Baik Untuk Kulit, Yuk Kenali Lebih Jauh Manfaat Retinol

Saat ini ada banyak bahan aktif untuk produk skincare, salah satunya retinol. Retinol merupakan bahan aktif yang berasal dari vitamin A dan kandungan senyawanya memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Mulai dari memperbaiki tekstur kulit, mengatasi jerawat, hingga ampuh untuk mencegah penuaan dini. Seperti bahan aktif skin care yang lainnya, penggunaan retinol harus sesuai aturan agar terhindar dari iritasi dan kulit bisa mendapat manfaatnya.

Manfaat Retinol - Produk Retinol
(Foto: freepik.com/Freepik)

Sebagai salah bahan utama dalam produk skincare anti-aging, retinol dinilai mampu memicu produksi kolagen, mempercepat regenerasi sel kulit mati hingga menghaluskan tekstur kulit. Semua jenis retinol biasanya akan memberikan hasil yang nyata setelah pemakaian dalam jangka panjang pada kulit. Umumnya kulit akan menunjukkan perkembangan setidaknya setelah tiga bulan aplikasi produk retinol. Ada banyak  alasan mengapa skincare dengan bahan aktif yang satu ini banyak dipilih. Berikut manfaat retinol untuk kulit.

1. Mengobati jerawat

Pertama, retinol mampu mengatasi jerawat. Untuk mengobati jerawat dengan keparahan yang ringan hingga sedang, dokter kerap meresepkan produk skin care atau obat yang mengandung retinol. Sebab, retinol mampu membuka pori-pori kulit sehingga obat jerawat bisa diserap dengan baik. Retinol juga bisa mengurangi kelebihan produksi minyak di kulit sehingga mampu mencegah jerawat muncul kembali. Selain itu, retinol juga membantu meredakan peradangan sehingga tidak akan terjadi pori-pori tersumbat yang menjadi awal terbentuknya jerawat.

2. Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penuaan dini di kulit, retinol bisa jadi solusi. Retinol, khususnya jenis tretinoin bisa mencegah munculnya garis halus di kulit atau keriput. Hal ini karena tretinoin mampu meningkatkan produksi kolagen serta merangsang aliran darah yang di bawah kulit. Kulit menjadi jauh lebih sehat dan flek hitam akan memudar. Senyawa ini menghalau sinar ultraviolet berlebih pada wajah. Tretinoin juga bisa mengurangi actinic keratosis (bintik kulit pemicu kanker). 

Retinol juga memperlambat proses penuaan pada kulit karena senyawa ini memelihara fungsi epidermis atau lapisan terluar kulit. Selain menjaga bagian epidermis pada kulit, retinol juga membuat kulit lebih terhidrasi dan bisa mencegah turunnya produksi kolagen. Hal ini membuat retinol sangat bermanfaat untuk melawan penuaan dini dan membuat kulit Anda tampak awet muda.

3. Mengendalikan gejala dari psoriasis

Retinoid jenis tazarotene bermanfaat bagi penderita psoriasis karena bisa membantu mengendalikan gejalanya. Tazarotene bisa menipiskan kulit yang bersisik, meredakan kemerahan, meredakan pembengkakan dan mengatasi psoriasis di kuku. Jika Anda menderita psoriasis, biasanya dokter akan meresepkan krim retinol untuk dioleskan sekali sehari saat sebelum tidur. Gel atau krim retinol untuk mengobati psoriasis bisa juga dikombinasikan dengan steroid.

4. Menghilangkan benjolan kecil (milia)

Berikutnya, retinol efektif untuk menghilangkan benjolan kecil (milia). Milia merupakan benjolan kecil yang tumbuh di sekitar dahi, hidung dan kelopak mata. Benjolan ini sulit dihilangkan. Namun, Anda bisa menghilangkan benjolan ini dengan serum retinoid, khususnya jenis tretinoin. Senyawa ini bisa menghilangkan milia dan mencegah tumbuhnya benjolan baru. Alhasil, tekstur kulit akan menjadi lebih rata.

5. Meratakan warna kulit 

Manfaat lain dari retinol yaitu membantu pergantian sel kulit dengan efek “pengelupasan”.  Hal ini membuat kulit yang tadinya kusam dan kering berganti menjadi kulit baru yang lebih cerah, dan warnanya  lebih merata, dipersenjatai dengan peningkatan kadar kolagen dan elastin berkat retinol. Penggunaan bahan retinol membuat kulit menjadi lebih kuat, tebal, lebih halus dan dan warnanya lebih merata.

6. Melembabkan kulit

Selain membuat warna kulit menjadi rata, retinol juga mampu melembabkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih kenyal. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering. Meski memiliki banyak manfaat, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan manfaat maksimal dan terhindar dari efek samping.

7. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain bisa memperbaiki tekstur kulit, retinol juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas pada kulit. Penggunaan retinol terbukti mampu dapat meningkatkan ketebalan pada lapisan epidermis kulit. Retinol juga mampu merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Seperti diketahui, kolagen bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit kering.

Manfaat Retinol - Beli Retinol dengan Pinjam Dana Tunai
(Foto: freepik.com/Freepik)

Itulah sederet manfaat retinol bagi kulit. Ingat, manfaat ini hanya bisa Anda dapat jika digunakan dengan dosis yang tepat. Pemakaian retinol secara berlebihan dan di luar resep dokter spesialis kulit bisa berisiko menyebabkan efek samping. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dan penggunaan di label kemasan pada produk skincare yang Anda gunakan.

Jika kulit Anda mengalami keluhan atau reaksi negatif, segera hentikan pemakaian produk tersebut  dan segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit. 

Tertarik untuk menggunakan retinol? Jika Anda sudah ingin membeli produk retinol tapi belum memiliki uang cash, Anda bisa melakukan pinjam uang online di SPinjam dan mengajukan pinjaman dana tunai hingga Rp12 Juta. Mudah dan bisa cair hari ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *