5 Tempat Wisata di Kota Makassar Yang Wajib Dikunjungi

Kota Makassar menjadi salah satu tempat yang bisa dituju untuk liburan. Tidak hanya terkenal sebagai kota transit dan perdagangan, Makassar juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Kali ini kami akan membagikan rekomendasi 5 tempat wisata di Kota Makassar. Terutama untuk Kawan Dolan yang baru pertama kali ke Kota Makassar, jangan sampai dilewatkan berkunjung ke 5 tempat berikut ini.

    • Museum Kota Makassar

Bangunan Museum Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Balaikota No. 11 ini bergaya art deco khas bangunan Eropa. Dibangun sekitar tahun 1916 pada masa penjajahan Belanda. Sempat dijadikan Kantor Walikota Makassar, lalu pada Juni 2000 dialihfungsikan sebagai Museum Kota Makassar.

5 tempat wisata di makassar
Pic: jejakpiknik.com

Terdapat ratusan koleksi apik yang menampilkan tentang identitas dan sejarah Kota Makassar, juga kebudayaan masyarakat Sulawesi Selatan. Jenisnya mulai dari benda-benda arkeologi, bola-bola meriam, dokumen, mata uang, hingga keramik. Museum Kota Makassar buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-19.00 WIB.

    • Benteng Fort Rotterdam

Berlokasi di Jalan Ujung Pandang, Fort Rotterdam menjadi tempat wisata sejarah yang tidak kalah menarik di Kota Makassar. Benteng yang dibangun pada 1545 tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Pengunjung bisa menikmati arsitektur benteng dan bangunan-bangunan menarik yang ada di dalam kawasan Fort Rotterdam. Buka setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB. Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke area benteng. Pengunjung dipersilakan membayar secara sukarela.

 Fort Rotterdam & Museum La Galigo - Wisata Makassar

Selain menikmati arsitektur kawasan benteng yang menawan, Kawan Dolan juga bisa mampir ke Museum La Galigo yang berada di bagian dalam benteng. Di Museum La Galigo, ada ribuan koleksi benda dan referensi seputar sejarah kebesaran Kerajaan Gowa, serta kebudayaan suku-suku di Sulawesi Selatan. Harga tiket masuk Museum La Galigo sebesar Rp 10.000,00/orang.

    • Pantai Losari

Agenda liburan kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pantai Losari yang menjadi icon Kota Makassar. Pantai ini bisa dikunjungi 24 jam dan tidak ada tarif masuk khusus. Oleh warga lokal, terutama anak mudanya, Pantai Losari menjadi tempat favorit untuk bersantai , berfoto, dan menikmati matahari terbenam.

5 Tempat Wisata di Kota Makassar

Tidak heran jika biasanya lebih ramai dikunjungi pada sore hingga malam hari. Kawan Dolan juga bisa wisata kuliner di Pantai Losari. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Makassar seperti pisang eppe dan aneka makanan laut.  

    • Pulau Lae-Lae

Pulau kecil yang satu ini mungkin tidak setenar Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng. Namun, lokasinya lebih dekat dari Kota Makassar. Cukup menyeberang dengan perahu motor kurang lebih 15 menit saja dari Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga di depan Fort Rotterdam. Tarif sekali jalan berkisar antara Rp 15.000,00 – Rp 25.000,00 per orang.

Senja di Pulau Lae-Lae, Makassar, Sulawesi Selatan

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Lae-Lae adalah menjelang sore hari. Kawan Dolan bisa bersantai di Pulau Lae-Lae sembari menikmati pemandangan senja cantik berlatar laut lepas dan kapal-kapal nelayan.

    • Jalan Sumba Opu

Liburan ke Kota Makassar jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya untuk kenang-kenangan pribadi atau diberikan kepada keluarga/kerabat. Jalan Sumba Opu menjadi tempat wisata belanja yang tepat untuk dituju jika ingin berburu beragam jenis oleh-oleh khas Kota Makassar. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Losari.

Jalan Sumba Opu, Surga Wisata Belanja di Kota Makassar

Di Jalan Sumba Opu Kawan Dolan bisa menemukan banyak sekali toko-toko yang menjual aneka kerajinan tangan, kain sutera, perhiasan emas, obat tradisional, makanan ringan, hingga minuman khas.

***

5 tempat wisata di Kota Makassar tersebut bisa dituju dengan mudah karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota. Ada banyak pilihan transportasi umum (pete-pete, ojek online, bentor, dll) yang bisa digunakan jika Kawan Dolan tidak membawa kendaraan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *