bymaruun: Sekali Coba, Pengen Order Lagi

Halo, Kawan Dolan. Selama masa pandemi, kalian sudah beli jajanan online apa saja? Pastinya sudah banyak makanan dan minuman yang dicoba, kan? Sama! Kami juga. Suasana #wfh dan #wfo di masa pandemi ini memang bikin nafsu jajan menggila. Ada macam-macam jajanan yang sudah kami coba. Beberapa di antaranya berhasil bikin kami jatuh cinta. Salah satunya adalah bymaruun. Produk dari bymaruun ini variannya lumayan banyak. Mulai dari minuman botol sampai aneka lauk jadi. Nyobain satu, enak. Nyobain varian lain, enak juga. Jangan heran kalau akhirnya kami pesan melulu tiap kali pre order dibuka 😀

Kenalan dulu sama bymaruun

Awal mula kami tahu bymaruun itu sekitar Mei 2020 dari linimasa Twitter. Pas lagi masa-masa stay at home dan serba work from home, tuh. Untuk kami, nama bymaruun cukup menggelitik rasa penasaran. Apa sih ini bymaruun? Lucu namanya. Jualan apa aja, sih? Kemudian, jadilah kami tidak pernah melewatkan cuitan-cuitan promo dari vendor F&B yang bermarkas di Cipete, Jakarta Selatan ini. Iya, nyimak doang, belum mulai order. Istilah kekiniannya: “masih gua pantau…” 😀

Rasa penasaran pada nama bymaruun akhirnya terjawab setelah kami iseng bertanya. Ternyata, nama bymaruun merupakan representasi dari username media sosial Gusti Ara yaitu “Maruun”. Gusti Ara ini adalah founder sekaligus Chief of Production. Bisa dibilang, Ara adalah “otak” dari semua produk keluaran bymaruun. Makanya, usaha F&Bnya diberi nama ‘bymaruun’. Selain Ara, ada 2 founder lain yang perannya tidak kalah penting di bymaruun, yaitu Bentara Bumi (CEO & Marketing Leader) dan Karina Diets (Designer & Social Media Agency).  

Varian produk bymaruun

Peluncuran Sekéca pada Mei 2020 menandai munculnya bymaruun secara resmi di sosial media dengan 3 lini bisnis: Dapuur Maruun (hot food), Sekéca (beverage & dessert corner), dan Lumintu (premium coffee). Namun, baru Dapuur Maruun dan Sekéca yang berjalan stabil. Keduanya rutin membuka pemesanan setiap minggu.

Dapuur Maruun memiliki varian produk ayam laos cabe ijo, sambal ijo, sambal udang, dan sambal udang pete. Sementara itu, Sekéca memiliki 8 varian produk yang terbagi dalam 2 series, yaitu Sekéca Reguler dan Sekéca Premium.

Sekeca Premium bymaruun
Sekeca Premium. Photo: bymaruun

Di deretan produk Sekéca Reguler ada menu Thai Tea, Thai Green Tea, Classic Chocolate dan Classic Chocolate with Almond Milk. Untuk Sekéca Premium, ada pilihan Teh Tarik, Earl Grey Tea, Purple Passion, dan Sea Salt Choco Almond.

Bedanya apa, sih? Kalau Sekéca Reguler, menu-menunya lebih umum dan banyak dijual juga oleh pelaku bisnis F&B lainnya. Sementara Sekéca Premium, menu-menunya lebih khusus dan belum banyak dijual di pasaran. Tentunya ada bahan premium dan racikan resep rahasia khas ibu Maruun yang membuat Sekéca Premium semakin spesial.

Perdana nyobain ayam laos cabe ijo

Setelah memantau beberapa cuitan bymaruun, kami tergoda untuk memesan produk dari Dapur Maruun, yaitu ayam laos cabe ijo. Kami penasaran karena foto ayam goreng laos sering sekali wara-wiri di linimasa Twitter. Penampakan foto ayamnya yang kecoklatan sungguh menggiurkan. Tentunya, kami sebagai penggemar olahan ayam tidak bisa menahan rasa penasaran untuk mencicipinya. Mungkin, ibaratnya seperti ‘suka pada pandangan pertama’.

Ayam Laos Cabe Ijo. Photo: bymaruun
Ayam Laos Cabe Ijo. Photo: bymaruun

Namun, yang terpenting, kami mengikuti feeling! Berdasarkan pengalaman, feeling kami terkait makanan jarang salah. Artinya, setiap makanan atau jajanan yang kami beli karena merasa sreg dan ada klik, pasti enak!

Tadinya, mbak Maruun ragu-ragu mengirimkan produknya ke luar kota karena khawatir mengecewakan pelanggan. Takutnya si ayam laos keburu basi atau menurun kualitasnya karena terlalu lama di proses pengiriman. Setelah kami membujuk dengan gigih, mbak Maruun akhirnya luluh. Ia bersedia mencoba mengirim produknya ke luar kota Jakarta. Kemudian, satu box Ayam Laos Cabe Ijo ukuran Large pun meluncur ke Semarang.

Untuk urusan paket makanan, kami masih mengandalkan jasa pengiriman Paxel. Untuk harga sebuah penasaran, kami mengeluarkan total biaya sebesar Rp125.000,00 (Ayam Laos Rp100.000,00 dan ongkos kirim Rp25.000,00). Sepengalaman kami selama ini, pengiriman makanan, terutama untuk kategori frozen food, dengan layanan Paxel cukup aman. Paxel selalu memastikan suhu makanan tetap terjaga selama pengiriman. Ketika paket sampai keesokan harinya, betul saja. Box ayam laos yang dikemas berlapis dengan bubble wrap dan plastik masih terasa dingin saat kami terima.

Ayam Laos dari dapur maruun
Ayam Laos. Photo: IGbymaruun

Klaim dari pihak bymaruun, produk ayam laos ini bisa tahan maksimal 10 hari di dalam kulkas. Pas banget untuk persediaan makanan selama beberapa hari di rumah. Untuk menyantapnya, kita hanya perlu menggoreng sebentar bersamaan dengan bumbu laosnya. Proses goreng ini bertujuan untuk mendapatkan sensasi crispy di bagian luar, serta tetap juicy dan lembut di bagian dalam. Saat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal ijo, mulut ini rasanya enggan berhenti mengunyah. Tambah nasi teroosss!!

Lanjut! Berikutnya nyobain Sekéca

Produk kedua yang kami beli adalah Sekéca. Lagi-lagi, kami berjudi apakah produk masih layak minum saat tiba di Semarang. Niat amat? Yaps, soalnya kami penasaran dengan varian Classic Choco dan Thai Tea. Pikir kami, apa ya bedanya dengan minuman yang ada di Semarang?

Setelah kami mencobanya, akhirnya terjawab: ini minuman yang benar kental dan terasa pekat di lidah. Selain itu, pembeli juga bisa request no sugar. Cocok untuk lidah yang tidak bisa menoleransi rasa minuman yang terlalu manis.

Sekeca Reguler bymaruun
Sekeca Reguler. Photo: bymaruun

Jika dibandingkan dengan beberapa produk minuman cokelat dan thai tea yang pernah kami coba, baru satu produk minuman cokelat yang rasanya seimbang dengan Sekéca. Itu tuh, iced chocolate di gerai donat tahun 90-an.

Kalau dari segi harga gimana? Untuk Sekéca yang terbuat dari bahan berkualitas prima, harga Rp25.000,00 (kemasan 250ml) tentunya terhitung sangat murah.

Belum lagi, perhatian bymaruun kepada pelanggannya yang patut mendapat acungan jempol. Setiap kali kami membeli produk dari bymaruun, mereka selalu mengecek ulang apakah paket minumannya tiba dengan utuh, tanpa cacat, dan masih fresh. Mereka selalu menanyakan hal yang sama: packaging masih aman? produknya juga aman? Perhatian semacam ini sejalan dengan value yang mereka usung –  Sekéca, comfort in a bottle. Mereka memang mengantarkan kenyamanan ke setiap pelanggannya.

Cara pesannya gampang!

Pembelian semua produk bymaruun masih menggunakan sistem pre order. Kalau pre order sudah buka, biasanya mereka akan mengumumkan via media sosial (Twitter dan Instagram). Jadi, wajib buat pantengin terus akun Twitter dan Instagram @bymaruun.

Instagram & Twitter
Instagram & Twitter

bymaruun melayani pemesanan hanya melalui pesan whatsapp. Adminnya menyenangkan dan responsif. Bagi kami, ini nilai plus. Coba deh, kalau Kawan Dolan lagi mau beli sesuatu tapi adminnya jutek, gimana? Boro-boro beli, mungkin saja malah jadi batal order. Ya, kan?

Kalau sudah melakukan pemesanan, admin akan mengabari total biaya pesanan dan biaya ongkos kirim. Kita tinggal membayar sejumlah itu ke nomor rekening bymaruun. Kemudian, kalau sudah membayar, konfirmasi pembayaran ke admin. Kemudian, tinggal tunggu pesanan tiba di tujuan, deh. Gampang tanpa ribet!

Kawan Dolan tertarik Mencoba?

Dari segi rasa dan harga, produk bymaruun ini pas sekali untuk kami yang mudah lapar dan serba pengen praktis di kala lembur. Harganya sebanding dengan kualitas rasa yang selalu bikin ketagihan. Sekali coba, jadi pengen order lagi. Selain itu, layanan pra dan pasca penjualannya bikin nyaman di hati. Jadi, kalau Kawan Dolan sedang mencari referensi tambahan: hmm, jajan apalagi nih, ya? Cobain produk dari bymaruun, deh. Rekomen banget! Psstt, tapi pastikan kalau lokasi kalian masih dalam jangkauan pengiriman ekspedisi/kurir oneday service dari wilayah Jakarta Selatan, ya.  

bymaruun - curated F&B
Lokasi: Cipete, Jakarta Selatan
Info & pemesanan: 0819.0567.8181 (WA)
Instagram: @bymaruun
Twitter: @bymaruun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *