Wisata Melaka, 3 Rekomendasi Aktivitas Seru Ini Bisa Dicoba

Melaka menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Malaysia. Walaupun hanya kota kecil, namun Melaka memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari kota-kota lainnya. Terlebih, akses transportasi menuju ke Melaka juga tidaklah sulit. Pada 2008, UNESCO mengukuhkan Melaka sebagai Situs Warisan Dunia (UNESCO’S World Heritage Sites). Tentu ini semakin menambah daya tarik wisata Melaka di mata dunia.

Kira-kira, kalau liburan ke Melaka, Kawan Dolan bisa ngapain saja nih? Berikut beberapa aktivitas yang kami rekomendasikan. Kami sudah mencobanya dan sukses bikin kangen buat balik jalan-jalan lagi ke Melaka.

Wisata Melaka

Jalan Kaki Menyusuri Kawasan Kota Tua Melaka

Sejarah Melaka memang meninggalkan banyak hal menarik untuk dijelajahi. Jika ingin menikmati suasana khas Melaka, rasanya Kawan Dolan perlu mengunjungi kawasan kota tuanya.

Di sana, Kawan Dolan akan diajak merasakan nuansa Melaka di masa lalu melalui suasana kota dan bangunan-bangunannya. Sejauh mata memandang, mulai dari perumahan warga, toko, tempat makan, hingga penginapan didominasi oleh bangunan-bangunan berarsitektur lawas yang masih sangat terawat.

Wisata Melaka - Jalan di Kawasan Kota Tua

Salah satu yang paling terkenal adalah kompleks bangunan merah Stadhuys. Selain terdapat beberapa bangunan yang menarik dengan dominasi warna merah, kawasan ini juga sering menjadi titik berkumpulnya wisatawan. Kalian bisa menjadikan tempat ini sebagai titik awal untuk memulai perjalanan menyusuri Kota Tua Melaka. (Cek rekomendasi itinerary 1 hari menjelajahi Kota Tua Melaka di sini).

Bangunan Merah di Kota Tua Melaka

Kalau belum yakin dan takut tersesat, Kawan Dolan bisa mampir terlebih dulu di Tourist Information Centre. Di sana kalian bisa bertanya kepada petugas seputar tempat-tempat menarik di Kawasan Kota Tua Melaka. Peta versi cetak juga bisa diminta sebagai bekal, lho.

Wisata Melaka, Museum Hopping Bisa Jadi Pilihan

Di Melaka, Kawan Dolan akan menemukan banyak sekali museum yang menyimpan beragam koleksi. Ada banyak kisah tentang sejarah dan budaya Melaka di museum-museum tersebut. Kawan Dolan bisa mengenal lebih dalam tentang Melaka, serta melihat bagaimana kota ini merawat ingatan tentang masa lalu melalui museum yang sangat terawat.

Museum Samudra - Wisata Melaka

Dari sekian banyak museum, ada beberapa yang menarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Kawan Dolan bisa memilih mana yang ingin dikunjungi. Contohnya seperti Baba Nyonya Museum, Flora de la Mar Maritime Museum, Melaka Stamp Museum, Museum Kemerdekaan, Museum Belia, atau Museum Samudera.

Agenda Kulineran Jangan Sampai Terlewat

Kalau ingin puas menikmati serunya wisata Melaka, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi beragam kuliner yang lezat. Untuk urusan kuliner, dijamin beragam makanan dan minuman di Melaka tidak akan mengecewakan. Melaka punya cendol yang terkenal enak, chicken rice ball, teh tarik, chicken bun, ikan asam pedas, putu piring, hingga laksa yang menggoda.

Wisata Melaka - Kulineran Chicken Bun

Dari hasil kulineran kami saat wisata di Melaka, makanan dan minuman yang paling berkesan adalah Cendol Jam Besar yang ada di seberang Stadhuys dan Chicken Rice Ball di rumah makan My Chicken Rice di Jonker Street. Ada juga Asam Pedas Claypot Laksamana 1 yang berlokasi di Jalan Laksamana, serta Putu Piring dan Chicken Bun yang tidak sengaja kami temukan ketika jalan-jalan di Weekend Night Market Jonker Street. Rasanya? Hmmm, enak semua! Yang tidak kalah penting, harganya juga ramah di kantong. Nah!

———

Tiga aktivitas tersebut bisa tetap kalian lakukan walaupun waktu berkunjung untuk wisata di Melaka tidak terlalu panjang. Jadi, Kawan Dolan mau mencoba aktivitas yang mana nih?

Tinggalkan Balasan