5 Tips Traveling Saat Bulan Puasa

Tidak terasa sudah lebih dari 1 minggu kita menjalankan ibadah puasa. Semoga lancar semua sampai akhir ya, Kawan Dolan. Nah, kira-kira, ada yang lagi galau pengen traveling, tapi bingung karena takut nanti puasanya batal atau tidak maksimal? Tenang! Kalian bisa tetap jalan-jalan walaupun sedang berpuasa. Ada beberapa tips traveling saat bulan puasa yang bisa kalian coba. Mulai dari menyusun itinerary yang tidak terlalu padat, menghindari aktivitas ekstrim, hingga memilih bekal yang tepat. Yuk, kita bahas satu persatu, ya.

1. Susun rencana perjalanan (itinerary) yang tidak terlalu padat

Tips Traveling Saat Bulan Puasa
Gambar: sahabatmarina.com

Jika biasanya kalian berlibur dengan mengunjungi banyak tempat, kali ini kurangi dulu, ya, Kawan Dolan. Cukup kunjungi satu atau dua tempat wisata saja. Tujuannya agar kalian bisa menikmati waktu liburan dengan lebih santai. Bayangkan kalau dalam satu hari ada banyak tempat wisata yang harus dikunjungi? Pasti kalian akan terburu-buru agar bisa selesai jalan-jalan sebelum jam berbuka puasa ‘kan? Aktivitas yang dilakukan dengan tergesa-gesa ini justru akan membuat kalian menjadi lebih cepat lelah. 

2. Hindari aktivitas liburan outdoor yang ekstrim

Tips Traveling
Wisata Sejarah dan Budaya Bisa Jadi Pilihan

Tips traveling saat bulan puasa yang berikutnya adalah memilih aktivitas liburan yang tidak ekstrim. Saran kami, pilihlah aktivitas wisata yang tidak banyak menguras energi. Wisata sejarah, wisata budaya, atau wisata religi bisa menjadi alternatif pilihan. Rata-rata ketiganya bisa dijelajahi dengan santai. Lokasinya juga biasanya ada yang tersedia di area indoor. Berwisata di area indoor akan lebih nyaman untuk kalian yang sedang berpuasa. Apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya. 

3. Bawa bekal minuman dan camilan untuk persediaan buka puasa

Bawa Bekal Minuman dan Camilan Saat Traveling di Bulan Puasa
Gambar: travelingyuk.com

Keseruan di tempat wisata seringkali membuat kita lupa waktu. Akibatnya, kemungkinan terlambat keluar dari tempat wisata bisa saja terjadi. Nah, daripada terlambat berbuka karena belum menemukan warung makan, maka bekali diri dengan minuman dan camilan ringan. Misalnya, air mineral, biskuit, atau roti. Ketika nanti tiba waktunya berbuka, kalian bisa langsung minum dan nyamil dulu untuk membatalkan puasa.

4. Jangan lewatkan waktu makan sahur

 jangan lewatkan makan sahur
Pic: tribunnews.com

Waktu makan sahur penting sekali dan tidak boleh terlewatkan jika kalian akan bepergian. Dari makan sahur inilah kalian bisa mengisi asupan energi untuk beraktivitas seharian. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, air putih yang cukup, dan buah-buahan. Bila perlu, minum suplemen/vitamin tambahan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

5. Usahakan mencari tahu waktu ibadah dan tempat ibadah terdekat di tempat wisata

liburan saat puasa
Pic: belitung.tribunnews.com

Saat menyusun rencana perjalanan (itinerary), kalian bisa sekalian mencari tahu tentang jam-jam sholat di tempat yang akan dikunjungi. Selain mencari tahu via internet, kalian juga bisa mengunduh aplikasi khususnya. Selain itu, cek juga info seputar kemudahan akses menuju tempat ibadah yang ada di dekat tempat wisata. Baik itu musala atau masjid terdekat. Kenapa hal ini juga perlu kalian lakukan? Pasti rasanya lebih adem dan nyaman saja kan kalau kalian tetap bisa menjalankan ibadah dengan teratur walaupun sedang traveling?! 

—–

Nah, itulah tips traveling saat bulan puasa yang bisa kalian coba. Semoga cukup membantu. Kalau kalian punya tips lain berdasarkan pengalaman pribadi, boleh bagikan melalui kolom komentar, ya. 

One Reply to “5 Tips Traveling Saat Bulan Puasa”

  1. Halo gan. abis puasa biasanya pas lebaran banyak orang yg liburan. Nah untuk yg mo liburan pas lebaran jgn lupa pesen jauh2 hari tiket dan hal lainnya. spt hotel sewa mobil atau pesen paket wisata sekalian kudu jauh2 hari ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *