Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi

Bagi Kawan Dolan yang bingung cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi, silakan intip beberapa alternatif transportasi yang akan kami bagikan berikut ini. Tarifnya mulai dari yang super murah, hingga ratusan ribu rupiah. Namun, jangan terpatok pada mahal atau murahnya tarif yang harus dikelurkan. Pilihlah transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang kami maksud di sini adalah kondisi barang yang kalian bawa (banyak/sedikit atau berat/ringan). Perhitungkan juga waktu untuk mengejar jadwal penerbangan di Bandara Juanda.

Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi

Jarak Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan Bandara Internasional Juanda sekitar 26 KM. Waktu tempuhnya jika melalui kota antara 40-50 menit (dalam kondisi lalu lintas lancar). Alternatif rute lainnya bisa via tol. Lewat tol memang akan lebih cepat, tapi bukan jaminan juga untuk terhindar dari kondisi jalanan macet. Jadi, jangan sampai salah pilih transportasi lanjutan untuk ke Bandara Juanda ya Kawan Dolan.

  1. Taksi Argo

Pilihan transportasi ini kami anjurkan untuk Kawan Dolan yang membawa barang banyak, ingin praktis, dan tetap nyaman selama di perjalanan menuju bandara. Terlebih kalau kalian sedang buru-buru karena jadwal penerbangan yang agak mepet dengan jam kedatangan di Stasiun Pasar Turi. Taksi Argo ini banyak tersedia di area parkir dalam stasiun dan bisa langsung kalian dapatkan begitu keluar dari peron. Kisaran tarifnya antara Rp 150.000 sampai Rp 200.000 tergantung pada kondisi lalu lintas. Tarif ini belum termasuk biaya tol (jika lewat tol) dan biaya masuk bandara.

  1. Taksi Online

Taksi online bisa kalian pilihan jika ingin biaya perjalanan yang lebih hemat dibandingkan taksi argo. Pilihannya ada grab (grab car) dan gojek (go-car). Namun kalian perlu berjalan keluar dari area stasiun terlebih dahulu. Sebabnya, taksi online dilarang mengambil penumpang di area Stasiun Pasar Turi. Driver akan memberitahukan harus bertemu di mana. Dari beberapa kali pengalaman, titik temu dengan para driver taksi online ini adalah di SPBU Jalan Semarang yang lokasinya sekitar 300an meter dari pintu keluar parkir stasiun. Untuk tarif, biasanya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000 (belum termasuk biaya tol dan biaya masuk area bandara). Silakan cek ulang tarif di aplikasinya. Siapa tau sedang ada promo, pastinya bisa lebih murah lagi.

  1. Ojek Pangkalan

Selain taksi, ada juga pengemudi ojek pangkalan yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan sampai ke bandara. Biasanya tarif yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp 50.000 dan bisa juga lebih. Pintar-pintar sajalah menawar tarif awal yang diberikan oleh pengemudi ojek pangkalan ini.

  1. Ojek Online

Ojek online yang bisa kalian gunakan yaitu grab (grab bike) dan gojek (go-ride). Waktu tempuh dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda sekitar 40-50 menit (jika tidak macet). Sama seperti taksi online, ojek online juga tidak diperbolehkan untuk masuk sampai ke area dalam stasiun. Untuk memakai jasa ojek online, kalian harus berjalan keluar dari area stasiun menuju titik temu yang disepakati dengan driver ojek online. Kisaran tarifnya Rp 36.000 hingga Rp 45.000 (belum termasuk biaya masuk area bandara). Pastikan untuk mengecek ulang tarifnya di aplikasi. Sekalian cek promo untuk mendapatkan diskon tarif perjalanan.

  1. Bus Kota P5 & Damri

Pilihan transportasi yang satu ini adalah yang paling hemat biaya. Namun membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra juga. Pertama, kalian harus naik bus kota dulu untuk menuju Terminal Bungurasih. Bus kota ini bisa dicegat di depan Pusat Grosir Surabaya/PGS. Untuk lokasi tersebut, kalian harus berjalan kaki dulu keluar area stasiun. Dari pintu keluar, tinggal belok kiri dan jalan saja terus hingga mentok sampai di traffic light dekat PGS. Nah, di situ kalian bisa menunggu bus kota P5 dengan tujuan Terminal Bungurasih. Tidak perlu takut salah naik bus, karena ada tulisan besar yang terpampang di bagian depan kacanya. Tarif naik bus kota ini hanya Rp 8.000 saja. Bus kota akan menuju Terminal Bungurasih via jalan tol. Perkiraan perjalanan paling lama 45 menit.

Kedua, setelah tiba di Terminal Bungurasih, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda dengan menggunakan bus Damri. Pilih yang jurusannya langsung ke Bandara Juanda. Tarifnya hanya Rp 25.000 saja. Durasi perjalanan dari Terminal Bungurasih menuju Bandara Juanda sekitar 1 jam perjalanan.

Cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Turi dengan menggunakan bus kota & damri ini totalnya menyita waktu paling lama 2 jam. Namun total biaya yang dikeluarkan hanya Rp 33.000 saja. Kalau kalian memang tidak terburu-buru dan tipe pejalan yang hemat budget, bus kota & damri ini bisa jadi pilihan yang paling aman di kantong.

———

Transportasi dari Stasiun Turi ke Bandara Juanda Surabaya
Pic: cnbcindonesia.com

Nah, semoga info tentang cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi Surabaya ini cukup membantu ya Kawan Dolan.

1 tanggapan pada “Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi”

  1. Pingback: Transportasi Dari Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Ke Pusat Kota

Tinggalkan Balasan