ragu untuk pergi liburan walaupun sedang musim hujan. Psst, jadwal liburan saat musim hujan juga termasuk di kategori low season, lho, Kawan Dolan. Saat low season ini, kalian berpeluang mendapatkan harga tiket dan harga penginapan yang jauh lebih bersahabat di kantong. Wah, bakalan makin asyik, kan?

Tinggalkan Balasan