Parkir Kendaraan Stasiun Poncol dan Stasiun Semarang Tawang, Ini Tarifnya!

Menitipkan kendaraan di stasiun seringkali menjadi pilihan praktis bagi Kawan Dolan yang akan bepergian menggunakan kereta api. Terutama oleh mereka yang tempat tinggalnya berada cukup jauh dari stasiun. Di artikel kali ini, kami akan membagikan info tarif parkir kendaraan di Stasiun Poncol dan Stasiun Semarang Tawang. Ada juga update mengenai sistem pembayaran parkir di stasiun semarang (tunai dan cashless). Di akhir, kami akan berikan tips aman parkir kendaraan di stasiun. Yuk, simak sampai akhir…

Stasiun di Semarang

Tarif Parkir Sepeda Motor Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang

Area parkir di Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang dikelola oleh RES Parking (PT Reska Multi Usaha). Pengelola menetapkan tarif parkir sepeda motor untuk 1 jam pertama sebesar Rp3.000,00. Kemudian, tiap 1 jam berikutnya tarif tambahan yang berlaku sebesar Rp1.000,00. Pengelola akan terus mengakumulasikan tarif ini sampai dengan maksimal Rp8.000,00.

Sementara itu, untuk tarif parkir inap sepeda motor per 24 jam sebesar Rp 17.000. Jika lebih dari 24 jam pertama akan dikenakan Rp 25.000, lebih dari 24 jam kedua sebesar Rp 42.000, lebih dari 24 jam ketiga Rp 59.000, dan seterusnya. Info tarif parkir Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang selengkapnya bisa cek gambar di bawah ini.

Tarif sepeda motor di stasiun semarang (2020)
Tarif sepeda motor di stasiun semarang
Parkir Kendaraan Stasiun Tawang, Tarif Untuk Sepeda Motor
Parkir Kendaraan Stasiun Tawang, Tarif Untuk Sepeda Motor

Pastikan Kawan Dolan menyimpan karcis parkir dengan baik, ya. Jika karcis parkir hilang, selain tarif parkir, Kawan Dolan juga akan diwajibkan membayar denda sebesar Rp 15.000. Contohnya, jika parkir 24 jam dan karcis parkir hilang, berarti nantinya Kawan Dolan harus membayar Rp 17.000 (tarif parkir 24 jam) + Rp 15.000 (denda karcis hilang).

Tarif Parkir Mobil di Stasiun Poncol

Bagaimana dengan tarif parkir mobil? Untuk tarif parkir mobil sementara ini kami baru mendapatkan info yang di Stasiun Semarang Poncol. Namun, sepertinya tarif parkir mobil di Stasiun Semarang Tawang tidak jauh berbeda dengan di Stasiun Poncol.

Untuk parkir mobil di Stasiun Poncol, pengelola mematok tarif sebesar Rp5.000,00 di 1 jam pertama. Di tiap 1 jam berikutnya akan dikenakan akumulasi biaya tambahan sebesar Rp2.000,00 per jam sampai dengan maksimal Rp20.000,00.

Kalau mau parkir inap untuk mobil bisakah? Bisa. Tarifnya Rp30.000,00 untuk 24 jam pertama. Selanjutnya, lebih dari 24 jam pertama dikenakan tarif Rp50.000,00, dan lebih dari 24 jam kedua tarifnya Rp80.000,00. 

Tarif parkir mobil dan taksi di poncol
Tarif parkir mobil dan taksi di poncol

Simpan karcis parkir mobil dengan hati-hati, ya. Lumayan juga, lho, denda untuk tiket yang hilang, yaitu sebesar Rp25.000,00. Tarif ini masih akan ditambahkan dengan biaya parkir. Contohnya, jika Kawan Dolan memarkirkan mobil selama 1 jam dan karcis parkir hilang, berarti nantinya harus membayar Rp5.000,00 (tarif parkir 1 jam) + Rp25.000,00 (denda karcis hilang).

Sistem Pembayaran Parkir di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang

Sejak beberapa bulan yang lalu, Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang sudah memberlakukan pembayaran tarif parkir dengan menggunakan sistem cashless. Jadi, selain pembayaran cash/tunai, pengunjung stasiun juga bisa membayar dengan kartu elektronik TapCash BNI, Brizzi BRI, e-money Mandiri, dan Flazz BCA. Yang terbaru bisa juga pembayaran dengan metode scan LinkAja.

Pengunjung stasiun harus memilih sistem pembayaran tersebut sejak awal di gerbang masuk. Kalau mau menggunakan pembayaran tunai, maka pilih tombol untuk mencetak karcis. Nanti saat keluar, Kawan Dolan cukup menyerahkan karcis parkir tersebut beserta uang tunai untuk pembayarannya. Sedangkan kalau ingin pembayaran secara cashless, maka langsung saja tap kartu elektronikmu di mesin. Nanti di gerbang keluar, petugas akan meminta dan mengecek ulang kartu elektronik tersebut. Pastikan saldo di dalam kartu elektronikmu mencukupi, ya.

Tips! Pastikan Keamanan Kendaraan

Sebelum meninggalkan sepeda motor atau mobil di area parkir stasiun, pastikan Kawan Dolan sudah menguncinya dengan baik dan benar. Jangan meninggalkan barang-barang berharga di kendaraan. Untuk pengendara sepeda motor, simpan atau kaitkan helm di dalam jok sepeda motor. Jika ingin lebih aman, titipkan helm di tempat penitipan yang telah tersedia. Untuk Stasiun Semarang Poncol, tempat penitipan helm berada di dekat pintu keluar mobil. Tarifnya hanya Rp 3.000 saja per hari.  

——

Area parkir sepeda motor di poncol

Jadi, Parkir Kendaraan di Stasiun Aja

Tarif parkir kendaraan (sepeda motor dan mobil) di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang menggunakan hitungan per jam. Untuk parkir inap ada hitungan tersendiri. Pengunjung stasiun bisa melakukan pembayaran tarif parkir secara tunai maupun cashless. Semoga info ini cukup membantu Kawan Dolan yang akan bepergian melalui Stasiun Poncol atau Stasiun Semarang Tawang, ya.

 

Baca juga :
Ketentuan New Normal Saat Naik Kereta Api Jarak Jauh

Cara Menuju Bandara Juanda Surabaya dari Stasiun Pasar Turi

One Reply to “Parkir Kendaraan Stasiun Poncol dan Stasiun Semarang Tawang, Ini Tarifnya!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *