Siap Traveling Kapan Saja, Intip Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Halo, Kawan Dolan! Adakah yang pernah mengalami sakit saat traveling? Jika iya, berarti kalian perlu menjaga kesehatan tubuh secara rutin agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Ini bermanfaat sekali, lho. Sayang sekali ‘kan kalau sudah susah payah mendapatkan jadwal liburan, tapi malah sakit. Sebagai referensi, kali ini kami akan membagikan beberapa cara menjaga kesehatan tubuh. Cara-cara ini rutin kami lakukan sehingga tubuh tetap sehat dan siap traveling kapan saja. Penasaran? Keep scrolling, ya.

Kenapa Harus Rutin Menjaga Kesehatan Tubuh?

Sakit saat traveling itu tidak menyenangkan! Niat liburan seru, malah jadi gagal. Itinerary yang sudah disusun pun jadi tidak bisa dijalankan sesuai rencana. Ujung-ujungnya, bakal lebih banyak istirahat di penginapan ketimbang jalan-jalan.

Sebagai penyuka traveling, kesehatan adalah modal yang sangat penting bagi kami. Percuma punya uang yang cukup untuk traveling ke berbagai tempat, tapi kondisi tubuh tidak fit. Untuk menjelajahi banyak tempat menarik, bahkan blusukan menemukan hidden gem, kami butuh stamina yang bugar. Kalian juga pasti begitu, ‘kan?

Untuk mendapatkan kondisi bugar saat traveling tentu tidak bisa seketika. Dalam keseharian, kesehatan tubuh perlu dijaga secara rutin. Jangan dadakan ketika akan pergi traveling saja baru mikirin kesehatan! Apalagi, akhir-akhir ini kami banyak melihat teman-teman yang sakit saat traveling. Kami jadi semakin menaruh perhatian lebih soal menjaga kesehatan tubuh. 

Ini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Perlu Kalian Ketahui

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh supaya siap traveling kapan saja? Ada 4 cara yang biasa kami lakukan. Semua cara ini terbilang mudah asalkan ada niat dan komitmen. 

1. Rutin Berolahraga

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Rajin Olahraga
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Rajin Olahraga (Foto: pexels.com)

Rutin berolahraga adalah cara pertama untuk menjaga kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Kami merasakan sekali manfaat dari rutin berolahraga. Secara fisik, tubuh terasa lebih kuat dan bugar. Di keseharian, fisik yang bugar akan membuat kami lebih bersemangat dan fokus melakukan berbagai aktivitas.

Selain itu, tubuh dan otot yang kuat karena terbiasa olahraga akan sangat membantu saat kami sedang traveling. Nantinya tidak perlu khawatir bakal cepat capek kalau harus gendong ransel atau berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh.

Lalu, olahraga yang ideal itu seberapa lama durasinya? Dr. Edrward R. Laskowski dari Mayo Clinic mengungkapkan bahwa olahraga yang ideal setidaknya dilakukan 30 menit per hari. Kalian bisa mencoba variasi olahraga cardio seperti jogging, senam, renang, atau zumba. Kalau tidak terbiasa olahraga, mulailah dulu dengan olahraga yang ringan agar tubuh tidak kaget.

2. Pastikan Asupan Makanan Bergizi Cukup Setiap Harinya

Pastikan Selalu Mengonsumsi Makanan Bergizi
Konsumsi Makanan Bergizi dengan Jadwal Teratur (Foto: pexels.com)

Asupan makanan bergizi akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Hal ini wajib dilakukan bersamaan dengan kebiasaan berolahraga. Asupan gizi ini bisa kalian dapatkan dari banyak sumber. Mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu, daging, telur, dan lain sebagainya. Kurangi makan micin, ya. Jangan lupa, asupan makanan bergizi ini sebaiknya diikuti dengan jadwal makan yang teratur. 

3. Rutin Minum Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan, kami rutin mengonsumsi vitamin. Kami biasanya memilih vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu, akan lebih baik jika ada tambahan vitamin D di dalamnya.

Kenapa? Karena untuk kami yang gemar traveling, apalagi dengan gaya backpacker, tentu sangat membutuhkan asupan vitamin D. Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang, penyerapan kalsium, dan mencegah osteoporosis. Tulang yang sehat dan kuat adalah modal penting untuk menunjang kenyamanan selama traveling

Rahasia Tubuh Tetap Sehat - Suplemen CDR dengan Vitamin C dan Vitamin D 300 IU
Rahasia Tubuh Tetap Sehat – Suplemen CDR dengan Vitamin C dan Vitamin D 300 IU (Foto: cdr.co.id)

Kombinasi antara vitamin C dan vitamin D ini kami dapatkan dari suplemen CDR. Suplemen CDR adalah suplementasi kalsium, vitamin C, vitamin D, dan B6 yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, serta ibu hamil dan menyusui.  

Berikut komposisi dalam tiap tablet CDR:

Kalsium

250 mg

Vitamin C

1000 mg

Vitamin D

300 IU

Vitamin B6

15 mg

Dari komposisi tersebut bisa dilihat bahwa CDR tidak hanya mengandung vitamin C 1000 mg, tapi juga vitamin D 300 IU. Kadar 300 IU ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D. Untuk usia muda, dengan kadar vitamin D 300 IU yang tidak terlalu tinggi, maka CDR aman diminum setiap hari.

CDR dengan kandungan vitamin D 300 IU memiliki 2 varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu CDR Orange dan CDR Fruit Punch. Kemasannya tersedia dalam bentuk strip dan tube. Praktis untuk dibawa kemana saja, bahkan saat traveling

Selain itu, suplemen CDR tersedia di banyak tempat. Mulai dari toko obat, apotek, hingga minimarket di seluruh daerah di Indonesia. Ada juga penjualan secara daring melalui marketplace.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Menerapkan Work Life Balance

Work life balance
Terapkan Work Life Balance untuk Kesehatan Fisik dan Mental (Foto; pexels.com)

Banyak orang bekerja terlalu keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Belum lagi ditambah dengan tekanan dan persaingan di tempat kerja. Kondisi ini sering membuat banyak orang tidak punya banyak waktu untuk dirinya dan keluarga. Akhirnya tanpa disadari, kesehatan mental dan kesehatan fisik menjadi terganggu. 

Solusinya, cobalah untuk menerapkan work life balance. Secara sederhana, work life balance adalah kondisi di mana seseorang  bisa mengatur waktu dan energinya secara seimbang. Keseimbangan yang dimaksud adalah antara pekerjaan, kebutuhan pribadi, dan kehidupan berkeluarga. Kalian wajib membaca tips work life balance ini supaya bisa menerapkannya dengan baik.

Dari pengalaman kami, work life balance sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya stres dan uring-uringan karena pekerjaan lumayan berkurang. Kami bisa menikmati momen berkualitas di luar kantor, sekaligus tetap produktif saat harus kembali bekerja.    

***

Nah, dari semua cara yang kami sebutkan tadi, adakah yang sudah pernah kalian coba lakukan secara rutin? Menjaga kesehatan tubuh bukan hal yang sulit, asalkan ada niat dan komitmen untuk melakukannya. Lagipula, tidak ada ruginya, ‘kan melakukan hal-hal baik untuk kesehatan diri sendiri?

Bonusnya, kalau tubuh selalu sehat dan bugar, kalian bisa traveling kapan saja tanpa perlu khawatir dengan kondisi kesehatan. Jadi, jangan tunda, ya. Yuk, mulai lakukan satu per satu cara menjaga kesehatan tubuh tadi mulai dari sekarang!

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.