Wisata Bali: Bosan dengan Pantai? Coba Suasana Berbeda di 3 Perkebunan Kopi Ini

Wisata Bali tidak melulu pantai, lho, Kawan Dolan. Masih banyak daya tarik lain yang bisa kamu jelajahi. Misalnya, wisata ke perkebunan kopi (coffee plantation).

Kenapa wisata ke perkebunan kopi juga menarik dilakukan saat berwisata ke Bali? Yaps! Karena Bali juga dikenal sebagai daerah penghasil biji kopi terbaik di Indonesia. Proses penanaman, pengolahan, aroma, hingga citarasa kopinya memiliki ciri khas tersendiri.

Banyak perkebunan kopi di Bali yang membuka paket agrowisata. Selain menjelajahi area perkebunan, pengunjung juga bisa melihat langsung bagaimana kopi diolah oleh penduduk setempat. Mulai dari penggilingan, roasting, hingga nantinya diracik menjadi secangkir kopi yang nikmat.

Nah, supaya kamu tidak bingung, maka kami rekomendasikan 3 wisata perkebunan kopi terbaik di Bali. Ketiga tempat wisata kopi di Bali ini menawarkan paket wisata lengkap dan mendapatkan ulasan positif dari banyak pengunjung.

1. Bali Pulina Plantation

Lokasi: Jl. Raya Pujung Kaja, Sebatu, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali (cek maps)

Website: www.balipulina.com

Salah satu agrowisata kopi yang tersohor di Bali adalah Bali Pulina. Di TripAdvisor, Bali Pulina mendapat ulasan tinggi dari para pengunjung. Bahkan, pada 2020 Bali Pulina masuk dalam deretan Traveller’s Choice di situs TripAdvisor.

Bali Pulina buka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 19.00 WITA. Agrowisata yang beroperasional sejak 2011 ini ramai dengan wisatawan. Mereka tertarik melihat perkebunan sembari menikmati cita rasa kopi khas Bali.

Melansir dari website resminya, ada 3 aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Bali Pulina.

Wisata Bali, Bali Pulina Agrowisata
Pic: tripadvisor.co.id

Pertama, tur ke area perkebunan kopi. Paket tur perkebunan kopi seharga Rp250.000,00 per orang. Harga tiket masuk Bali Pulina sudah termasuk tiket, kopi luwak spesial, camilan, pemandu wisata lokal, dan asuransi.

Selama tur, pemandu akan mengajak wisatawan berkeliling melihat area perkebunan. Kamu akan melihat bagaimana budidaya tanaman kopi lokal di sana, hingga proses pengolahan biji kopinya.

Kalau datang tepat di saat musim panen, kamu malah bisa sekalian ikut dalam proses pemetikan biji kopi. Seru banget!

Kedua, mencicipi kopi ala Bali Pulina Plantation. Paketnya seharga Rp250.000,00 per orang. Harga ini sudah termasuk tiket, kopi luwak spesial, 1 set menu coffee tasting, camilan, pemandu wisata, dan asuransi. Semua menu coffee tasting terbuat dari biji kopi hasil dari perkebunan di Bali Pulina.

Ketiga, ada pilihan paket rekreasi khas Bali Pulina yang siap memberikan pengalaman tidak terlupakan untukmu. Mulai dari ‘swing over the valley’, ‘an engrossing zip line’, dan ‘an infinity pool’. Masing-masing ditawarkan dengan harga yang berbeda. 

Oh iya, sebelum pulang, jangan lupa mampir ke toko yang ada di sana. Bali Pulina menyediakan berbagai produk kopi yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Ada juga produk perawatan tubuh seperti Virgin Coconut Oil, Scrub Kopi, dan Scrub Cocoa.

2. Alternatif Wisata Bali: Munduk Moding Plantation Nature Resort and Spa

Lokasi: Jl. Asah Gobleg, Gobleg, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali (cek maps)

Website: www.mundukmodingplantation.com

Beralih ke bagian utara Bali, ada Munduk Moding Plantation. Tempat ini cocok sekali untuk Kawan Dolan yang ingin beristirahat dan refreshing di tengah alam yang tenang.

Munduk Moding Plantation (MPP) merupakan resort berkelas yang terletak di tengah perkebunan kopi. Saking asrinya kawasan MPP, maka resort ini mendapat penghargaan sebagai Luxury Eco / Green Hotel Terbaik di Asia pada 2020 oleh World Luxury Hotels Association.

Andalan lainnya adalah infinity pool dengan pemandangan ke areal perbukitan, pegunungan Bali, dan laut Jawa. Infinity pool MPP Nature Resort ini juga dinobatkan sebagai pool terbaik ketiga di dunia oleh Asia Spa. Wow, keren ya?!

Munduk Moding Plantation Wisata Bali
Pic: balikami.com

Tamu yang menginap di resort bisa menikmati paket wisata di kawasan MPP. Harga paket wisata keliling perkebunan kopi sudah termasuk di dalam harga kamar.

Jadi, kalau menginap di MPP Nature Resort, maka kamu sudah bisa sepuasnya menjelajahi perkebunan dengan menunggang kuda poni atau bersepeda. Di area perkebunan tersedia titik-titik peristirahatan dengan pepohonan bambu dan kolam teratai. Kamu bisa bersantai sembari menyesap secangkir kopi nikmat di sana.

Bagaimana dengan pengunjung yang tidak menginap di MPP Nature Resort? Tetap bisa kok masuk ke kawasan MPP.

Pertama, secara gratis atau tanpa tiket masuk. Kalau kamu memilih gratis, nantinya kamu bisa masuk hanya sampai di Munduk Coffee Roastery saja.

Kedua, membeli voucher khusus. Management MPP menyediakan voucher one day pass, lho. Voucher ini bisa kamu beli untuk berwisata di kawasan perkebunan MPP. 

3. BAS De Atayana (I Love BAS)

Lokasi: Jl Raya Jurusan Tampaksiring – Kintamani Br. Sribatu, Penglumbaran, Susut, Kabupaten Bangli, Bali (cek maps)

Kalau mau mencari perkebunan kopi di daerah lainnya lagi, maka coba kunjungi BAS De Atayana. Nama lainnya adalah I Love BAS.

Di kawasan BAS, kamu bisa trekking di tengah perkebunan kopi, kakao, buah tropis, dan aneka rempah lokal khas Indonesia. Yaps, di perkebunan ini memang ada variasi tanaman selain kopi, ya.

I Love Bas
Pic: travelingyuk.com

Menariknya, pada area perkebunan terdapat sebuah tempat berupa dapur tradisional dengan tungku kayu. Di dapur tersebut kamu bisa melihat bagaimana proses mengolah biji kopi menjadi bubuk. Ada juga kopi luwak yang menjadi salah satu andalan di BAS De Atayana ini.

Selesai trekking, maka kamu bisa bersantai di sebuah kedai kopi yang terdapat di tengah perkebunan sembari menikmati aneka pilihan kopi. Mulai dari robusta, arabica, dan kopi luwak. Pastinya akan makin nikmat menyeruput kopi langsung di tengah perkebunan kopi yang pemandangannya menawan!

Penutup

Nah, itulah 3 perkebunan kopi di Bali yang cocok untuk berwisata bersama keluarga atau teman-temanmu. Kira-kira mana nih yang mau kamu kunjungi terlebih dahulu selepas pandemi nanti?

Barangkali Kawan Dolan punya rekomendasi perkebunan kopi menarik lainnya untuk wisata Bali, bagikan pada kami melalui kolom komentar, ya.

Oh iya, untuk kamu yang tertarik wisata ke Nusa Penida Bali, maka bisa intip rekomendasi terbaik untuk wisatanya di sini, ya. Ada juga pesona Danau Buyan Bali yang bisa kamu kamu kunjungi sebagai alternatif lain. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *