Panduan Berkunjung ke Angkor Archaeological Park di Siem Reap Kamboja (1)

Siapa sih yang tak tertarik berkunjung ke Angkor Archaeological Park? ‘Harta karun’ pariwisata Siem Reap Kamboja ini memang menyimpan pesona yang menakjubkan. Tak heran jika UNESCO menetapkannya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Angkor Archaeological Park dulunya merupakan pusat ibu kota Kerajaan Khmer abad 9 sampai abad 15 Masehi. Kawasannya sangat luas. Ada banyak peninggalan bersejarah yang bisa dilihat. Mulai dari Angkor Wat, Angkor Thom, Banteay Kdei, Phnom Krom, South Gate, Ta Phrom, Bayon, dll.

Angkor Wat
Angkor Wat – Candi Paling Tersohor di Angkor Archaeological Park

Adakah dari Kawan Dolan yang juga penasaran dan sudah berencana untuk mengunjungi Angkor Archaeological Park di tahun 2019 ini? Nah, supaya tak bingung untuk persiapan ke sana, sebelumnya simak dulu beberapa panduan berkunjung ke Angkor Archaeological Park di Siem Reap Kamboja.

TIKET MASUK

Untuk masuk ke Angkor Archaeological Park, Kawan Dolan harus memiliki tiket masuk. Tiket masuk ke Kawasan Angkor disebut “Angkor Pass”. Pengelola sudah memberlakukan sistem pembelian tiket yang jelas dan aman bagi wisatawan. Bagaimana cara mendapatkannya? Yuk disimak…

  • Tempat Pembelian Tiket
Angkor Ticket Office
Angkor Ticket Office. Foto : justsiemreap.com

Angkor Pass hanya bisa dibeli di Official Ticket Center yang berada di Angkor Ticket Office (Road 60, 4km away from Siem Reap’s Center). Official Ticket Center buka setiap hari mulai jam 5 pagi sampai 5.30 sore waktu setempat.

Jangan percaya jika ada yang menawarkan pembelian dan pembayaran Angkor Pass secara online, melalui hotel, agen tur, atau pihak ketiga lainnya. Pengunjung harus datang sendiri ke Angkor Ticket Office untuk membeli Angkor Pass.

Pembayarannya dilakukan secara cash  di sana menggunakan mata uang US Dollar, Cambodian Riel, Thai Bath, atau Euro. Angkor Pass ini sifatnya non refundable. Jangan lupa siapkan paspor untuk ditunjukkan kepada petugas loket.

1 Angkor Pass berlaku untuk 1 orang yang fotonya tercetak di lembaran tiket. Petugas akan mengambil foto on the spot tiap pengunjung setelah pembayaran dilakukan. Jadi, Angkor Pass tak bisa dipindahtangankan (not transferable) ya, Kawan Dolan.

  • Pilihan Tipe Angkor Pass

Walaupun harga Angkor Pass terbilang mahal, tapi tak menyurutkan minat wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ada 3 tipe Angkor Pass yang bisa dipilih :

1 day pass – USD 37 (sekitar Rp 526.140,-)

3 day pass – USD 62 (sekitar Rp 881.640,-)

7 day pass – USD 72 (sekitar Rp 1.023.840,-)

*kurs mata uang per 24 Januari 2018 : USD 1 = Rp 14.220,-
*harga bisa berubah sewaktu-waktu

Mahal? Yaps. Namun harga tersebut sangat sebanding dengan pengalaman yang akan kalian dapatkan. Fyi, Angkor Pass ini tak bisa digunakan untuk mengunjungi Phnom Kulen National Park, Beng Mealea, dan Koh Ker. Jika ingin menambah kunjungan di 3 objek tersebut, maka ada admission pass lain yang harus dibayarkan.

  • Masa berlaku untuk masing-masing tipe Angkor Pass
1 day pass – 1 hari sesuai dengan tanggal dikeluarkannya tiket (*tapi jika pembayaran dan tanggal dikeluarkannya tiket setelah jam 5 sore, maka 1 day pass ini akan berlaku untuk keesokan harinya).

3 day pass – 10 hari dari tanggal dikeluarkannya tiket.

7 day pass – 1 bulan dari tanggal dikeluarkannya tiket.
Angkor Pass untuk Masuk ke Angkor Archaeologocal Park
Angkor Pass (Bagian Depan)

Tenang, date of entry dan date of expiry ini akan tercantum di lembaran Angkor Pass. Pastikan untuk teliti mengecek masa berlakunya. 

  • Penting! Siapkan Tempat Aman Untuk Menyimpan Angkor Pass-mu

Kawasan Angkor sangat luas. Ada banyak spot yang bisa dikunjungi. Nah, untuk memasuki tempat-tempat tersebut, petugas akan memeriksa dan mencocokan ulang wajah kita dengan foto yang tercetak di Angkor Pass.

Jadi, penting untuk memastikan Angkor Pass tak kotor atau rusak, apalagi sampai hilang. Petugas tak menerima tiket yang rusak. Lalu, jika hilang dan tak bisa menunjukkannya kepada petugas, bersiap saja untuk gigit jari. Sudah bayar mahal, tapi tak bisa menikmati banyak objek menarik di Kawasan Angkor. Yakin mau mengeluarkan dana ekstra untuk beli Angkor Pass lagi?

Makanya, selalu pastikan menyimpannya di tempat yang aman ya, Kawan Dolan. Kalau perlu, bawa id card holder berbahan plastik mika transparan (seperti yang biasa digunakan oleh peserta seminar/workshop). Kalian bisa menaruh Angkor Pass di dalamnya, dan gantungkan di leher. Jadi nanti tak perlu repot memasukan dan mengeluarkan Angkor Passmu dari dalam tas.

JAM BERKUNJUNG KE ANGKOR ARCHAEOLOGICAL PARK

Sebagian besar candi yang ada di Angkor Archaeological Park bisa dikunjungi mulai jam 7.30 pagi hingga 5.30 sore waktu setempat. Ada pengecualian waktu kunjungan untuk beberapa candi sehingga pengunjung bisa bebas menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di Kawasan Angkor. 

– Angkor Wat dan Srah Srang bisa dikunjungi mulai jam 5 pagi sampai 5.30 sore (possible for visitors to witness the sunrise).
– Phnom Bakheng dan Pre Rup bisa dikunjungi mulai jam 5 pagi sampai 7 malam (possible for visitors to witness both the sunrise and sunset).

Berdasarkan jam tersebut Kawan Dolan tinggal menyusun itinerary selama di Siem Reap, terutama saat mengunjungi Angkor Archaeological Park. Mau lihat sunrise? Sunset? Atau malah keduanya.

Antri di Loket Untuk Angkor Pass
Yakin Mau Kesiangan Antri di Loket? Foto : justsiemreap.com

Saran kami, jika ingin menyaksikan sunrise, pastikan tak berangkat kesiangan. Perhitungkan waktu yang masih akan dihabiskan untuk antri di loket pembelian tiket. Biasanya sebelum loket buka pun, wisatawan sudah banyak yang antri demi tak terlewat menyaksikan cantiknya sunrise di Angkor.

————

next article : aturan pengunjung, apa saja yang harus dibawa, cara menuju Angkor Archeaological Park, dst? Klik di sini untuk part 2

 

Tinggalkan Balasan