Wisata Solo, Pertunjukan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang

Salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan adalah Solo (Surakarta). Tak hanya kulinernya, Solo juga memiliki daya tarik budaya yang sangat kental. Beragam objek wisata dan pertunjukan budaya sering digelar. Ini menjadi hiburan yang sangat diminati oleh banyak wisatawan. Nah kalau Kawan Dolan berkunjung ke Solo dan jadwalnya tepat, ada sebuah pertunjukan yang sayang jika dilewatkan. Pertunjukan ini hanya digelar tiap sebulan sekali saat padhang bulan (terang bulan). Pertunjukan tersebut adalah Sendratari Ramayana.

Pementasan Sendratari Ramayana dilakukan di Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Solo. Taman Balekambang memang sering menjadi tempat berbagai pertunjukan seni budaya tradisional maupun modern. Pertunjukan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang ini terbuka untuk umum dan tak dipungut biaya. Gratis!

Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang Solo

Kisah Yang Ditampilan di Sendratari Ramayana Taman Balekambang

Pertunjukan Sendratari Ramayana ini sudah terjadwal dengan baik. Di tiap bulannya, sanggar yang membawakan kisah cinta Rama dan Shinta ini selalu berbeda-beda. Mereka tampil secara bergiliran memainkan lakon yang berbeda pula. Walaupun begitu, jalan ceritanya selalu berkesinambungan.

Di Januari misalnya, Sayembara Mantili dipertunjukan sebagai pembuka rangkaian kisah cinta antara Rama dan Shinta. Pada bulan-bulan selanjutnya, berturut-turut akan dipentaskan lakon Rama Tundung, Sinta Ilang, Lahirnya Anoman, Geger Gua Kiskenda, Anoman Obong, Rama Tambak, Sarpa Kenaka – Prahasta Gugur, Kumbakarna Senopati, Brubuh Alengka, Sinta Obong, hingga pada Desember ditutup dengan lakon Usyalawa (Sinta Tudung).

Sendratari Ramayana Taman Balekambang Solo
Sendratari Ramayana Bisa Jadi Pilihan Hiburan di Solo. Foto : fokusjateng.com

Khusus pada bulan Oktober, selain lakon Brubuh Alengka, biasanya akan ada jadwal pertunjukan tambahan yang menampilkan kisah Ramayana Full Story. Pertunjukan tambahan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Taman Balekambang.

Hiburan Yang Tak Membosankan

Pertunjukan Sendratari Ramayana biasanya akan dimulai pada pukul 19.30 WIB di area panggung terbuka Taman Balekambang. Panggung terbuka ini ditata dengan menarik dan dilengkapi dengan lampu sorot di tiap sudutnya. Penonton yang datang akan diminta duduk di bangku yang tersusun membentuk setengah lingkaran mengitari panggung. Namun jika cuaca tak bersahabat, pertunjukan akan dipindah ke area di dalam Gedung Kesenian Balekambang.

Wisata Solo, Sendratari Ramayana Taman Balekambang Solo
Lakon Anoman Obong. Foto : tribunsolo.com

Menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana akan memberikan pengalaman yang berbeda saat berada di Solo. Penonton akan dibuat terpukau oleh gerakan-gerakan tarian yang berpadu indah dengan suara musik dan nyanyian merdu sinden. Jalan cerita yang ditampilkan tak sulit untuk diikuti oleh penonton yang bahkan mungkin belum begitu paham pada kisah Rama dan Shinta. Tak jarang para penari juga akan berada di tengah-tengah penonton sehingga tercipta interaksi singkat yang menambah gejolak emosional saat menonton pertunjukan. Dijamin tak akan bosan!

————

Sendratari Ramayana 2018 - eventsolocom
Sendratari Ramayana. Foto : eventsolo.com

Nah, yakin Kawan Dolan mau melewatkan pertunjukan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang yang memukau ini? Kalau jadwal pertunjukannya pas dengan kedatanganmu di Solo, pastikan untuk menontonnya ya.

2 tanggapan pada “Wisata Solo, Pertunjukan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang”

    1. Iya, sendratari ramayana ini memang menarik. Semoga makin banyak anak-anak muda yang tetap menyukai pertunjukan seperti ini ya. Terima kasih sudah mampir Mas Adi. Salam kenal dari kami 🙂

Tinggalkan Balasan