Ternyata Refund Tiket Kereta Api tidak Ribet

Beberapa tahun belakangan, inovasi yang dilakukan PT KAI bisa diacungi jempol. Bahkan, segala urusan berkaitan dengan pembelian tiket dan refund tiket kereta api, sudah bisa dilakukan hanya dengan jari. 

Kawan Dolan pasti tidak asing dengan channel pembelian tiket secara online. Mulai dari pembelian lewat aplikasi milik PT KAI, sampai channel lain yang bertaburan diskon dan cashback. Cukup pilih jadwal, pilih kursi, lalu selesaikan pembayaran. Mudah dan cepat.

Aplikasi KAI - Refund Tiket Kereta Api Lewat Aplikasi
Aplikasi KAI Access

Namun, adakalanya tiket yang sudah dibeli perlu dibatalkan. Tak jarang, karena ketidaktahuan atau ogah ribet, tiket dibiarkan hangus. Padahal Kawan Dolan bisa lho mengurus pembatalan tiket dengan mudah, lalu mendapatkan pengembalian sebagian uang yang sudah dibayarkan.

Selama ini, pembatalan tiket kereta hanya bisa dilakukan di stasiun-stasiun tertentu. Belakangan, PT KAI melakukan terobosan dengan menyediakan fasilitas pembatalan dan refund melalui aplikasi KAIAccess. Simak caranya yuk?

Urus Pembatalan dan Refund Tiket di Stasiun

Jika Kawan Dolan memutuskan untuk membatalkan tiket secara langsung, pastikan stasiun yang dituju sudah bisa melayani pembatalan tiket. Daftar stasiunnya bisa dilihat di sini. Juga, akan ada biaya pembatalan sebesar 25% dari harga tiket. Lumayan kan daripada hanya dibiarkan hangus.

Caranya Gimana?
  1. Paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.
  2. Isi form pembatalan dengan teliti.
  3. Lampirkan Boarding Pass, Kartu Identitas asli dan fotokopi (Bagi WNA: Paspor asli dan fotokopi, sesuai data di tiket).
  4. Bawa form pembatalan dan lampiran ke Customer Service untuk verifikasi. Sampai di sini, tiket sudah resmi dibatalkan.
  5. Jangan langsung pulang, bawa berkas yang sudah diverifikasi ke Loket Pembatalan Tiket.
  6. Pilih refund tunai atau lewat rekening bank. Jika memilih lewat rekening bank, pastikan nama dan nomor rekening sudah sesuai dengan rekening bank yang ada miliki.
  7. Setelah proses selesai, simpan tembusan formulir pembatalan untuk ditunjukkan pada saat pengambilan secara tunai. Jika formulir ini hilang, Kawan Dolan harus menunjukkan surat kehilangan dari kepolisian saat mengambil pengembalian biaya tiket secara tunai
  8. Penumpang dapat menerima pengembalian biaya tiket, secara tunai atau transfer bank, dalam waktu minimal 30 x 24 jam, atau 30 hari.
Saya sibuk, boleh minta tolong orang lain?

Boleh. Surat kuasa bermeterai 6000. Penerima kuasa (orang yang mewakili si empunya tiket) harus menunjukkan ID diri dan ID pemilik tiket (asli) dan menyerahkan fotokopi ID penerima kuasa dan ID pemilik tiket. Kemudian si penerima kuasa bisa melakukan langkah-langkah di atas.

Refund Tiket Kereta Api
Sumber : IG @kai121_

Kalau nggak sempat ke stasiun, bisa Refund melalui aplikasi KAIAccess versi terbaru

Refund Tiket Kereta Api yang dibeli lewat Aplikasi KAIAccess

Pembatalan dapat dilakukan maksimal 24 jam atau H-1 sebelum waktu keberangkatan KA

  1. Pilih fitur “My Trips”.
  2. Pada menu “My Trips” pilih kode booking atau kode pemesanan yang akan dibatalkan. Hanya tiket dengan status lunas/paid yang bisa dibatalkan.
  3. Pada menu “E-Ticket” klik tombol pembatalan.
  4. Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan. Jangan lupa untuk mencentang kolom syarat dan ketentuan. Klik lanjutkan proses pembatalan.
  5. Masukkan akun bank dengan benar untuk refund tiket kereta api. Lalu klik lanjutkan proses pembatalan.
  6. Lakukan konfirmasi pembatalan. Pada bagian ini akan muncul halaman konfirmasi sebagai review pembatalan tiket. Jika data sudah benar, klik tombol konfirmasi dan lanjutkan.
  7. Jika memang mau membatalkan, klik pilihan “Ya, saya yakin”.
  8. Tulisan “Selamat, pembatalan tiket berhasil!” menandakan tiket sudah berhasil dibatalkan.
Refund Tiket Kereta Api yang dibeli lewat mitra lain

Pembatalan dapat dilakukan maskimal 24 jam atau H-1 sebelum waktu keberangkatan KA. Pemohon harus memiliki nomor identitas yang sama dengan yang teregistrasi di akun KAIAccess untuk dapat melakukan pembatalan dan refund tiket kereta api yang dibeli lewat channel lain (Tokoped*a, tik*t.com, dll)

  1. Pilih menu “My Trips”. Kemudian klik tombol tambah trip (simbol +).
  2. Kemudian cari kode pemesanan atau kode pembayaran yang telah dipesan (melalui channel pemesanan, bukan melalui KAI Access).
  3. Pada menu “My Trips” telah tersedia kode booking melalui channel eksternal, sehingga dapat digunakan untuk fitur pembatalan.
  4. Pada menu “E-Ticket” klik tombol pembatalan.
  5. Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan. Jangan lupa untuk mencentang kolom syarat dan ketentuan. Klik lanjutkan proses pembatalan.
  6. Masukkan akun bank dengan benar untuk refund tiket kereta api. Lalu klik lanjutkan proses pembatalan.
  7. Lakukan konfirmasi pembatalan. Pada bagian ini akan muncul halaman konfirmasi sebagai review pembatalan tiket. Jika data sudah benar, klik tombol konfirmasi dan lanjutkan.
  8. Jika memang mau membatalkan, klik pilihan “Ya, saya yakin”.
  9. Tulisan “Selamat, pembatalan tiket berhasil!” menandakan tiket sudah berhasil dibatalkan.
Sama dengan pembatalan tiket secara offline di stasiun, PT KAI menetapkan biaya administrasi  pembatalan KAIAccess sebesar 25% dari harga tiket yang dibatalkan dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp 1.000,00. Pengembalian biaya (refund), akan dilakukan setelah hari ke-30 hingga ke-45 setelah pembatalan tiket. Refund tiket kereta api melalui aplikasi hanya memiliki opsi transfer bank kepada penumpang yang memiliki kode booking yang telah dibatalkan.
 
Nah, mudah tanpa ribet kan. Kalau batal berangkat, jangan sampai tiketnya dibiarkan hangus begitu saja ya, Kawan Dolan 🙂

Tinggalkan Balasan