Sensasi Liburan ala Negeri Sakura di The Onsen Hot Spring Resort Malang

Tanpa perlu jauh-jauh ke Jepang, kamu bisa lho menikmati sensasi liburan ala Negeri Sakura di The Onsen Hot Spring Resort (The Onsen Malang). Lokasinya berada di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. The Onsen Malang ini cocok untuk menjadi destinasi wisata bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Yuk, simak informasi lengkap seputar The Onsen Hot Spring Resort Batu Malang. Mulai dari lokasi, jam operasional, harga tiket masuk The Onsen Malang, aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, hingga fasilitasnya. Di akhir juga kami rekomendasikan beberapa tempat wisata Malang lain yang lokasinya berdekatan dengan The Onsen Hot Spring Resort ini. So, keep scrolling, ya!

Sekilas tentang The Onsen Hot Spring Resort Malang

The Onsen Malang Batu
The Onsen Hot Spring Resort Batu Malang (Foto: The Onsen via Google Maps)

The Onsen Hot Spring Resort adalah penginapan tematik dengan nuansa ala Jepang. Tempat ini sudah beroperasional sejak 2017 lalu. Yang unik dari The Onsen Malang adalah bagian outdoor hingga interiornya dikonsep mendetail sehingga suasana khas negeri sakura sangat terasa. Begitu juga dengan beragam fasilitas dan aktivitas seru yang tersedia di sana. The Onsen Batu Malang adalah tempat yang cocok untuk relaksasi dan bersantai bersama teman-teman, keluarga, bahkan pasangan.

Tempat ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan di tengah alam pegunungan yang sejuk dan tenang. Kamu bisa datang hanya untuk sekadar berwisata dan kulineran dengan menu hidangan ala Jepang. Kalau ingin lebih puas, maka tersedia cottage yang bisa kamu sewa untuk menginap. Konsep cottage-nya tentu tidak lepas dari nuansa Jepang yang kental. Makin penasaran seperti apa? Lanjut baca informasi lainnya tentang tempat ini, yuk!

Lokasi The Onsen Hot Spring Resort Malang

The Onsen Hot Spring Resort Malang berada di Jalan Raya Arumdalu 98, Songgoriti, Batu, Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 26 km dari pusat Kota Malang. Akses jalannya sudah cukup bagus dan bisa dilewati oleh mobil, sepeda motor, dan bus wisata. Kalau kondisi lalu lintas normal, maka kamu bisa tiba dalam waktu kurang lebih 50 menit. Gunakan rute di Google Maps sebagai panduan jika kamu tidak hapal dengan arah menuju ke area Songgoriti.

The Onsen Malang
View yang asri bakal bikin nyaman (Foto: Instagram @theonsenresortbatu)

Jam Buka The Onsen Malang

The Onsen Hot Spring Resort buka 24 jam. Kamu bisa datang kapan saja, terutama kalau ingin menginap di resort-nya. Namun, kalau kamu hanya ingin berwisata saja, sebaiknya datang pada pagi atau siang hari. Sebab untuk beberapa fasilitasnya hanya bisa diakses pada jam-jam tertentu saja. Misalnya, Fukushima Restaurant buka pukul 10.00 – 22.00 WIB. Sementara itu, Genki Onsen baru beroperasional pada pukul 14.00 – 17.00 WIB (Jumat, Sabtu, Minggu). Kalau ingin berfoto dengan kostum Yukata, persewaannya baru buka pada pukul 09.00 WIB.

Harga Tiket Masuk The Onsen Malang

Untuk masuk berwisata ke kawasan The Onsen Hot Spring Resort Malang, kamu harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk The Onsen Malang adalah Rp50.000,00/orang. Khusus untuk anak usia 0 – 12 tahun tidak dikenakan tiket masuk (gratis). Harga tiket ini tidak termasuk dengan harga sewa kostum dan belum termasuk harga akses ke Genki Onsen.

Jangan Lewatkan 5 Aktivitas Seru Ini

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat mengunjung The Onsen Malang. Dijamin tidak akan mati gaya, deh! Berikut ini 5 aktivitas yang paling disukai pengunjung. Kamu juga wajib nyobain keseruannya, ya.

1. Berfoto dengan Pakaian Khas Jepang di Spot Instagrammable

Spot Foto di The Onsen Malang
Spot Foto Instagrammable (Foto: The Onsen Malang via Google Maps)

Berkunjung ke tempat yang kental dengan nuansa Jepang maka wajib untuk foto-foto! Selain desain tempat yang khas, pemandangan alam di bagian outdoor-nya juga cantik untuk latar berfoto. Supaya makin terasa Jepang-nya, maka cobalah berfoto dengan menggunakan Yukata. Yukata adalah pakaian khas Jepang yang umum digunakan pada momen-momen santai.

Berikut ini harga sewa Yukata di The Onsen Malang:

Wanita

Rp150.000,00/2jam

Pria

Rp100.000,00/2 jam

Anak-anak

Rp100.000,00/2 jam

Extra charge jika lewat 2 jam

Rp50.000,00/jam

Apakah boleh menggunakan Yukata pribadi yang dibawa dari rumah? Boleh, tetapi kamu akan tetap dikenakan charge sebesar Rp150.000,00/orang. Pengelola juga menyediakan jasa foto profesional kalau kamu ingin hasil foto yang lebih bagus. Tarif jasa foto Rp100.000,00 per paketnya dan akan mendapat 10 soft file.

Nah, setelah pakai Yukata, kira-kira berfoto di area mana ya supaya hasilnya keren? Di The Onsen Malang ini banyak kok spot yang ciamik. Kalau kamu mencari yang paling ikonik, tentunya di spot Onsen Garden, Torii, dan spot Jembatan Shinkyo.

Torii adalah gerbang tradisional berwarna merah yang umumnya ada di jalan masuk ke Kuil Shinto (kuil Buddha) di Jepang. Bentuknya sangat khas berupa dua buah palang sejajar yang disangga dua palang vertikal yang kedua ujungnya sedikit melengkung. Kamu bisa menemukan spot Torii ini di dekat kolam yang berada di depan pintu masuk utama resort.

Tidak kalah menarik adalah spot Jembatan Shinkyo. Jembatan Shinkyo adalah salah satu jembatan terbaik di Jepang yang membentang di atas Sungai Daiya. Nah, duplikat Jembatan Shinkyo ini ada di The Onsen Hot Spring Resort. Jembatannya membentang di atas kolam yang menuju ke Fukushima Restaurant.  

2. Menyantap Lezatnya Kuliner Jepang di Fushimi Japanese Restaurant

Menu di Fushimi Restaurant The Onsen Batu
Menu di Fushimi Restaurant (Foto: Instagram @theonsenresortbatu)

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka hidangan ala Jepang saat berkunjung ke The Onsen Batu Malang. Pengelola sudah menyediakan Fushimi Japanese Restaurant. Konsep tempatnya sudah jelas Jepang banget, ya. Ornamen kayu mendominasi interior restoran. Ada juga lampion-lampion merah dan hiasan dengan tulisan Jepang tergantung di sisi teras luarnya. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan tempat duduk yang menghadap ke arah gunung, gerbang Torii, dan Jembatan Shinkyo.

Menu makanan dan minuman di Fushimi Restaurant The Onsen Batu Malang sebagian besar adalah menu Jepang. Namun, tersedia juga pilihan menu western dan masakan Indonesia. Berikut beberapa menu dan harga makanan di The Onsen Resort Batu (Fushimi Restaurant):

Appetizer

Kani Salad

Rp46.000,00

Chef Salad

Rp46.000,00

Wakame Kiku Salad

Rp46.000,00

Kinoko Salad

Rp46.000,00

Fruit Salad

Rp46.000,00

Edamame

Rp18.000,00

Agemono

Tori Katsu

Rp48.000,00

Tori Karaage

Rp60.000,00

Ebi Tempura

Rp84.000,00

Tempura Moriawase

Rp90.000,00

Fish Katsu

Rp52.000,00

Makimono

Shake Aka

Rp65.000,00

Shake Triangles

Rp56.000,00

California

Rp72.000,00

Hot Pot

Shabu Shabu

Rp208.000,00

Sukiyaki

Rp208.000,00

Yoshinabe

Rp250.000,00

Bento Set

Beef Teriyaki Bento Set

Rp80.000,00

Chicken Teriyaki Bento Set

Rp80.000,00

Fish Karage Bento Set

Rp80.000,00

Gyudonburi Bento Set

Rp80.000,00

Yakimeshi Chicken Teriyaki

Rp80.000,00

Chicken Katsu Bento Set

Rp80.000,00

Sashimi

Shake

Rp60.000,00

Kani

Rp32.000,00

Menrui

Yaki Udon

Rp68.000,00

Yaki Soba

Rp68.000,00

Yaki Ramen

Rp62.000,00

Gyuniko Soba

Rp68.000,00

Gyuniko Curry Udon

Rp76.000,00

Gyuniko Curry Ramen

Rp68.000,00

Gyuniko Udon

Rp76.000,00

Spicy Ramen

Rp58.000,00

Fushimi Miso Ramen

Rp75.000,00

Harga menu di atas sudah termasuk pajak dan service, ya. Sebagai catatan, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola restoran.

Selain yang kami sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak menu makanan lainnya lagi. Termasuk, menu nasi goreng, aneka steak, dan tom yam soup. Untuk variasi menu minumannya ada aneka varian fresh juice, mocktail, blended, coffee, teh, dan misc beverage.

3. Mencoba Tradisi Minum Teh ala Jepang di Chaya Venue

Chaya Venue
Chaya Venue (Foto: Instagram @theonsenresortbatu)

Jepang memiliki tradisi minum teh yang khas, terutama saat menjamu tamu. Nah, kamu bisa mempelajari tradisi ini sembari menikmati seduhan teh Jepang pada momen afternoon tea. Biasanya suguhan tradisi minum teh ala Jepang ini dilakukan di Chaya Venue. Chaya Venue merupakan sebuah gazebo bernuansa Jepang yang berada di sebuah taman yang asri. Di sekelilingnya juga terdapat banyak tanaman bambu yang khas.

4. Relaksasi di Kolam Pemandian Air Panas “Genki Onsen”

Genki Onsen
Genki Onsen (Foto: Instagram @theonsenresortbatu)

Sesuai nama tempatnya – “Onsen”, maka berendam di kolam pemandian air panas adalah aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan. Istilah “onsen” merujuk pada tempat pemandian air panas umum yang sangat populer di Jepang.

Di The Onsen Batu Malang ini terdapat kolam pemandian air panas yang bisa disewa oleh umum, yaitu Genki Onsen. Kolamnya terpisah antara pria dan wanita. Masing-masing kolam bisa menampung hingga 20 orang.

Yang menarik, air panas untuk onsen di sini berasal dari air pegunungan yang mengandung belerang di sekitar kawasan Songgoriti. Dengan air yang panas dan kaya akan mineral, maka berendam di Genki Onsen memberi banyak manfaat. Selain menghangatkan tubuh, berendam di onsen juga bisa menghilangkan pegal dan baik untuk kesehatan kulit. Apalagi, dari dalam ruang onsen, view-nya langsung menghadap ke area pegunungan, Torii, Jembatan Shinkyo, dan taman yang asri. Cocok sekali untuk relaksasi!

Genki Onsen hanya buka setiap Jumat , Sabtu, dan Minggu,  mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke Genki Onsen yaitu Rp150.000,00/orang. Kalau sedang promo, harganya hanya Rp100.000,00/orang. Dengan harga tersebut, kamu juga sudah mendapatkan akses mandi, bath equipment, handuk, dan loker.

5. Menginap di Cottage Berkonsep Ryokan

Cottage Berkonsep Ryokan
Cottage Berkonsep Ryokan (Foto: instagram @theonsenresortbatu)

The Onsen Malang menyediakan 25 cottage yang berkonsep ryokan. Ryokan adalah kamar penginapan bergaya tradisional Jepang. Ciri khas dari ryokan adalah lantainya yang beralaskan tikar tradisional Jepang dan tatami. Kamar ryokan juga dilengkapi dengan meja rendah dan pintu geser. Untuk wadah tidurnya menggunakan kasur futon.

Yang spesial, semua kamar menyuguhkan view alam yang indah dan menenangkan. Tersedia Yukata (pakaian tradisional Jepang) yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, tiap ryokan juga dilengkapi dengan onsen (kolam air panas) pribadi. Wah, dijamin kamu bakal merasakan suasana layaknya sedang tinggal di Jepang, nih, Kawan Dolan!

Tertarik bermalam di salah satu kamar di The Onsen Malang? Cek info tentang tipe kamar dan harga kamar di The Onsen Hot Spring Resort Batu Malang:

Ryokan Deluxe Suite (for 4 person)

Rp3.750.000,00/cottage/night

Ryokan Executive Suite (for 6 person)

Rp5.500.000,00/cottage/night

Harga di atas sudah termasuk: breakfast, Genki Onsen, private onsen, Yukata rent discount voucher. Kamu bisa memesan cottage langsung ke pihak pengelola atau memesannya via OTA (Traveloka, TiketCom, Agoda, dll). 

Fasilitas The Onsen Batu Malang

Pengelola menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai. Jadi, kamu bisa tenang dan nyaman saat berkunjung. Berikut ini daftar fasilitasnya:

Taman di The Onsen Batu Malang
Taman di The Onsen Batu Malang (Foto: Instagram @theonsenresortbatu)
  • Toilet
  • Area parkir
  • Restoran
  • Hall
  • Spot foto yang instagrammable
  • Wifi
  • Resepsionis 24 jam
  • Taman
  • Persewaan pakaian Jepang
  • Onsen pools

Rekomendasi Tempat Wisata Malang Dekat The Onsen Hot Spring Resort

Masih punya banyak waktu libur di Malang? Berarti kamu bisa mampir ke tempat wisata Malang lainnya. Ada beberapa tempat wisata populer yang dekat dengan The Onsen Hot Spring. Berikut daftarnya:

  • De Tjangkul (jarak 3,5 km – 10 menit berkendara)
  • Museum Angkut (jarak 4,5 km – 12 menit berkendara)
  • Jatim Park 3 (jarak 8,3 km – 18 menit berkendara)
  • Batu Night Spectacular (jarak 8,9 km – 18 menit berkendara)
  • Air Terjun Coban Rondo (jarak 9 km – 22 menit berkendara)

Untuk yang tertarik wisata kuliner, maka wajib juga mencicipi beragam kuliner khas Malang. Kami berikan rekomendasi terbaik kuliner Malang di artikel sebelumnya. Ada cwie mie, pecel kuah rawon, orem-orem, bakso bakar, dll. 

Penutup

Nah, menarik sekali ‘kan The Onsen Malang ini? Kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur dengan suasana ala negeri Sakura yang berkesan. Apalagi, kalau kamu sembari relaksasi di kolam pemandian air panasnya yang ikonik. Yuk, ajak orang-orang terdekatmu untuk liburan seru di sini! Untuk info dan reservasi, kamu bisa cek melalui kontak di bawah ini, ya.

Senja di cottage The Onsen Batu Malang
Senja di cottage The Onsen Batu Malang (Foto: Instagram @theonsenresrotbatu)

The Onsen Hot Spring Resort
Jl. Raya Arumdalu 98, Songgoriti, Batu, Malang, Jawa Timur
Tlp: 0341-5101888
Email: info@theonsenresort.com
Instagram: www.instagram.com/theonsenresortbatu
Facebook: www.facebook.com/onsensonggoriti
Website: www.theonsenresort.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.