Kampung Jodipan Malang: Pesona Kampung Warna-Warni

Halo Kawan Dolan! Sudah pernah nonton Film YoWis Ben? Film bergenre komedi romantis ini sukses merebut hati para penontonnya. Tahun ini, sekuel YoWis Ben – YoWis Ben 2 –  juga sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia. Yang menarik, salah satu lokasi syuting film YoWis Ben adalah di Kampung Jodipan Malang. Kampung Jodipan ini cukup terkenal sebagai tujuan wisata para wisatawan yang sedang berlibur ke Kota Malang

Kampung Jodipan Malang, Kampung Kumuh Yang Bersolek

Kampung Jodipan yang berada di bantaran Sungai Brantas ini tadinya hanya perkampungan kumuh dan sama sekali tak dilirik sebagai objek wisata. Namun belakangan malah berhasil mendatangkan banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Kok bisa?

Kampung Jodipan Malang
Foto: tribunnews.com

Beberapa mahasiswa dari Unviersitas Muhammadiyah Malang yang sedang mengerjakan proyek tugas akhir menggagas langkah awal perubahan wajah Kampung Jodipan ini. Mereka menggandeng program Corporate Social Responsibilities (CSR) sebuah perusahaan cat untuk merealisasikan tugas akhir tersebut di Kampung Jodipan. Rumah-rumah warga dicat dengan 17 macam warna yang terang, mulai dari tembok hingga ke bagian atapnya. Warna-warni yang dihasilkan membuat suasana Kampung Jodipan menjadi lebih semarak dan lebih enak dipandang. Tak heran jika kemudian julukan ‘Kampung Warna Warni’ melekat pada Kampung Jodipan.

Dijamin Puas Berfoto

Bagi Kawan Dolan penyuka fotografi atau sekedar suka berswafoto, Kampung Jodipan Malang ini cocok sekali untuk dikunjungi. Ada banyak titik-titik menarik yang bisa digunakan untuk mengambil foto-foto terbaik.

  1. Dinding Warna-Warni

Di Kampung Jodipan, dinding-dinding rumah warga dicat dengan sangat detail. Tak hanya satu warna, tetapi juga memadukan beberapa warna dalam bentuk yang artistik. Penampakan dinding warna-warni inilah yang bisa dijadikan latar berfoto yang sangat cantik.

  1. Tangga Warna-Warni

Kampung Jodipan berada di lokasi dengan tanah berkontur. Ada beberapa rumah warga yang lokasinya lebih tinggi dari rumah yang lain. Akses menuju ke bagian atas tersebut dibuatkan berupa tangga-tangga. Nah, tangga-tangga ini pun tak luput dari proses pengecatan. Warna-warna cerah dengan pola yang menarik turut menghiasi undakan tangga di Kampung Jodipan. Tentunya bisa jadi tempat yang pas juga untuk bergaya di depan kamera.

Tangga Warna-Warni di Kampung Jodipan Malang
Foto: lingkarmalang.com
  1. Lukisan 3 Dimensi

Di beberapa dinding rumah warga, tak melulu dicat dengan warna polos atau hiasan berpola, tetapi ada juga yang dihiasi dengan gambar 3 dimensi. Gambarnya lucu-lucu dan menarik. Ada lukisan bergambar ikan hiu, lukisan gajah yang sedang menyemprotkan air dari belalainya, lukisan dinosaurus, dan masih banyak lagi. Kawan Dolan tinggal pasang gaya yang sesuai dengan gambar 3 dimensi yang ada sehingga hasil fotonya nanti akan nampak seperti nyata dan keren.

  1. Lorong Payung

Lorong payung bisa kalian temukan di bagian jalan utama Kampung Jodipan. Lorong sempit di antara rumah warga ini diberi hiasan payung-payung yang menggantung di bagian atas. Payung-payung tersebut memiliki warna yang berbeda dan semuanya serba cerah. Lorong tersebut akhirnya nampak lebih cantik dan menjadi salah satu bagian favorit untuk berfoto.      

  1. Jembatan Embong Brantas

Kalau Kawan Dolan ingin melihat keseluruhan warna-warni Kampung Jodipan dari atas, pergilah ke Jembatan Embong Brantas. Dari jembatan ini kalian bisa melihat pesona warna-warni Kampung Jodipan dengan lebih jelas. 

  1. Jembatan Kaca

Di Kampung Warna-Warni Jodipan dibangun sebuah jembatan kaca yang melintang di atas Sungai Brantas. Bentuk desainnya menarik dengan dominasi warna kuning menyala. Jembatan kaca ini menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Wisata Tridi yang berada di sebelahnya. Selain menjadi akses, jembatan kaca ini juga menjadi titik yang ramai digunakan oleh pengunjung untuk berfoto.

Jembatan Kaca di Kampung Jodipan Malang
Foto: kanalmalang.net

Lokasi, Akses, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Kampung Jodipan ada di Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Kota Malang. Akses menuju ke sana cukup mudah. Dari Stasiun Kereta Api Kota Malang, kalian bisa mencapai Kampung Jodipan dengan berjalan kaki atau naik becak. Jaraknya cukup dekat hanya sekitar 700 meter.

Kalau dari alun-alun Kota Malang jaraknya sekitar 2 KM. Ada angkutan umum dengan kode MT, AMG, AJG, dan ABG yang melewati jalur Kampung Jodipan. Untuk biaya masuk ke Kampung Jodipan Malang cukup murah, yaitu Rp 2.000,00 saja per orang (belum termasuk biaya parkir kendaraan).

———

Nah, Kawan Dolan yang belum pernah ke sana, agendakan untuk mampir ke Kampung Jodipan ya saat berlibur di Malang. Jangan lupa, pastikan untuk tetap bersikap sopan dan tak membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke Kampung Jodipan. Sesekali berinteraksi dengan warga setempat juga pasti akan meninggalkan kesan yang menarik, lho. 

 

Tinggalkan Balasan