5 Tempat Ini Punya Sajian Sate Kambing Tegal Yang Menggoda Selera

Tegal tak hanya terkenal dengan warung makannya yang sering disebut dengan “Warung Tegal (Warteg)”. Namun ada kuliner lain yang juga sangat khas dan sering diburu oleh banyak orang saat berkunjung ke Tegal, yaitu Sate Kambing Tegal.

Eits, jangan bingung dulu. Sate kambing memang bisa ditemukan di mana-mana, tapi sate kambing Tegal ini punya ciri khas yang berbeda lho Kawan Dolan. Sate Kambing Tegal memiliki tekstur yang sangat empuk sehingga tak menyulitkan saat dimakan. Rahasia dari keempukan daging Sate kambing Tegal adalah penggunaan daging kambing muda. Bahkan ada yang menggunakan daging kambing muda yang disebut ‘batibul’ dan ‘balibul’. Batibul yaitu singkatan dari bawah tiga bulan, sedangkan balibul adalah singkatan dari bawah lima bulan.

sate kambing tegal
Sate Kambing Tegal. Sumber : PegiPegi.com

Kalau berkunjung ke Tegal, terutama di sepanjang ruas jalur Pantura, Kawan Dolan bisa menemukan banyak sekali penjual Sate Kambing Batibul dan Balibul ini. Tertarik mencicipi yang rasanya spesial dan ramai pengunjung? Coba deh mampir makan di beberapa tempat berikut ini.

Sate Kambing Batibul Bang Awi

Sate Kambing Batibul Bang Awi ini sangat terkenal di Tegal. Pelanggannya datang dari berbagai daerah dan disukai oleh banyak kalangan. Untuk mencicipi hidangan Sate Kambing Batibul dari Warung Bang Awi, Kawan Dolan bisa menuju ke Jalan Raya Ujungrusi II, Adiwerna, Kabupaten Tegal. Ada juga cabangnya yang berada lebih di tengah kota, yaitu di Jalan Gajah Mada.

Sesuai namanya, sate kambing di Bang Awi ini memanfaatkan kambing berusia sekitar 3 bulan untuk diambil dagingnya. Daging kambing batibul ini teksturnya lebih empuk dan lembut. Jadi kebayang kan bagaimana nikmatnya menyantap sate kambing tanpa perlu susah payah mengunyah dagingnya yang alot.

Sate Mendo Wendy’s, Pilihan Sate Kambing Tegal Favorit Artis

Lokasi Warung Sate Mendo Wendy’s berada di Jalan Letjen Suprapto, Kota Tegal. Sate Mendo Wendy’s juga tak kalah terkenal. Pelanggannya kebanyakan dari kalangan artis dan pejabat. Tak percaya? Kawan Dolan bisa lihat sendiri melalui testimoni-testimoni yang terpajang rapi di dinding.

Sate Mendo Wendy’s menyajikan sate kambing yang diolah dari daging kambing muda berusia di bawah lima bulan. Menu spesial di Mendo Wendy’s yang membedakan dari tempat lain adalah sate kambing hotplate. Dengan konsep hotplate, pengunjung bisa menikmati sajian sate kambing dengan panas yang tahan lebih lama.

Sate Kambing Sari Mendo

Salah satu daerah yang menjadi pusat warung sate kambing yang cukup terkenal di Tegal adalah Tirus. Ada beberapa warung sate kambing di daerah Tirus ini. Namun yang paling ramai pengunjung adalah Sate Kambing Sari Mendo.

Setiap hari terutama di jam-jam makan, Sate Kambing Sari Mendo yang berada di pertemuan Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan K.S. Tubun Tegal ini selalu dipadati oleh pengunjung. Sate Kambing Sari Mendo terkenal dengan olahan sate kambing balibulnya. Pengunjung bisa memesan sate kambing yang seluruhnya daging atau kombinasi antara daging dan lemak.

Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia

Lokasi Warung Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia berada di Jalan Dr. Setia Budi, Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal. Sate Kambing yang disajikan tak kalah empuk. Harganya pun lebih miring jika dibandingkan dengan tempat makan yang lain.

Favorit pengunjung di sini biasanya menyantap sate kambing muda bersama seporsi gulai kambing atau sop kambing. Wah, dalam satu suapan, Kawan Dolan bisa merasakan nikmatnya perpaduan nasi putih hangat, daging kambing yang empuk, dan segarnya kuah gulai / sop.

sate kambing tegal
Cicipi Sate Kambing Tegal Dengan Didampingi Semangkok Gulai / Sop Kambing. Sumber : vidio.com

Sate Kambing Muda Indra Sari

Sate Kambing Muda Indra Sari berada di Jalan Sultan Agung No.12, Kota Tegal. Lokasinya tak jauh dari RSUD Kardinah. Yang spesial dari sajian sate kambing di Indra Sari ini adalah proses pengolahan dagingnya yang terlebih dahulu dibalur dengan susu. Citarasa yang dihasilkan tentu menjadi lebih nikmat.

Selain itu, Sate Kambing Muda di Indra Sari banyak disukai karena walaupun disajikan dalam potongan yang cukup besar, tetapi dagingnya tetap empuk. Dalam 1 tusukan sudah komplit terdiri dari daging, gajih, dan jeroan (hati).

———

sate kambing tegal
Sumber : parpora.tegalkab.go.id

Nah, biar Kawan Dolan tak penasaran, segera pilih tempat makannya, lalu bersiap dimanjakan oleh citarasa Sate Kambing Tegal yang lezat.

1 tanggapan pada “5 Tempat Ini Punya Sajian Sate Kambing Tegal Yang Menggoda Selera”

  1. Pingback: Sate Buntel, Suguhan Kuliner Solo Bagi Penikmat Olahan Kambing

Tinggalkan Balasan