5 Wisata Karangasem Bali Yang Populer, Telisik Budaya Hingga Jelajah Keindahan Alam

Tak hanya Denpasar atau Kuta, wisata Pulau Bali juga menarik untuk dijelajahi hingga ke wilayah lain. Salah satunya adalah Kabupaten Karangasem. Karangasem disebut-sebut sebagai mutiara di sisi timur Pulau Dewata. Ada beragam destinasi wisata unggulan yang menggambarkan keragaman adat, budaya, hingga keindahan bentang alam. Sebut saja misalnya gunung berapi aktif, pura Hindu terbesar di Bali, maupun pantai-pantai cantik lainnya. Untuk kamu yang mulai tertarik, simak rekomendasi 5 wisata Karangasem Bali Bali yang populer berikut ini.

Gunung Agung – Wisata Karangasem Bali dengan Pesona Gagahnya Gunung Berapi Aktif

Wisata Karangasem Bali Gunung Agung
Gunung Agung, Bali (Foto: Instagram @fun.fearless.travel)

Salah satu wisata Karangasem Bali yang populer di kalangan wisatawan adalah Gunung Agung. Gunung Agung merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Bali. Banyak pendaki yang menyukai aktivitas pendakian di gunung ini karena jalur trekking-nya cukup menantang.

Selain itu, Gunung Agung menawarkan pemandangan bentang alam yang sangat memesona. Mulai dari view pedesaan, sawah, hingga Gunung Rinjani di kejauhan. Ditambah lagi, hawa sejuk khas pegunungan menambah sensasi tersendiri. Jika masih pemula dan tertarik menjajal trekking ke Gunung Agung, coba gunakan penawaran paket dari Bali Tour. Kamu bisa pilih mana yang paling sesuai untuk mengisi waktu liburan di Karangasem Bali. 

Gunung Agung Karangasem Bali
HTM: Rp20.000,00 per orang
Jam buka: setiap hari, 24 jam
Lokasi: Jungutan, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali 

Pura Agung Besakih – Pura Hindu Terbesar di Bali

Wisata Karangasem Pura Agung Besakih
Pura Agung Besakih (Foto: Instagram @seasia)

Mother of temple” adalah julukan untuk Pura Agung Besakih. Sebabnya, Pura Besakih adalah pura terbesar dan menjadi pusat kegiatan seluruh pura yang ada di Bali. Jadwal upacara keagamaannya pun terbilang padat. 

Daya tarik pura ini sebagai tempat wisata ada pada keunikan bentuk bangunannya yang megah. Pura Besakih dibangun sekitar 1284 oleh Rsi Markandeya. Dalam kompleks Pura Besakih, tidak hanya ada 1 pura saja. Namun, ada juga beberapa pura lainnya. Pemandangan di sekitar pura juga sangat cantik. Tak ketinggalan, pesona gagahnya Gunung Agung di kejauhan menjadi daya tarik tersendiri. 

Selain itu, wisatawan yang datang juga bisa melihat berlangsungnya beberapa prosesi upacara keagamaan yang sedang berlangsung. Cocok untuk menambah pengetahuan seputar ritual keagamaan umat Hindu di Bali.    

Pura Agung Besakih
HTM: Rp40.000,00 per orang
Jam buka: setiap hari, 08.00 - 18.00
Lokasi: Jl. Gunung Mas No.Ds, Besakih, Kec. Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali

Taman Ujung Sukasada – Wisata Karangasem Bali yang Tonjolkan Keunikan Arsitektur Zaman Kerajaan

Wisata Karangasem Bali Taman Sukasada
Taman Sukasada (Foto: Instagram @balilucky)

Pesona wisata Karangasem Bali juga ada pada objek wisata Taman Ujung Sukasada. Taman ini menonjolkan keunikan pada gaya arsitektur zaman kerajaan. Suasana dan gaya arsitekturalnya kental dengan nuansa Bali, Cina, dan Belanda. 

Wisatawan bisa melihat taman-taman cantik bergaya Asia dan bangunan bergaya Eropa. Sentuhan nuansa Bali kental pada bagian interior dan eksteriornya. Bagi penyuka fotografi dan gemar berswafoto, pasti puas! Ada banyak spot instagrammable di Taman Ujung Sukasada. Tentunya dengan tambahan latar alam yangjuga tak kalah menawan.

Taman Ujung Sukasada
HTM: Rp25.000,00 per orang
Jam buka: setiap hari, 07.00 - 19.00
Lokasi: Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

Desa Wisata Tenganan – Melihat Ragam Budaya Asli Bali

Desa Wisata Tenganan
Desa Tenganan Bali (Instagram @syarifdtraveler)

Tertarik melihat lebih dekat bagaimana kehidupan masyarakat adat di Bali? Nah, di Karangasem ada Desa Tenganan yang menjadi magnet wisata Kabupaten Karangasem. Desa ini sudah ditata untuk menjadi desa wisata yang nyaman. Tentu tanpa menghilangkan identitas lokalnya. 

Di Desa Tenganan, wisatawan bisa melihat bentuk arsitektur rumah adat masyarakat Tenganan. Ada nilai dan filosofi tersendiri dari setiap bentuk bangunan dan penataan di dalam kawasan desanya. Wisatawan juga bisa sembari berinteraksi dengan penduduk setempat. 

Jangan lewatkan untuk melihat-lihat kerajinan khas Desa Tenganan, yaitu kain gringsing. Kain ini dibuat dengan teknik dobel ikat. Teknik pembuatan kain dengan cara ini sudah cukup langka. Selain itu, ada berbagai acara adat, suguhan tari-tarian, hingga pertunjukan tradisi Mekare-kare. 

Desa Tenganan
HTM: Rp10.000,00 per orang
Jam buka: setiap hari, 07.00 - 19.00
Lokasi: Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

Pantai Tulamben – Cantiknya Kekayaan Bawah Laut Bali

Pantai Tulamben Karangasem
Pantai Tulamben (Foto: Instagram @lelens)

Karangasem juga memiliki banyak pantai-pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Tulamben. Pantai ini cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas bawah laut. Sebabnya, daya tarik utama Pantai Tulamben memang pada pesona bawah lautnya yang menawan. 

Aktivitas diving hingga snorkeling sangat populer di Pantai Tulamben. Banyak wisawatan yang tertarik untuk melihat terumbu karang dan kekayaan biota laut di sekitar pantai ini. 

Yang paling menarik tentunya adalah bangkai kapal USAT Liberty yang merupakan peninggalan perang dunia II 1942. Bangkai kapal ini hanya berjarak sekitar 25 meter dari pinggir pantai dan berada di kedalaman 30 meter. Kapal USAT Liberty ini dulunya tenggelam karena terkena torpeda dari tentara Jepang.

Pantai Tulamben
HTM: -
Jam buka: setiap hari, 24 jam
Lokasi: Desa Tulamben, Kec. Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali

***

Untuk kamu yang ragu menentukan jadwal dan rencana perjalanan wisata di Bali, maka coba pertimbangkan menggunakan layanan Bali Travel

Bali Travel biasanya sudah menyediakan berbagai paket lengkap untuk wisata di Bali. Malahan, ada yang sudah menyediakan lengkap dengan pilihan akomodasi dan moda transportasinya. Untuk pilihan harga paket dan jasa wisatanya bervariasi. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan budget liburan.

Kamu bahkan bisa request ingin kunjungan ke tempat wisata yang seperti apa. Salah satunya misalnya wisata ke destinasi-destinasi menarik di Karangasem Bali tadi. Cara ini cocok untuk kamu yang ingin lebih praktis saat liburan di Bali. 

***

Itulah 5 wisata Karangasem Bali yang populer untuk wisatawan. Terutama untuk kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Karangasem, maka jangan sampai melewatkan salah satunya, ya. Paket komplit untuk mengenal kekayaan budaya lokal, sejarah, hingga lebih dekat dengan alamnya. Semuanya pasti bakal bikin kamu makin cinta Bali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *