Wisata Murah ke Singapura, Coba 9 Tips Ini

Pejalan pemula biasanya memilih Singapura sebagai tujuan pertamanya saat ingin keluar negeri. Tentunya bukan tanpa sebab, ya! Pesona pariwisata di Singapura memang sulit untuk ditolak. Negara ini memiliki banyak potensi wisata menarik yang terus dikembangkan oleh pemerintahnya. Namun sayangnya, bagi pejalan pemula dengan budget mepet, biaya liburan ke Singapura memang tergolong mahal. Apalagi kalau kamu membandingkannya dengan liburan ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, atau Vietnam. Apakah kamu salah satu yang berpikir seperti ini? Tenang! Kami bagikan tipsnya untuk kamu! Simak 9 tips wisata murah ke Singapura untuk pemula berikut ini. Gampang banget! Siap-siap praktekkan selepas pandemi nanti, ya!

Wisata murah ke Singapura
Foto: pramborsfm.com

Tips #1: Hunting Tiket Promo Untuk Wisata Murah ke Singapura

Banyak maskapai yang menyediakan rute penerbangan dari Indonesia ke Singapura. Kamu bisa pilih yang sesuai dengan budget. Biasanya maskapai penerbangan sering membuat promo-promo menarik. Mulai dari diskon harga sampai dengan promo kursi gratis. Kamu bisa memburu promo ini dari jauh-jauh hari. Kalau ingin harga lebih murah, kamu bisa coba pertimbangkan low cost airline juga. Yang penting, rajin-rajinlah memantau harga di website resmi maskapai. Kamu juga bisa memantau harga tiket di website online travel agent (OTA) seperti Traveloka, TiketCom, dll. Sekarang semua sudah serba canggih. Urusan hunting tiket bisa dilakukan dengan mudah via aplikasi di ponselmu.

Tips #2: Manfaatkan Free Wifi dan Paket Internet Murah Selama di Singapura

Tips wisata murah ke Singapura yang berikutnya adalah memanfaatkan free wifi. Singapura memiliki banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas free wifi. Bahkan saat baru mendarat di Changi Airport pun kamu sudah bisa menikmati akses internet gratis tersebut. Lumayan banget, ‘kan?!

Nah, walaupun begitu, kamu tetap perlu berjaga-jaga dengan membeli simcard lokal. Siapa tahu ada kondisi darurat dan kamu sedang tidak bisa mengakses free wifi ini. Apa simcard lokal terbaik di Singapura? Provider yang cukup terkenal di Singapura ada 3, yaitu Singtel, Starhub, dan M1. Kami sendiri baru punya pengalaman menggunakan Singtel. Pertimbangannya sederhana, yaitu harga yang lebih murah.

Produk Singtel yang kami gunakan adalah yang berjangka waktu. Ada paket untuk 5 hari dan 10 hari penggunaan sejak diaktifkan. Setelahnya tidak bisa digunakan lagi. Sepertinya produk ini memang ditujukan kepada para turis yang datang dengan jangka waktu yang pendek.

Kami memilih Singtel hi! Tourist paket 5 hari seharga $15. Dalam paket tersebut kami sudah mendapatkan 4GB untuk akses data internet, 500 menit telepon nomor lokal, 30 menit telepon internasional, dan 100 lokal sms. Murah sekali jika dibandingkan dengan simcard lokal Singapura lainnya. Lebih murah juga ketimbang mengaktifkan paket roaming simcard Indonesia.

Dimana bisa mendapatkan simcard Singtel? Kami membeli simcard tersebut di 7Eleven yang berada di T2 Changi Airport. Tempatnya tidak jauh dari counter KFC. Syarat pembeliannya cukup mudah. Terlebih dahulu bayarlah di kasir, kemudian tunjukkan paspormu untuk pengaktifan simcardnya. Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan sendiri paket internetnya dengan mengikuti petunjuk yang terdapat di dalam user guide. Mudah dan praktis!

Tips #3: Bawa Botol Minum Kosong dan Isi Ulang di Fasilitas Air Minum Gratis

Di Singapura, harga sebotol air mineral ukuran 600 ml bisa menguras isi dompetmu sekitar 2 SGD. Harga yang sangat mahal kalau dibandingkan dengan harga air mineral di Indonesia. Jadi, bawalah botol air minum sendiri kalau ingin liburan hemat ke Singapura! Kami jamin ini akan sangat membantu menekan pengeluaranmu.

Duh, nanti isi ulangnya gimana? Repot! Eittss, tenang! Kamu tidak perlu khawatir. Di Singapura ada banyak tempat fasilitas air minum gratis yang tersedia. Kamu tidak perlu malu untuk menggunakannya. Fasilitas ini memang disediakan untuk dimanfaatkan dengan bebas oleh warga dan turis di Singapura. Airnya bersih dan segar, kok.

Tips #4: Hostel adalah Kunci Untuk Menekan Budget Penginapan

Daripada membayar mahal untuk kamar hotel, kamu bisa memilih hostel sebagai tempat menginap. Hostel adalah penginapan yang konsepnya menyewakan per bed kepada tamunya. Jadi, bukan bayar sewa per kamar. Konsepnya mirip seperti dorm/asrama. Selain itu, segala fasilitas dasarnya disediakan untuk digunakan secara bersama-sama oleh para tamunya. Tidak heran dengan model ini, dalam 1 kamar bisa ditempati oleh beberapa tamu sekaligus. Biasanya standar per kamar diisi minimal 4 orang, bahkan bisa lebih.

Di Singapura, ada banyak hostel murah, tetapi fasilitasnya tidak murahan. Dengan harga terjangkau, kamu sudah mendapatkan kamar berAC, sarapan, dan free wifi. Nilai plus lainnya, kamu bisa mendapatkan teman baru dari daerah atau negara lain! Nah, kalau tertarik menginap di hostel, kamu bisa hunting harga murahnya di Agoda, BookingCom, Traveloka, HostelWorld, dll. Melalui situs-situs tersebut kamu juga bisa sekalian melihat review dari tamu-tamu sebelumnya.

Tips #5: Perbanyak Jalan Kaki dan Naik Transportasi Umum Biar Bisa Wisata Murah ke Singapura

Daripada kamu harus naik taksi dengan biaya yang cukup mahal, lebih baik tekan budgetmu dengan  memperbanyak jalan kaki dan menggunakan transportasi umum. Dengan berjalan kaki, kamu juga bisa lebih dekat menikmati suasana sekitar. Tenang saja, Singapura punya kondisi lalu lintas yang aman untuk pejalan kaki.

Untuk transportasi umum seperti MRT dan bus kota juga sangat kami rekomendasikan. Singapura memiliki transportasi umum yang modern dan nyaman. Jadwal keberangkatan bus maupun MRT di Singapura sangat terjadwal. Masing-masing sudah memiliki peta jalur yang jelas sehingga sangat membantu para penggunanya. Harga tiket bus atau MRT tergantung dari rute yang ditempuh, tapi masih sangat terjangkau, kok.

Tips #6: Berburu Makanan di Hawker Food atau 7Eleven

Hawker Food Center adalah jawaban yang nyaris sempurna untuk persoalan menekan budget makan. Singapura memiliki Hawker Center yang cukup banyak. Pilih saja yang terdekat dengan lokasimu. Di hawker center ada banyak pilihan penjual makanan dengan ragam menu yang berbeda. Mau cari yang halal juga ada. Soal harga dan porsi cukup bersahabat untuk para pemburu makanan enak berharga murah.

Selain itu, kalau kepepet, kamu juga bisa berburu makanan siap saji di 7Eleven yang storenya bertebaran di seantero Singapura. Nah, kalau soal porsi dan rasa, cukup lumayan untuk mengisi perut daripada harus menahan lapar.

Oh ya, apakah kamu suka makanan India dengan citarasa rempah yang sangat kuat? Jika suka, maka makan di rumah makan India juga bisa jadi pilihan. Biasanya harga makanan di rumah makan India cukup murah dengan porsi jumbo.

Tips #7: Tahan! Jangan Sampai Kalap Belanja Oleh-Oleh

Salah satu yang bisa menguras budgetmu saat jalan-jalan adalah perkara oleh-oleh. Berburu oleh-oleh itu memang repot, sih. Namun, sesekali kamu juga pasti ingin membawakan beberapa benda lucu atau camilan untuk orang-orang terkasih, ‘kan

Nah, kalau sudah begitu, ya sudah, belanjalah. Singapura punya banyak tempat murah untuk berbelanja oleh-oleh. Contohnya seperti di Chinatown atau di kawasan Bugis Street. Di kedua tempat tersebut kamu bisa memburu berbagai varian oleh-oleh dengan harga yang sangat bersahabat. Kamu bisa borong banyak! Eitss, tapi ini nih yang suka bikin kalap! Karena murah dan barangnya lucu-lucu, kamu jadi borong ini dan itu. Tahan! Jangan sampai budgetmu bocor, ya.

Tips #8: Jangan Buang Sampah Sembarangan!

Salah satu tips wisata murah ke Singapura adalah jangan buang sampah sembarangan! Loh, apa hubungannya? Kenapa di Singapura tidak boleh buang sampah sembarangan? Ini alasannya! Singapura adalah negara yang bersih. Pemerintah setempat mengawasi dengan sangat ketat mengenai pelaksanaan peraturan tentang kebersihan ini. Ada larangan ketat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pemerintah menetapkan denda yang kisarannya sangat mahal bagi yang melanggar aturan tersebut. Tidak lucu ‘kan kalau kamu harus mengeluarkan budget dadakan untuk membayar denda akibat membuang sampah sembarangan? Lagipula malu, dong! Masa iya kamu mau buang sampah sembarangan?!

Tips #9: Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Ada banyak tempat wisata di Singapura yang tidak mematok HTM (harga tiket masuk) untuk pengunjungnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini, lho! Sebagai pejalan pemula yang baru pertama kali berkunjung ke Singapura, kami sarankan susun itinerarymu dengan mengalokasikan sekitar 60-70% kunjungan ke tempat-tempat yang bisa diakses secara gratis. 

Berikut beberapa tempat wisata gratis di Singapura yang bisa kamu kunjungi:
– Singapore Botanic Garden 
– Merlion Park
– Orchard Road
– Haji Lane
– Helix Bridge
– Garden by the Bay
– Kawasan Chinatown
– Marina Barrage
– Kawasan Clarke Quay
– Fort Canning Park

Tips Bonus: Khusus Perempuan! Bawa Stok Pembalut Yang Cukup

Saat akan pergi liburan, cek jadwal menstruasimu. Kalau sekiranya mendekati jadwal, kami sarankan untuk membawa stok pembalut yang cukup. Dari pengalaman salah satu tim Dolan kami, harga sebungkus kecil pembalut berukuran pendek terbilang mahal. Harganya mencapai dua kali lipat dari harga sebungkus besar pembalut berukuran panjang di Indonesia. Jadi, kalau memang mau menghemat budget, persiapkan dari awal, ya.  

***

Marina Bay Singapura
Foto: cnbcindonesia.com

Itulah 9 tips wisata murah ke Singapura. Kami sudah mencoba semua cara tersebut. Hasilnya? Terbukti menyelamatkan budget! Pengeluaran tetap aman terkendali selama berlibur di Singapura. Kamu bisa mulai mencoba beberapa tips tadi sembari menunggu pandemi Covid-19 mereda. Misalnya, dengan hunting tiket pesawat dan mencari daftar hostel murah di Singapura. Susun itinerary supaya kamu bisa mempersiapkan biaya untuk liburan murah ke Singapura! Baca panduan cara mudah menyusun itinerary di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *