Transportasi Dari Kuala Lumpur ke Melaka

Halo Kawan Dolan! Kali ini kami akan membagikan tips mengenai transportasi dari Kuala Lumpur ke Melaka. Melaka merupakan salah satu kota di Malaysia yang ramai dengan kunjungan wisatawan.

Melaka dinobatkan oleh UNESCO sebagai World Heritage City pada tahun 2008. Kota kecil bekas jajahan Portugis ini suasananya sangat tenang dan menyenangkan. Ada banyak tempat wisata menarik. Salah satunya adalah kawasan kota tua, yang identik dengan beberapa bangunan ikonik berwarna merah.

Wisata ke Melaka - World Heritage City UNESCO

Di sana, kamu bisa melihat bangunan-bangunan tua bersejarah yang terawat. Beberapa yang tersohor misalnya seperti Christ Church Melaka, St Xaverius Church, dan Benteng A Famosa.

Museum-museum unik dengan berbagai tema juga bisa menjadi pilihan untuk mengenal lebih dalam tentang Melaka. Tak ketinggalan Jonker Street yang menjadi tempat berburu oleh-oleh khas Melaka dan beragam pilihan kuliner lezat.

Bagaimana Transportasi dari Kuala Lumpur Menuju Melaka? 

Melaka bisa diakses dari berbagai kota di Malaysia, salah satunya adalah dari Kuala Lumpur. Transportasi dari Kuala Lumpur ke Melaka yang kami rekomendasikan adalah menggunakan bus. Kenapa?

Pertama, pilihan bus dari Kuala Lumpur ke Melaka cukup banyak, dengan jam keberangkatan yang bervariasi. Busnya pun rata-rata sudah bagus dengan AC dan kursi yang nyaman.

Kedua, Harga tiketnya sangat bersahabat di kantong. Durasi perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Melaka kurang lebih sekitar 2 – 2,5 jam. Bus akan menuju Melaka langsung tanpa berhenti.

Pilihan Titik Awal Keberangkatan Bus Transportasi dari Kuala Lumpur ke Melaka

Di Kuala Lumpur, ada dua pilihan tempat awal keberangkatan bus yang bisa Kawan Dolan pilih untuk menuju Melaka. Pertama, langsung dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) atau Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2). Kedua, dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS).

1. Rute KLIA atau KLIA2 ke Melaka (Terminal Melaka Sentral)

Kalau tidak ada agenda apapun di Kuala Lumpur dan ingin langsung ke Melaka, maka dari KLIA/KLIA2 kamu bisa langsung naik bus tujuan Melaka. Tidak perlu jauh-jauh ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS).

Jarak dari KLIA/KLIA2 ke TBS cukup jauh. Jadi, menurut kami hanya akan buang-buang waktu jika kalian naik bus tujuan Melaka yang berangkat dari TBS.

Transportasi dari Kuala Lumpur ke Melaka
Counter Tiket Bus di KLIA2

Sepengetahuan kami, ada dua armada yang melayani rute dari KLIA/KLIA2 ke Melaka, yaitu bus Transnasional dan Starmart Express.

Tiket untuk kedua armada bus tersebut bisa dipesan jauh hari secara online. Kamu juga bisa membeli langsung di counter tiket.

Kalau di KLIA2, setelah menyelesaikan urusan imigrasi, maka kamu bisa menuju lantai dasar untuk membeli tiket di counter sekalian menunggu bis.

Jam keberangkatan bus menuju Melaka cukup banyak. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Kisaran harga tiketnya kurang lebih RM 24 untuk dewasa dan RM 18 untuk anak-anak. Nantinya masih ada tambahan biaya asuransi perjalanan sekitar RM 0,50.

2. Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ke Melaka (Terminal Melaka Sentral)

Kalau Kamu menuju Melaka setelah berkeliling di Kuala Lumpur, maka kalian bisa mencari bus tujuan Melaka di TBS. Ada banyak armada bus yang melayani rute Kuala Lumpur – Melaka.

Beberapa di antaranya yaitu Delima, Mayang Sari, KKKL Express, dan lain-lain. Harganya bervariasi, mulai dari RM 10 – RM 18. Pilihan jam keberangkatan juga bervariasi. Jadi, pilih saja bus yang harga dan jam keberangkatannya sesuai dengan keinginan.

transportasi dari kuala lumpur ke melaka
Platform Tunggu Bus di KLIA2

TIPS Penting!

transportasi dari kuala lumpur ke melaka
Transportasi Dari Kuala Lumpur ke Melaka Menggunakan Bus Bisa Dipesan Secara Online
  • Jika jadwal keberangkatan kalian saat akhir pekan, lebih baik pesan online saja agar tidak kehabisan tiket. Terutama jika kalian berangkat dari KLIA/KLIA2. Untuk pemesanan online, selain biaya asuransi, masih ada tambahan untuk biaya pemprosesan sekitar RM 1,23 – RM 1,50.
  • Sepanjang pengalaman kami, jika tak ada halangan teknis, bus tujuan Melaka selalu berangkat tepat waktu sesuai jadwal yang tertera pada tiket. Pastikan untuk sudah menunggu di platform keberangkatan bus maksimal 10 menit sebelumnya.
  • Berbeda dengan di Indonesia, di dalam bus dilarang makan dan minum. Pastikan sudah makan dan minum sebelum naik ke bus. Jangan nekat krasak krusuk dengan bungkus makanan, daripada penumpang lain melirik sinis, ya. 
  • Sesampainya di Melaka, kalau ingin langsung menuju ke kawasan kota tuanya, maka kamu tinggal mencari Bus Panorama Platform 17. Nanti bisa turun di Clock Tower. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit. Harga tiket cukup murah sekitar RM 1,50. Kalian bisa membayarkan harga tiket langsung ke supir saat naik bus.

Penutup

Setelah tahu cara ke Melaka dari Kuala Lumpur, maka Kawan Dolan bisa mulai merencanakan berkunjung ke Melaka. Nikmati indahnya matahari terbenam dari area Benteng A Famosa, atau menjelajahi keriuhan Jonker Street saat akhir pekan sambil menikmati cemilan.

0 Replies to “Transportasi Dari Kuala Lumpur ke Melaka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *