5 Buku tentang Perjalanan Ini Kisahnya Menarik, Unik, dan Inspiratif

Halo Kawan Dolan! Pernahkah kalian merasa tergelitik untuk segera melakukan perjalanan setelah membaca sebuah buku – serasa ingin segera berkemas, lalu menghilang dari rutinitas? Jika ya, kalian tidak sendiri. Kami juga sering sekali mengalaminya. Nah, kali ini kami ingin berbagi 5 buku tentang perjalanan yang kisahnya menarik, unik, dan inspiratif, lalu bersiaplah marasakan sensasi butuh-banget-dolan.

Tak hanya info seputar destinasi yang dikunjungi, para penulisnya juga berbagi pengalaman mereka. Tiap pejalan tentu punya pengalaman tersendiri yang berbeda dengan pejalan lainnya. Pengalaman tersebut muncul dari pengamatan maupun interaksi selama di perjalanan. Inilah yang membuat tulisan mereka menjadi istimewa untuk disimak.

Life Traveler (Windy Ariestanty) – Penerbit Gagas Media

Buku tentang Perjalanan - Life Traveler

Saat membaca buku karya Mbak Windy yang satu ini, pembaca akan diajak mengunjungi beberapa kota di kawasan Asia dan Eropa. Dengan gaya penulisan narasi, ia bercerita secara detail tentang pengalaman yang didapatkannya dari hasil mengamati banyak hal di perjalanan. Tak ketinggalan, layaknya sebuah buku perjalanan, tips dan informasi tentang tempat yang dikunjungi juga dicantumkan. Lengkap dengan sentuhan gambar ilustrasi yang menarik.

Keistimewaan lain dari buku ini, pembacanya akan diajak pula memaknai hal-hal yang selama ini hanya dianggap sebagai proses biasa dalam sebuah perjalanan. Misalnya saja perihal berkemas, menunggu, hingga soal kembali pulang. Kisahnya hangat dan menyentuh.

Buku tentang Perjalanan: Overland Jilid #1 (Heri Sugiarto) – Penerbit Leutika Prio

Buku tentang Perjalanan - Overland Jilid #1

Tak semua orang mau berlelah-lelah melintasi jalur darat untuk sampai ke banyak tempat. Namun berbeda dengan Heri Sugiarto. Ia melakoninya, lalu mengabadikan kisahnya dalam buku Trilogy Overland “Dari Negeri Singa ke Daratan Cina”. Trilogy Overland adalah memoar perjalanan jalur darat melintasi 13 perbatasan di 13 negara di Asia Tenggara dan Daratan Cina.

Pada buku Overland Jilid #1, Heri Sugiarto bercerita tentang memoar petualangan perjalanan jalur darat melintasi perbatasan di negara-negara Asia Tenggara. Kisahnya dimulai dari mengapa ia begitu menyukai perjalanan darat, mengapa memilih untuk menjelajah Asia, dan akhirnya memulai perjalanan pertamanya ke luar negeri di Singapura. Dari sana, ia melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Ada banyak informasi menarik dibalut cerita perjalanan yang inspiratif dalam Overland Jilid #1 ini. Pula diselipkan beberapa foto perjalanan yang dicetak berwarna untuk dinikmati. Kalau masih penasaran bagaimana serunya petualangan menjelajah negara lain melalui jalur darat, pastikan jangan sampai ketinggalan membaca Overland jilid #2 dan #3.

Ruang-Ruang Rahasia (Farchan Noor R.) – Penerbit EA Books

Ruang-Ruang Rahasia Cetakan Pertama

Jika biasanya membaca catatan perjalanan Mas Farchan dalam blognya www.efenerr.com, maka kali ini kita bisa membaca beberapa di antaranya melalui buku “Ruang-Ruang Rahasia”. Dibagi dalam 3 bab – Menjejak Tanah Air, Melangkah ke Seberang, dan Hikmah Perjalanan – kita bisa melihat banyak sisi humanis dan hasil interaksinya dengan warga setempat. Buku ini menarik untuk dibaca karena tak hanya menyuguhkan soal informasi destinasi, tapi juga hal-hal menarik tentang aspek kehidupan yang bisa kita pelajari dari sebuah perjalanan.

Stalking Indonesia (Margareta Astaman) – Penerbit Kompas

Stalking Indonesia - Buku tentang Perjalanan

Margareta Astaman menyebut dirinya sebagai stalker. Dalam buku “Stalking Indonesia”, ia menceritakan tentang pengalaman perjalanannya ‘ngepoin’ Indonesia. Ia bercerita dengan sederhana dan ceplas ceplos. Didukung dengan tampilan gambar-gambar ilustrasi yang lucu, siap-siap saja dibuat tersenyum hingga tertawa sendiri saat membaca buku ini. Beberapa cerita yang diangkat sebenarnya adalah hal sepele dan sering kita temui di negeri tercinta ini. Namun kadang kita tak sadar, atau malah abai terhadapnya. Banyak sentilan-sentilan menarik yang akan membuat kita mendadak melek, “ahhh iya nih, emang gini nih…” atau “ohhh.. iya ya, kok selama ini nggak ngeh?”. Jadi, sebelum yakin bahwa sudah tahu banyak tentang Indonesia, coba baca dulu buku yang satu ini 😀

Antologi Born to Travel (Hendra Fu, dkk) – Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Antologi Born to Travel - Buku tentang Perjalanan

Buku ini dirajut menjadi satu kesatuan melalui 11 cerita dari beberapa penulis. Cerita perjalanan dan petualangan menjelajah lima benua di dunia. Tiap penulis menceritakan pengalamannya dengan menarik hingga membuat pikiran kita akan ikut menjelajah ke tempat yang sedang diceritakan. Bahkan rasa-rasanya ingin segera berkemas untuk kembali berpetualang. Perpaduan pengalaman personal para penulisnya, sisipan quick fact, dan top things to do di tiap cerita menjadikan buku ini semakin menarik untuk dibaca.

—————

Nah, ada yang sudah pernah kalian baca salah satunya? Kalau belum, masukan dalam daftar buku bacaan kalian ya. Lumayan untuk baca-baca santai saat sedang rehat dari rutinitas. Apalagi kalau pas ada liburan singkat di hari kejepit 🙂

3 tanggapan pada “5 Buku tentang Perjalanan Ini Kisahnya Menarik, Unik, dan Inspiratif”

  1. Pingback: Mencegah Mabuk Perjalanan Darat, Ini 9 Tips Yang Bisa Dicoba

  2. Pingback: Liburan di Hari Kejepit, Begini Tipsnya Biar Liburanmu Tetap Seru

Tinggalkan Balasan