Danau Buyan Bali: Informasi Seputar Daya Tarik, Lokasi, HTM, Jam Buka, dan Ragam Aktivitas Menariknya

Temukan informasi terkini seputar wisata Danau Buyan Bali. Cek info harga tiket masuk Danau Buyan, lokasi, jam buka, dan ragam aktivitas menariknya.

Bukan hal sulit untuk menemukan tempat bersantai yang tenang dan memiliki pesona alam eksotis di Bali. Salah satunya adalah Danau Buyan. Kawan Dolan bisa mengunjunginya jika ingin suasana alam yang berbeda selain pantai.

Danau yang berada di Desa Pancasari ini menawarkan pesona alam yang masih sangat asri. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan saat berkunjung ke danau ini.

Lebih lengkapnya, yuk, simak info terkini seputar wisata di Danau Buyan Bali. Kami ulas seputar daya tariknya, aktivitas seru untuk para pengunjung, lokasi, hingga harga tiket masuk Danau Buyan.

Danau Buyan Bali
Pic: Google

Daya Tarik Danau Buyan

Banyak wisatawan yang menyukai Danau Buyan. Terutama mereka yang butuh tempat liburan dengan suasana tenang, serta menawarkan udara bebas polusi.

Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau indah yang ada di kawasan Buleleng Bali. Posisinya berada di antara dua danau lainnya, yaitu Danau Beratan dan Danau Tamblingan. Dari ketiganya, Danau Buyan adalah yang terbesar. Luasnya mencapai 490 hektar.

Danau Buyan memiliki pesona alam yang masih sangat alami karena merupakan kawasan Taman Wisata Alam yang ditetapkan oleh pemerintah. Sekitarnya dikelilingi oleh hutan tropis seluas 15.000 hektar.

Kelestarian hutannya masih sangat terjaga. Tidak heran jika pemandangannya serba hijau menyegarkan mata. Udaranya pun terasa bersih dan sejuk.

Danau Buyan wisata Alam di Bali
Pic: Google Maps

Dalam perjalanan menuju Danau Buyan, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang menawan. Di kejauhan ada pemandangan hiasan tebing-tebing kaldera.

Kalau jeli, dalam perjalanan kamu bisa menemukan titik persinggahan dengan fasilitas unik. Misalnya, rumah bambu dan ayunan berlatar danau yang keren untuk latar berfoto.

Kamu juga bisa menemukan warung-warung dan restoran yang berjejer di pinggir jalan. Singgahi sejenak salah satunya untuk beristirahat sembari mencicipi minuman dan camilan hangat.

Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk Danau Buyan

Danau Buyan berada di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali (cek Google Maps). Lokasinya mudah ditemukan sebab berada tidak terlalu jauh dengan objek wisata terkenal lainnya seperti Pura Ulun Danu dan Pantai Lovina.

Untuk menuju ke sana dari Denpasar, kamu bisa menempuh jalur darat dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan.

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Kamu bisa datang berkunjung kapan saja. Saat akhir pekan atau musim libur panjang, maka biasanya jumlah pengunjung akan lebih banyak dari hari biasa.

Harga tiket masuk Danau Buyan sebesar Rp10.000,00 per orang. Harga tersebut tidak termasuk biaya parkir, sewa lahan dan perlengkapan camping, serta fasilitas berbayar lainnya.



Aktivitas Menarik Untuk Mengisi Keseruan Liburan

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat liburan ke Danau Buyan. Dijamin seru dan menjadi pengalaman tidak terlupakan!

Aktivitas camping
Pic: instagram

1. Camping

Di sisi selatan danau terdapat spot perkemahan (camping ground). Area perkemahan tersebut berupa lapangan yang cukup luas dengan pepohonan rindang yang memberi nuansa teduh.

Untuk biaya sewa lahan camping Danau Buyan sebesar Rp20.000,00 per tenda. Kamu boleh membawa perlengkapan camping sendiri. Namun, kalau tidak ingin repot, kamu bisa menyewa tenda dan perlengkapan lainnya ke pengelola setempat dengan biaya yang masih terjangkau.

Ada beberapa titik yang bisa kamu pilih untuk mendirikan tenda. Tiap titik tersebut dilengkapi dengan pos penjagaan. Titik pertama adalah lahan yang berada persis dekat pinggir danau. Titik kedua lebih dekat dengan area yang sering digunakan untuk memancing dan juga rumah-rumah penduduk.

Sementara itu, kalau kamu lebih suka tempat yang sepi, cobalah di titik ketiga. Titik ketiga letaknya berada agak ke dalam hutan di dekat danau.

Kalau kamu tertarik untuk camping, jangan lupa membekali diri dengan pakaian tebal, topi hangat, kaos kaki, dan sarung tangan. Berada di ketinggian lebih dari 1000 mdpl membuat udara di sekitar danau cukup dingin, terutama saat malam hari.  

2. Trekking

Kalau kamu suka aktivitas yang lebih menantang, cobalah untuk menjajal jalur trekking di kawasan Danau Buyan. Banyak titik yang cukup menantang di sepanjang perjalanan dan akan menguji adrenalinmu.

Walaupun melelahkan, tetapi suguhan pemandangan alam ala hutan tropis akan membuatmu tetap bersemangat!

3. Memetik Strawberry

Penduduk sekitar memanfaatkan lahan di sekitar danau untuk bercocok tanam. Salah satunya adalah menanam strawberry.

Ada beberapa kebun strawberry yang bisa kamu singgahi. Di sana, kamu bisa membeli strawberry segar dengan harga yang terbilang murah. Ada juga beberapa produk olahan berbahan strawberry.

Pengelola kebun biasanya juga memperbolehkan pengunjung untuk memetik langsung strawberry di kebun. Kamu bisa mencoba sensasi berkeliling kebun strawberry sembari memetik buah kecil merah ini langsung dari kebunnya.

Memetik strawberry langsung dari kebunnya cocok dilakukan terutama oleh kamu yang berkunjung bersama keluarga. Apalagi jika ada anak kecil, maka memetik strawberry bisa sekaligus menjadi sarana edukasi.

Wisata petik strawberry bali
Wisata petik strawberry Danau Buyan Bali (Pic: Google)

4. Memancing

Aktivitas menarik lainnya yaitu memancing. Ada berbagai jenis ikan di danau ini. Kalau tidak membawa perlengkapan memancing, maka pengelola sudah menyediakan persewaan alat pancing dengan harga yang bervariasi.

Aktivitas memancing ini kian menyenangkan karena suasana sekitarnya tenang, pemandangannya asri, serta udaranya pun sejuk.

5. Berfoto

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan, maka aktivitas berfoto tentu tidak boleh kamu lewatkan. Baik itu saat berada di sekitar danau, maupun di spot lainnya.

Pengelola juga menyediakan spot foto yang instagrammable, yaitu spot foto ayunan. Latarnya tentu saja danau dan hutan yang memesona!

Fasilitas di Danau Buyan

Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola sudah menyediakan banyak fasilitas menarik. Ada yang boleh dipergunakan secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Berikut ini daftar fasilitas yang tersedia:

– Toilet

Camping ground

– Gazebo

– Warung makan

– Area parkir (Rp3.000,00 per sepeda motor, Rp5.000,00 per mobil)

– Persewaan alat camping (berbayar)

– Persewaan alat mancing (berbayar)

Spot foto ayunan (berbayar Rp10.000,00 per orang)

wisata danau buyan bali harga tiket masuk
Pic: Google

Penginapan di Sekitar Danau Buyan

Untuk kamu yang ingin menginap di sekitar kawasan Danau Buyan, maka berikut ini beberapa rekomendasi penginapan terdekat. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera dan budget liburanmu.

  1. Giriwood Bali (1,7 km)
  2. The Garuda Villa & Restaurant (2,0 km)
  3. The Buyan Villas Resort (4,6 km)
  4. Elevate Bali by Hanging Garden Munduk (7,5 km)
  5. Bali Rahayu Homestay (13,5 km)

Penutup

Itulah informasi seputar wisata Danau Buyan. Danau ini memang tidak begitu tenar di kalangan wisatawan jika dibandingkan dengan Danau Batur atau Danau Beratan. Namun, berkunjung ke danau yang satu ini tentu bisa menjadi pilihan lain saat berwisata ke Bali. Utamanya, jika kamu ingin tempat yang masih sangat asri dan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *