7 Tips Memilih Stroller Untuk Traveling

Bepergian dengan membawa bayi atau balita kadang merepotkan jika tidak memiliki stroller yang sesuai dengan kebutuhan traveling. Selain kita sendiri akan cepat lelah, si kecil pun akan merasa tidak nyaman berada di dalamnya sehingga mudah rewel. Jadi, bagi Kawan Dolan yang sedang berencana membeli stroller untuk dibawa bepergian, wajib teliti dalam memilih. Caranya bagaimana? Yuk, disimak 7 tips memilih stroller untuk traveling berikut ini.

Tips Memilih Stroller Untuk Traveling
pic: blogframeatrip.com
Rangka Yang Kuat dan Ringan

Pilih rangka stroller yang kuat sehingga aman dan awet saat digunakan. Pilih juga yang bahannya ringan. Selama traveling, mobilitas pasti akan sangat tinggi. Mau tidak mau dalam beberapa kondisi, selain didorong, stroller juga harus diangkat. Jadi pastikan stroller yang dibeli tergolong lightweight stroller sehingga memudahkan untuk dibawa atau ditenteng.

Mudah Dilipat dan Ukurannya Ringkas

Ketika traveling, ada saatnya stroller perlu dilipat terlebih dahulu sebelum nantinya bisa digunakan kembali. Misalnya saja saat kita harus menggunakan kendaraan untuk berpindah ke lokasi lain. Memiliki stroller yang mudah dilipat tentu akan lebih praktis dan sangat menghemat waktu.  Apalagi jika ukurannya ringkas, pastinya lebih hemat tempat saat dibawa ke dalam kendaraan.

Memiliki Roda Yang Kuat dan Manuvernya Baik

Jika sudah mendapatkan stroller dengan rangka yang kuat, maka pastikan juga stroller tersebut memiliki roda yang kuat. Kondisi jalanan di Indonesia banyak yang kurang mulus, berlubang, atau malah berbatu. Dengan roda stroller yang kuat maka akan memudahkan ketika melewati jalanan yang kondisinya kurang baik. Pastikan juga roda stroller bermanuver dengan baik. Bisa digerakkan maju mundur dengan lancar, bisa berbelok dengan aman, tidak goyang, keseimbangannya baik, dan tidak mudah tergelincir.

Ada Kanopi dan Tempat Penyimpanan

Stroller yang dilengkapi kanopi akan sangat membantu untuk melindungi anak dari paparan sinar matahari. Di beberapa stroller malahan ada yang kanopinya sudah dibuat menggunakan bahan khusus yang mampu menangkal sinar UV dengan sangat baik. Selain itu, ketersediaan tempat penyimpanan pada stroller akan memudahkan untuk meletakkan barang kebutuhan anak.

Sandaran dan Alas Duduk Yang Nyaman

Agar si kecil nyaman dan tidak cepat lelah, pilih stroller dengan sandaran yang kokoh serta bahan pelapisnya tebal. Bahan pelapis yang tebal juga akan membantu agar bagian belakang si kecil aman dari benturan. Periksa juga seberapa banyak sandaran ini bisa digerakan sudut kemiringannya. Apakah hanya bisa untuk duduk, atau bisa diubah hingga memungkinkan untuk posisi berbaring. Untuk alas duduknya, pilih alas yang empuk, menggunakan bahan yang halus, dan tidak membuat gerah.

Cek Kapasitas Maksimal Berat Badan Untuk Stroller

Tiap stroller memiliki kapasitas maksimal berat badan. Jika digunakan oleh anak yang berat badannya melebihi kemampuan stroller, biasanya akan menjadi tidak stabil. Kondisi ini pastinya sangat tidak aman. Maka, cek dulu kapasitasnya, dan sesuaikan dengan berat badan si kecil.

Cek Fitur Pendukung Keamanan

Fitur pendukung keamanan yang tersedia pada stroller merupakan syarat penting. Terlebih jika tujuannya untuk dibawa traveling. Fitur pendukung keamanan pada stroller yang pertama adalah rem pada roda. Pastikan rem pada roda dapat mengunci dengan baik, dan posisinya tidak mudah dijangkau oleh si kecil. Rem roda yang mengunci dengan baik dapat memberikan keamanan pada saat stroller berhenti, ataupun saat didorong pada jalan menanjak/menurun.

Selanjutnya, cek sabuk pengaman yang tersedia pada stroller. Sabuk pengaman yang ideal jika stroller ingin dibawa traveling minimal memiliki 5 titik pengaman. 5 titik pengaman ini akan ikut menjaga bagian pinggang, bahu, dan di antara kaki.

***

Tips Memilih Stroller Untuk Traveling
Pic: popmama.com

Sekian 7 tips memilih stroller untuk traveling. Harga stroller yang memenuhi standar minimal seperti di atas rata-rata memang agak mahal. Namun tentu sebanding dengan kualitas dan fungsinya. Jika Kawan Dolan sudah memiliki beberapa incaran stroller, coba coba bandingkan dulu spesifikasi dan harga jual yang paling pas dengan budget. Jangan sampai salah pilih ya.

Tinggalkan Balasan