Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi

Update terbaru! Temukan alternatif transportasi dan cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi Surabaya. Tarifnya mulai dari yang super murah hingga ratusan ribu rupiah. Namun, jangan terpatok pada mahal atau murahnya tarif yang harus kamu keluarkan.

Pilihlah transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang kami maksud di sini adalah kondisi barang yang kalian bawa (banyak/sedikit atau berat/ringan). Perhitungkan juga waktu untuk mengejar jadwal penerbangan di Bandara Juanda.

Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi

Jarak Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda

Jarak Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan Bandara Internasional Juanda sekitar 26 KM. Lalu, berapa jam yang diperlukan dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda? Kalau kondisi lalu lintas lancar, maka waktu tempuh melalui kota antara 40-50 menit. 

Alternatif rute lainnya bisa melalui tol. Lewat tol memang akan lebih cepat, tetapi bukan jaminan juga untuk terhindar dari kondisi jalanan macet. 

Juanda

Pilihan Transportasi dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda

Pertanyaan selanjutnya, dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda naik apa? Ada beberapa alternatif pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan. Namun, mengingat jarak dan waktu tempuh yang cukup jauh, maka jangan sampai salah pilih transportasi lanjutan, ya. 

1. Taksi Argo

Pilihan transportasi menggunakan taksi argo ini kami anjurkan untuk kamu yang membawa banyak barang. Cocok juga untuk kamu yang ingin praktis dan tetap nyaman selama di perjalanan menuju bandara. Terlebih, kalau kamu sedang buru-buru karena jadwal penerbangan yang sudah mepet dengan jam kedatangan di Stasiun Pasar Turi.

Taksi Argo ini banyak tersedia di area parkir dalam stasiun. Kamu bisa langsung mendapatkannya begitu keluar dari area peron.

Kisaran tarif taksi argo dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda antara Rp180.000,00 sampai Rp250.000,00. Tarif ini belum termasuk biaya tol (jika lewat tol) dan biaya tiket masuk bandara.

2. Taksi Online

Taksi online bisa kalian pilih jika ingin biaya perjalanan yang lebih hemat dibandingkan taksi argo. Pilihannya ada grab (grab car), gojek (go-car), maxim, dll.

Namun, kalian perlu berjalan keluar dari area stasiun terlebih dahulu. Sebabnya, taksi online tidak boleh mengambil penumpang di area Stasiun Pasar Turi. Setelah kamu melakukan order, maka biasanya driver akan memberitahukan harus bertemu di titik mana.

Untuk tarif taksi online (gojek, dll) dari Stasiun Turi ke Bandara Juanda biasanya mulai dari Rp165.000,00 (belum termasuk biaya tol dan biaya masuk area bandara). 

Silakan cek ulang tarif di aplikasinya. Siapa tahu sedang ada promo, maka pastinya tarif tersebut bisa lebih murah lagi.

3. Ojek Motor Pangkalan

Selain taksi, ada juga pengemudi ojek pangkalan (sepeda motor) yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan sampai ke bandara. Mereka menawarkan jasa dengan tarif yang bervariasi.

Biasanya tarif ojek motor pangkalan mulai dari Rp70.000,00 (bisa juga lebih). Pintar-pintarlah menawar tarif awal dari para pengemudi ojek pangkalan ini.

Pilihan transportasi ojek motor pangkalan ini kami rekomendasikan untuk kamu yang sedang tidak membawa banyak barang. Selain itu, mereka juga bisa membawamu lebih cepat untuk sampai di bandara karena melewati ‘jalan tikus’.  

4. Ojek Motor Online

Ojek motor online yang bisa kalian gunakan yaitu Grab (grab bike), Gojek (go-ride), Maxim, dll. Sama seperti taksi online, ojek motor online juga tidak boleh masuk sampai ke area dalam stasiun.

Untuk memakai jasa ojek motor online, maka kamu harus berjalan keluar dari area stasiun. Setelah order, maka driver akan memberitahukan titik temu untuk penjemputan.

Kisaran tarif grab atau gojek motor dari Stasiun Pasar Turi ke Bandara Juanda antara Rp65.000,00 hingga Rp75.000,00. Tarif tersebut belum termasuk karcis masuk area bandara.

Pastikan untuk mengecek ulang tarif ojek motor online ini di aplikasinya. Sekalian cek barangkali ada promo untuk mendapatkan diskon tarif perjalanan.  

5. Bus Kota P5 dan Lanjut Damri

Pilihan transportasi yang satu ini adalah yang paling hemat biaya. Namun, pasti membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra juga. Kami tidak merekomendasikan pilihan bus kota dan Damri kalau kamu sedang membawa banyak barang atau sedang terburu-buru. Kenapa? 

Pertama, kalian harus naik bus kota dulu untuk menuju Terminal Bungurasih (Purabaya). Bus kota ini bisa kalian cegat di depan Pusat Grosir Surabaya (PGS).

Untuk menuju ke depan PGS, maka kalian harus berjalan kaki dulu keluar area stasiun. Dari pintu keluar, tinggal belok kiri dan jalan saja terus hingga mentok sampai di traffic light dekat PGS.

Nah, di situ kalian bisa menunggu bus kota P5 dengan tujuan Terminal Bungurasih (Purabaya). Tidak perlu takut salah naik bus karena ada tulisan besar yang terpampang di bagian depan kacanya. Bahkan, biasanya kernet bus sudah akan berteriak memberitahukan tujuan ke calon penumpang yang menunggu. 

Tarif naik bus kota ini hanya Rp10.000,00 saja. Bus kota akan menuju Terminal Bungurasih via jalan tol. Perkiraan perjalanan paling lama 45 menit.

Kedua, setelah tiba di Terminal Bungurasih, maka kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda dengan menggunakan bus Damri. Pilih yang jurusannya langsung ke Bandara Juanda.

Tarif bus Damri dari Terminal Bungurasih ke Bandara Juanda Rp35.000,00 per orang. Durasi perjalanan dari Terminal Bungurasih menuju Bandara Juanda sekitar 1 jam perjalanan. 

Jadwal bus Damri dari Terminal Bungurasih (Purabaya) ke Terminal 1 Bandara Juanda mulai pukul 02.00 – 19.00 WIB. Busnya akan berangkat tiap 30 menit atau tiap 1 jam sekali.

Cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Turi dengan menggunakan kombinasi bus kota P5 dan lanjut Damri ini totalnya menyita waktu paling lama 2 jam.

Namun, total biaya yang kalian keluarkan hanya Rp45.000,00 saja. Kalau kalian memang tidak terburu-buru dan tipe pejalan yang hemat budget, maka kombinasi bus kota P5 dan lanjut bus Damri ini bisa jadi pilihan yang paling aman di kantong.

6. Cara Menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi dengan KA Commuter Line

Cara selanjutnya untuk menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi adalah dengan menggunakan Kereta Api Commuter Line ke Stasiun Waru. Kemudian, lanjut dengan ojek online atau bus Damri.

Kami merekomendasikan cara ini untuk kamu yang memiliki waktu cukup panjang antara jam kedatangan di stasiun hingga ke jadwal penerbangan di bandara. Tujuannya supaya kamu tidak terburu-buru dan tidak tertinggal jadwal penerbangan.

Caranya bagaimana?

Pertama, kamu harus membeli tiket commuter line rute Stasiun Pasar Turi – Stasiun Waru Sidoarjo. Kamu bisa membeli tiket commuter line ini langsung on the spot di loket Stasiun Pasar Turi atau online melalui aplikasi KAIAccess.

Harganya antara Rp4.000,00 – Rp6.000,00 per orang (tergantung kereta yang kamu pilih). Lama perjalanan commuter line dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Waru sekitar 30 menitan. Bagaimana jadwal commuter line-nya?

Berikut jadwal Kereta Api komuter Surabaya Pasar Turi – Waru Sidoarjo terbaru:

  • Commuter Line Sindro Ekonomi: 03.50 WIB, 08.30 WIB, 12.45 WIB, 18.25 WIB 
  • Commuter Line Arjonegoro Ekonomi: 07.40 WIB, 15.35 WIB

Kedua, setibanya di Stasiun Waru, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan beberapa pilihan: 

– Lanjut Ojek motor online atau taksi online. 

Kalau kamu mau lanjut dengan ojek motor online atau taksi online, maka kamu tinggal keluar ke area depan stasiun. Order melalui aplikasi, lalu tinggal sepakati titik penjemputan. Tarif ojek motor online dari Stasiun Waru ke Bandara Juanda sekitar Rp35.000,00. 

– Lanjut Bus Damri dari Terminal Bungurasih (Purabaya).

Alternatif lain, kalau kamu ingin melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda dengan bus, maka bisa gunakan Damri. Namun, kamu perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Waru ke Terminal Bungurasih (Purabaya). 

Setelah keluar dari Stasiun Waru, berjalanlah ke arah kanan menuju jembatan layang (setelah pos polisi). Nanti kamu bisa menemukan Terminal Bungurasih (Purabaya). Gunakan Google Maps jika takut salah arah.

Loket shelter Damri ada di bagian dalam terminal. Kalau bingung, maka tinggal tanyakan saja pada petugas di terminal.

Tarif tiket bus Damri Terminal Bungurasih – Bandara Juanda adalah Rp35.000,00. Jam operasionalnya mulai dari pukul 02.00 – 19.00 WIB. 

Jadi, total keseluruhan budget kalau kamu ke Bandara Juanda dari Stasiun Turi menggunakan commuter line dan lanjut ojek online atau bus Damri adalah sekitar Rp40.000,00. 

Transportasi dari Stasiun Turi ke Bandara Juanda Surabaya
Pic: cnbcindonesia.com

Penutup

Itulah pilihan transportasi yang tersedia dari Stasiun Pasar Turi menuju Bandara Juanda Surabaya. Semoga info tentang cara menuju Bandara Juanda dari Stasiun Pasar Turi Surabaya ini cukup membantu. Kalau ada alternatif lainnya yang belum kami sebutkan, maka silakan bagikan melalui kolom komentar, ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *