Aktivitas Seru Selama #dirumahaja, 6 Hal Ini Bisa Kalian Coba

Pandemi Virus Corona membuat anjuran untuk #dirumahaja kian gencar digaungkan. Sejak beberapa minggu yang lalu, aktivitas harian seperti bekerja dan belajar dilakukan dari rumah. Bahkan, urusan traveling pun harus rela ditunda. Hal ini sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan Virus Corona. Bagi sebagian orang, terutama yang doyan jalan-jalan, aksi #dirumahaja ini pasti terasa sangat membosankan jika tidak ada aktivitas selingan. Nah, biar tetap betah hingga ada himbauan selanjutnya dari pemerintah, kalian bisa coba 6 pilihan aktivitas seru selama #dirumahaja berikut ini.

Membaca Buku

aktivitas seru - membaca buku
Pic: liputan6.com

Kapan terakhir Kawan Dolan membaca sebuah buku hingga tuntas? Biasanya karena kesibukan belajar atau bekerja, urusan membaca ini seringkali tertunda. Dengan #dirumahaja, waktu luang bisa dimanfaatkan untuk membaca buku, terutama buku yang menjadi favorit kalian. Mengisi waktu luang dengan membaca buku ini bisa memberikan manfaat yang baik. Mulai dari menjaga memori otak agar tetap bekerja dengan baik, menstabilkan mood, hingga meningkatkan fokus dan konsentrasi. Kalau kalian tertarik dengan buku-buku bertema perjalanan, silakan cek rekomendasi dari kami di sini.

Upgrade Skill di Kelas Online

aktivitas seru selama #dirumahaja - upgrade skill di kelas online
Pic: suarasurabaya.com

Daripada bengong di rumah, Kawan Dolan bisa mencoba tetap produktif dengan mengikuti kelas online untuk meningkatkan kemampuan diri. Kelas online ini bisa diikuti secara gratis dan ada pula yang berbayar. Menariknya, beberapa kelas online memberikan ­e-certificate yang bisa digunakan untuk menambah portofolio kalian, lho.

Materi Kelas bisa dipilih sesuai dengan ketertarikan atau latar belakang pekerjaan. Misalnya, jika Kawan Dolan menyukai atau bekerja di bidang digital marketing, kalian bisa mencoba kelas yang ditawarkan oleh HubSpot Academy atau Google Garage. Ada juga Kelas Tanpa Batas dari Tempo Institute yang menawarkan pilihan kelas online untuk belajar tentang penulisan. Untuk tema yang lebih beragam (pengembangan diri, bisnis & keuangan, teknologi & software, pemasaran), maka Kawan Dolan bisa mencoba kelas-kelas yang ditawarkan di Skill Academy by Ruang Guru. Masih ada juga kelas-kelas menarik lainnya di EdX, U Demy, Solo Learn, dan lain sebagainya. 

Berwisata Virtual

aktivitas seru selama #dirumahaja - wisata virtual
Pic: cnnindonesia.com

Masih kangen pengen jalan-jalan? Yuk, coba wisata virtual saja. Dengan wisata virtual, Kawan Dolan bisa tetap berwisata walaupun sedang #dirumahaja. Tidak hanya di Indonesia, ada banyak tempat wisata di negara lain yang menyediakan pengalaman wisata secara virtual. Mulai dari museum, melihat aktivitas satwa, hingga konser musik klasik. Contohnya, Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, serta Grand Palace di Thailand menyediakan akses untuk wisata virtual. Cek di sini untuk daftar wisata virtual lainnya.

Olahraga

Berolahraga selama #dirumahaja
Pic: merdeka.com

Aktivitas #dirumahaja bukan berarti hanya diisi dengan belajar/kerja online di depan ponsel/laptop. Tubuh juga perlu bergerak agar tidak kaku. Cobalah mengisi waktu dengan olahraga ringan seperti senam atau stretching selama beberapa menit. Jika bingung gerakannya, kalian bisa melihat panduan di youtube atau aplikasi gym. Dengan berolahraga, tidak hanya fisik yang tetap bugar, tetapi pikiran dan suasana hati pun menjadi lebih positif.

Berkebun

Berkebun agar fisik dan mental sehat
Pic: pakpetanidigital.com

Aktivitas berkebun layak dicoba untuk mengusir rasa bosan saat #dirumahaja. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Carly Wood – pengajar di University of Westminster, London – berkebun memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Selain sarana untuk menggerakan tubuh, berkebun juga memberikan efek positif yang berkaitan dengan kebahagiaan jiwa.

Kawan Dolan bisa mencoba untuk menanam dan merawat aneka tanaman hias. Nantinya, tanaman ini juga bisa diletakkan di dalam ruangan sehingga memberikan nuansa hijau yang menyegarkan. Alternatif lain, cobalah menanam bahan makanan seperti tomat, cabai, selada, atau kemangi. Tanpa perlu lahan yang luas, aktivitas berkebun ini juga bisa dilakukan dengan sistem vertikultur yang memanfaatkan benda-benda bekas.

Mencoba Aneka Resep Masakan/Minuman

Memasak
Pic: resepkoki.id

Seringkali, #dirumahaja membuat nafsu untuk makan dan minum semakin meningkat. Hayo, siapa yang suka begitu? Daripada jajan di luar terus, mumpung ada waktu luang di rumah, kenapa tidak mencoba membuat makanan dan minuman sendiri? Saatnya membuat dapur lebih mengepul, Kawan Dolan! Buktikan kemampuan mengolah aneka variasi resep makanan dan minuman favorit kalian. Psst, contohnya nih, buat yang suka ngopi, bisa coba bikin varian Dalgona Coffee yang sedang hits itu.

***

Yuk, silakan dicoba 6 pilihan aktivitas seru selama #dirumahaja biar tetap sehat dan tetap produktif. Pokoknya, anti rebahan dan anti glundang glundung ya, Kawan Dolan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *