Itinerary Semarang: 2 Hari 1 Malam Jelajah Kota Atlas

Halo, Kawan Dolan! Siapa yang sudah bertekad mau pergi liburan ketika badai Covid-19 mereda? Ayo, acung jari! Kira-kira, kamu mau liburan kemana? Salah satu pilihan tempat liburan selepas pandemi yang kami rekomendasikan adalah Kota Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini menyimpan banyak potensi wisata yang menarik. Apalagi kalau kamu adalah penggemar wisata heritage, budaya, sejarah, dan kuliner! Dijamin bakal senang sekali berlibur ke sini. Nah, khusus untuk kamu yang baru pertama kali liburan ke Kota Semarang, maka kami akan membagikan itinerary Semarang untuk 2 hari 1 malam.

Itinerary Semarang ini terutama cocok untuk kamu yang jatah waktu liburnya mepet atau hanya ada di akhir pekan saja. Bahkan, tempat-tempat yang kami rekomendasikan rata-rata lokasinya mudah dicapai dan dekat dengan pusat kota. Jadi, kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Selama 2 hari 1 malam di Semarang, nantinya kamu bisa:

– Menjelajahi pesona bangunan-bangunan tua berarsitektur menawan.

– Menikmati kentalnya perpaduan budaya di Semarang.

– Mencicipi berbagai kuliner Semarang yang khas.

Menarik, kan? Jadi, langsung simak itinerary Semarang 2 hari 1 malam ini sampai selesai, ya. Siapa tahu itinerarynya bisa menjadi referensi kamu untuk langsung angkat ransel selepas pandemi nanti.

Itinerary Semarang - Wisata di Semarang
Itinerary Semarang (Foto: @jejakdolan)

ITINERARY SEMARANG – HARI 1

· PAGI

1. Sarapan dulu, yuk! Nikmati hangatnya Soto ala Semarang

Setelah lelah menempuh perjalanan menuju Kota Semarang, maka kamu perlu sarapan dulu untuk mengisi tenaga. Cobalah mencicipi salah satu menu sarapan warga lokal, yaitu Soto Semarang. Harga semangkok Soto Semarang tergolong ramah di kantong. Berbekal Rp16.000,00 saja, maka kamu sudah bisa menikmati hangatnya semangkok Soto Semarang.

Soto Semarang ini isiannya cukup sederhana, yaitu nasi, suwiran ayam, kecambah, so’un, dan sedikit taburan bawang putih goreng. Kuahnya yang bening disajikan panas dalam mangkok berukuran kecil. Biasanya, ada berbagai pilihan lauk pelengkap yang tersedia sebagai menu pendamping. Misalnya, tempe goreng, tahu goreng, perkedel, mendoan, sate telur puyuh, sate kerang, sate hati, kerupuk, dan lain sebagainya. Kisaran harga menu pelengkap ini, yaitu mulai dari Rp1.000,00 sampai dengan Rp6.000,00. 

Soto Semarang yang enak di mana? Ada banyak tempat makan soto enak di Semarang. Namun, 7 tempat ini biasanya paling sering kami kunjungi karena rasa sotonya yang nikmat dan selalu bikin ketagihan. Rekomendasi soto enak di Semarang favorit kami, yaitu:

Soto Bokoran

Jalan Plampitan No. 55, Semarang Tengah, Kota Semarang

Soto Selan

Jalan Depok No. 36D, Semarang Tengah, Kota Semarang

Soto Pak Man

Jalan Pamularsih Raya No. 32, Semarang Barat, Kota Semarang

Soto Bangkong

Ruko Bangkong Plaza Jalan Brigjen Katamso No. 1, Semarang Selatan, Kota Semarang

Soto Pak Yan

Jalan Sambiroto Raya No. 1, Tembalang, Kota Semarang

Soto Pak No

Jalan Kaligarang Raya, Semarang Tengah, Kota Semarang

Soto Pak Darno

Jalan M.H. Thamrin No. 88, Semarang Tengah, Kota Semarang

2. Itinerary Semarang: Wisata ke Sam Poo Kong

Lokasi

Jl. Simongan, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB

Harga tiket masuk Klenteng Sam Poo Kong

Weekdays (Senin – Jumat)

Rp10.000,00/orang (tiket umum dewasa)

Rp30.000,00/orang (tiket terusan dewasa)

Rp5.000,00/orang (tiket umum anak)

Rp15.000,00/orang (tiket terusan anak)

 

Weekend (Sabtu, Minggu, Libur Nasional)

Rp15.000,00/orang (tiket umum dewasa)

Rp35.000,00/orang (tiket terusan dewasa)

Rp10.000,00/orang (tiket umum anak)

Rp15.000,00/orang (tiket terusan anak)

Setelah sarapan, mumpung cuaca belum terlalu terik, maka kamu bisa memulai petualangan di Kota Semarang dengan mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong. Lokasinya berada di Jalan Simongan, persis di pinggir jalan besarnya. Oleh sebab itu, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan klenteng ini. 

Di Klenteng Sam Poo Kong, selain menikmati arsitektur bangunannya, kamu juga bisa belajar banyak soal sejarah dan perpaduan budaya. Ada juga patung Laksamana Cheng Ho berukuran sangat besar di bagian halaman dalam klenteng. Kalau ingin menikmati lebih banyak hal menarik seperti relief, pohon rantai, fushimi inari, atau foto kostum, maka belilah tiket terusan karena paket wisatanya lebih komplit. Selain itu, kamu bisa membayar biaya tambahan Rp35.000,00 jika ingin berkeliling Sam Poo Kong bersama pemandu. Meskipun harus mengeluarkan budget lebih, tetapi saat berkeliling bersama pemandu, kamu akan mendapatkan lebih banyak kisah-kisah menarik tentang klenteng ini secara mendetail.  

Untuk menuju ke Klenteng Sam Poo Kong, ada beberapa pilihan transportasi, yaitu kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) atau transportasi umum (taksi, ojek, Bus Trans Semarang).

· SIANG

1. Wisata ke Lawang Sewu

Lokasi

Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 07.00 – 21.00 WIB

Harga tiket masuk Lawang Sewu

Rp20.000,00/orang (dewasa)

Rp10.000,00/orang (anak)

Setelah puas di Klenteng Sam Poo Kong, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Lawang Sewu. Jaraknya cukup dekat dari Klenteng Sam Poo Kong. Lawang Sewu merupakan salah satu icon khas Kota Semarang. Lawang Sewu berada di lokasi yang strategis, yaitu di kawasan sekitar Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. 

Di Lawang Sewu kamu bisa menikmati keindahan arsitektur gedung bernuansa lawas. Kemudian, kamu juga bisa melihat berbagai informasi menarik seputar sejarah perkeretaapian. Dulunya, Lawang Sewu merupakan gedung yang digunakan oleh Nederlands – Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), sebuah maskapai perkeretaapian yang pernah beroperasional di Semarang. Gedung ini memiliki gaya arsitektur khas yang menawan dengan ciri dominan berupa elemen lengkung yang sederhana. Ada banyak sekali jendela dan pintu yang sengaja dibuat sebagai sistem sirkulasi udara. Oleh sebab itu, banyak orang menjuluki gedung ini sebagai “lawang sewu” (seribu pintu).

Di Lawang Sewu juga terdapat ornamen kaca patri dari pabrikan Johannes Lourens Schouten. Gambar yang terdapat pada kaca patri ini menceritakan tentang beberapa hal, yaitu kemakmuran dan keindahan Jawa, kekuasaan Belanda atas Semarang dan Batavia, kota maritim, dan kejayaan kereta api. 

Untuk menuju Lawang Sewu kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Untuk transportasi umum, maka ada pilihan taksi dan ojek online. Selain itu, ada juga Bus Trans Semarang. Harga tiketnya lebih terjangkau, yaitu hanya Rp3.000,00 per orang.

2. Mampir ke Tugu Muda

Lokasi

Jl. Pandanaran, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk Tugu Muda

Gratis

Persis di seberang Lawang Sewu, ada Tugu Muda yang berdiri gagah. Meskipun cuaca di Kota Semarang cukup panas, tetapi tidak ada salahnya kamu mampir sebentar ke Tugu Muda. Tugu Muda merupakan monumen peringatan dari peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi warga Semarang. Dulunya, peristiwa ini terjadi salah satunya di dekat kawasan Tugu Muda. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berkunjung ke Tugu Muda karena tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung. Jadi, kamu bisa mengaksesnya secara gratis.

Di Tugu Muda bisa ngapain saja? Banyak! Misalnya, kamu bisa berfoto dan bersantai di area taman Tugu Muda yang ditata dengan sangat asri. Kamu juga akan disuguhkan suasana keramaian di pusat Kota Semarang yang sangat khas. Selain itu, pada kaki-kaki tugu ini kamu bisa melihat ukiran detail rangkaian kisah sejarah pertempuran lima hari Semarang.

3. Makan siang dengan menu tahu gimbal

Untuk mengisi kembali tenaga sebelum melanjutkan jelajah Semarang, maka kamu wajib mampir makan siang dulu, ya! Mumpung di Semarang, cobalah kuliner khasnya. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah tahu gimbal.

Apa itu tahu gimbal? Tahu gimbal adalah kuliner khas Semarang yang menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Isian seporsi tahu gimbal yaitu potongan tahu goreng, kol mentah yang diiris tipis, toge, lontong, telur, dan gimbal (semacam bakwan udang). Semua isian tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang dan diberi taburan bawang goreng. Citarasanya dominan gurih dan manis. Namun, untuk kamu yang suka pedas juga bisa request dibuatkan bumbu kacang yang pedas. Jadi, kamu wajib mencobanya, ya! Beberapa tempat makan tahu gimbal enak di Semarang yang menjadi favorit kami, yaitu:

Tahu Gimbal Pak H. Edy

Jl. Pandanaran Belakang STM 7 No. 2, Semarang Tengah, Kota Semarang

Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Jl. Plampitan No. 54, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Tahu Gimbal Pak To

Jl. Batan Selatan, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang

Tahu Gimbal Bang Toyib

Jl. Suratmo, Semarang Barat, Kota Semarang

Tahu Gimbal Bu Atin

Jl. MH Thamrin, Semarang Tengah, Kota Semarang

· SORE

1. Jelajah Kawasan Kota Lama

Lokasi

Jl. Letjen Suprapto, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk Kota Lama Semarang

Gratis

Setelah puas menyantap tahu gimbal, maka lanjutkan petualanganmu dengan menyusuri kawasan Kota Lama. Cara terbaik untuk menjelajahi kawasan ini adalah dengan berjalan kaki karena kamu akan menemukan banyak hal menarik. 

Kawasan Kota Lama Semarang terkenal dengan julukan “Little Netherland” karena suasananya seperti sedang berada di Eropa. Ada banyak gedung-gedung tua berarsitektur menawan peninggalan masa kolonial. Misalnya, Gedung Marba, Gereja Blenduk, Spiegel, Monodhuis, Gedung Marabunta, Semarang Art Gallery, Kantor Pos Besar, Gedung Bank Mandiri, Gedung Jiwasraya, dan kompleks Gereja Gedangan. Kalau lelah, maka kamu bisa beristirahat di dua taman yang terkenal di Kawasan Kota Lama, yaitu Taman Srigunting dan Taman Garuda.

Nah, untuk penggemar wisata kuliner, maka ada banyak pilihan tempat makan di Kota Lama yang bisa kamu tuju. Beberapa di antaranya bahkan memiliki menu yang legendaris. Daftar pilihan tempat makannya bisa kamu cek di sini.

Atau, kalau kamu tidak ingin makan berat dan hanya ingin sekadar bersantai, maka cobalah mampir ke beberapa café atau tempat ngopi di Kota Lama. Pilihan tempat ngopi di Kota Lama Semarang juga banyak sekali, lho. Tinggal pilih mana yang vibenya sesuai dengan seleramu saja. Silakan lihat di sini rekomendasi tempat ngopi di Kota Lama Semarang.

· MALAM

1. Belanja oleh-oleh

Sebelum pulang, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman-temanmu. Ada beberapa oleh-oleh khas Semarang. Misalnya, lunpia, bandeng presto, roti ganjal rel, hingga batik khas Semarangan. Supaya kamu tidak bingung mencari tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh, maka kamu bisa cek artikel kami sebelumnya. Di artikel tersebut, ada rekomendasi tentang tempat belanja oleh-oleh di Semarang yang menawarkan beragam pilihan.

2. Bersantai di Kawasan Simpang Lima

Lokasi

Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk Tugu Muda

Gratis

Kawasan Simpang Lima Semarang adalah ruang terbuka yang menjadi pusat keramaian, bisnis, dan aktivitas warga lokal Semarang. Kawasan ini menjadi pertemuan dari lima jalan besar di Kota Semarang, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Ahmad Dahlan. Kemudian, ada sebuah lapangan besar berumput di bagian tengah kawasan ini. Di lapangan ini, pengunjung bisa bersantai sembari menikmati keramaian di pusat Kota Semarang. Ada beberapa hiburan yang tersedia untuk pengunjung. Misalnya, sepeda hias dan spot foto yang instagrammable

Selain itu, di Kawasan Simpang Lima kamu juga bisa wisata belanja. Ada beberapa pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi. Misalnya, seperti Mall Ciputra, Plaza Simpang Lima, Istana Brilian, dan ACE Hardware.

Nah, untuk penggemar kuliner, maka ada banyak pilihan tempat makan di Simpang Lima Semarang. Di seputar lapangan Simpang Lima, ada semacam foodcourt dengan pilihan menu yang beragam. Beberapa contoh menunya, yaitu nasi pecel, sop kambing, susu murni dan roti bakar, aneka wedangan, tahu petis, nasi ayam, aneka seafood, hingga aneka penyetan lalapan. 

HARI 2

· PAGI

1. Sarapan nasi ayam semarang yang gurih manis

Untuk itinerary Semarang hari kedua, kamu bisa memulainya dengan sarapan. Satu lagi kuliner khas Semarang yang wajib kamu coba sebagai menu sarapan, yaitu Nasi Ayam. Nasi Ayam Semarang disajikan di atas pincuk daun pisang. Isiannya yaitu nasi gurih, sayur labu, ayam opor yang disuwir, areh, potongan telur opor, krecek dan sedikit tahu. Isian tersebut kemudian akan disiram dengan kuah opor yang citarasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. Biasanya, penjual juga menyediakan beberapa lauk pendamping yang bisa kamu pilih sendiri. Misalnya, sate usus, sate telur puyuh, gorengan, kerupuk, dan lain sebagainya. Seporsi Nasi Ayam Semarang standar biasanya dijual antara Rp15.000,00 – Rp17.500,00 per porsinya (belum termasuk lauk pendamping tambahan). Di mana nasi ayam enak di Semarang? Beberapa yang sering kami coba dan buka sejak pagi, yaitu:

Nasi Ayam Bu Nyoto

Jl. MT Haryono, Peterongan, Semarang Selatan, Kota Semarang

Nasi Ayam Kemuning

Jl. Anjasmoro Raya No. 77, Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang

Nasi Ayam Bu Pini

– Gg. Pinggir No. 75, Kranggan, Semarang Tengah, Kota Semarang

– Jl. Anjasmoro Raya No. 56B, Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang

2. Wisata ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Lokasi

Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Area MAJT

Setiap hari, 04.00 – 21.00 WIB

Menara Al Husna

Setiap hari, 08.15 – 20.45 WIB

Harga tiket masuk

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) kami masukkan ke dalam itinerary Semarang di hari kedua. Alasannya, masjid ini juga populer sebagai tujuan wisata di Semarang. Terutama untuk mereka yang baru pertama kali ke Semarang. Jadi, sayang sekali kalau kamu tidak berkunjung ke sini.

MAJT memiliki desain yang megah dan unik sehingga sangat disukai oleh banyak wisatawan. Khusus di hari Jumat, ada 6 payung besar hidrolik yang akan terbuka di pelataran masjid. Alhasil, saat payung besar terbuka, suasananya akan mengingatkan pada masjid di Madinah. Selain itu, di kompleks MAJT terdapat menara pandang Al Husna yang terbuka untuk umum. Khusus untuk masuk ke menara Al Husna, maka kamu harus membayar HTM sebesar Rp10.000,00 per orang. Di lantai 19 menara ini kamu bisa leluasa menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Apalagi, di lantai 19 ini terdapat sebuah teropong yang bisa kamu gunakan untuk melihat ke arah yang lebih jauh. 

· SIANG

1. Makan siang di Toko Oen yang legendaris

Lokasi

Jl. Pemuda 52, Semarang Tengah, Kota Semarang (cek maps)

Jam buka

Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB

Kisaran harga

Mulai dari Rp17.500,00 – Rp375.000,00

Kalau masih sempat, sebelum kembali ke kota asalmu, makan siang dulu, ya. Kami merekomendasikan kamu untuk mampir ke Toko Oen. Toko Oen adalah restoran legendaris yang sudah ada sejak 1936 dan menempati bangunan tempo dulu yang cukup bersejarah. Interiornya pun bernuansa jadul. Lebih lanjut, para pelanggan setia Toko Oen mengungkapkan bahwa citarasa menu di Toko Oen ini tidak berubah sejak dulu.

Toko Oen menyajikan beragam menu kuliner fusion otentik. Menu andalannya antara lain nasi goreng, capcay, panekuk, imported steak, bestik, dan es krim Toko Oen. Selain itu, ada juga kue-kue kering yang rasanya khas dan lezat. Misalnya, Kaastangel, Soes Kering, Ananas, Sprits, Speculas, Kattetong, Cocos, Boterkrantjes, dan lain sebagainya. Sebagian besar kue-kue kering ini tersusun rapi dalam stoples-stoples jumbo sehingga mudah terlihat oleh pengunjung yang datang. Harga menu makanan dan minuman di Toko Oen memang agak mahal. Namun, semuanya sebanding dengan rasa dan suasana berbeda yang akan kamu dapatkan. 

***

Nah, itulah rekomendasi itinerary Semarang untuk 2 hari 1 malam. Meskipun waktu liburmu mepet di akhir pekan, kamu tetap bisa berkunjung ke Kota Semarang. Semoga itinerary Semarang ini cukup membantu kamu yang ingin pergi berlibur selepas pandemi nanti, ya. Sepanjang waktumu cukup, maka kamu bisa mengikuti semua destinasi yang sudah kami sebutkan tadi. Namun, kamu juga bisa menyesuaikannya kembali dengan ketersediaan waktumu. Faktanya, itinerary itu sifatnya fleksibel, kok, Kawan Dolan. Yang terpenting, persiapkan segala keperluanmu dengan baik sehingga liburan di Semarang tetap seru dan menyenangkan. 

One Reply to “Itinerary Semarang: 2 Hari 1 Malam Jelajah Kota Atlas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.