5 Tips Traveling Saat Bulan Puasa

Tak terasa sudah lebih dari 1 minggu kita menjalankan ibadah puasa. Semoga lancar semua sampai akhir ya, Kawan Dolan. Nah, kira-kira, ada yang lagi galau pengen traveling tapi bingung karena takut nanti puasanya batal karena kelelahan? Kalian bisa kok tetap jalan-jalan walaupun sedang berpuasa. Beberapa tips traveling saat bulan puasa ini bisa kalian coba, lho.

Susun rencana perjalanan/itinerary yang tak terlalu padat

Tips Traveling Saat Bulan Puasa
Pic: sahabatmarina.com

Jika biasanya kalian mengunjungi banyak tempat dengan banyak aktivitas saat liburan, kali ini kurangi dulu ya Kawan Dolan. Hal ini perlu dilakukan agar kalian bisa menikmati waktu liburan dengan santai dan tak terburu-buru.

Hindari aktivitas liburan outdoor yang ekstrim

Tips Traveling
Wisata Sejarah dan Budaya Bisa Jadi Pilihan

Pilih wisata yang tak banyak menguras banyak energi. Wisata sejarah, wisata budaya, atau wisata religi bisa jadi alternatif pilihan. Rata-rata ketiganya bisa dijelajahi dengan santai dan ada yang tersedia di area indoor. Wisata alam juga bisa sih, tapi sekali lagi, jangan yang ekstrim ya. Pilih yang bisa santai-santai menikmati alam saja.

Bawa bekal minuman dan camilan untuk persediaan buka puasa

Bawa Bekal Minuman dan Camilan Saat Traveling di Bulan Puasa
Pic: travelingyuk.com

Keseruan di tempat wisata seringkali bikin lupa waktu. Kemungkinan terlambat keluar dari tempat wisata bisa saja terjadi. Daripada jadi terlambat berbuka karena belum menemukan warung makan, maka bekali diri dengan minuman dan camilan ringan ini. Ketika nanti tiba waktunya berbuka, kalian bisa langsung makan dan nyemil dulu untuk membatalkan puasa.

Jangan lewatkan waktu makan sahur

tips traveling saat bulan puasa - jangan lewatkan makan sahur
Pic: tribunnews.com

Waktu makan sahur ini penting sekali dan tak boleh dilewatkan jika kalian akan bepergian. Dari makan sahur inilah kalian bisa mengisi asupan energi untuk beraktivitas seharian. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, air putih yang cukup, dan buah-buahan. Bila perlu, minum suplemen/vitamin tambahan.

Usahakan mencari tahu waktu ibadah dan tempat ibadah terdekat di tempat wisata.

tips traveling saat puasa
Pic: belitung.tribunnews.com

Saat menyusun rencana perjalanan di awal, kalian bisa sekalian mencari tahu tentang jam-jam sholat di tempat yang akan dikunjungi dan kemudahan akses tempat ibadahnya. Bisa melalui internet ataupun aplikasi di ponsel. Cara lain, kalian bisa bertanya langsung pada petugas di tempat wisata atau warga setempat. Pasti rasanya lebih adem dan nyaman kan kalau tetap bisa menjalankan ibadah dengan teratur.

———

Nah, semoga tips traveling saat bulan puasa ini cukup membantu ya Kawan Dolan.

Tinggalkan Balasan