Google Local Guide: Cara Mudah Berbagi Informasi dan Pengalaman tentang Sebuah Tempat

Kami yakin sebagian besar dari Kawan Dolan pasti mengenal Google Maps, kan? Layanan Google yang satu ini banyak diakses oleh pengguna internet karena keunggulan fungsinya. Mulai dari melihat peta lokasi, informasi seputar tempat tertentu, kondisi lalu lintas, hingga membantu penggunanya untuk merencanakan rute perjalanan. Layanan Google Maps juga terasa semakin informatif dengan adanya fitur Local Guide. Melalui fitur ini kamu bisa ikut berkontribusi dalam memberikan informasi terkini bagi para pengguna Google Maps. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan menarik. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan kami mengenai fitur Google Local Guide berikut ini.

Google Local Guide
Pic: geopointe.com

Apa sih fitur Google Local Guide itu?

Google Local Guide adalah sarana bagi penduduk lokal maupun para penjelajah untuk membantu orang lain menemukan tempat-tempat baru yang tepat dan sesuai kebutuhan. Para pengguna Google Maps bisa berkontribusi dengan saling berbagi informasi dan pengalamannya tentang sebuah tempat melalui fitur Local Guide.

Di posisi sebagai seorang pencari informasi, kami sering terbantu untuk memilih sebuah tempat berkat fitur Google Local Guide. Kami mendapatkan referensi dari banyak orang yang sudah berkontribusi di fitur ini. Kami bisa melihat bagaimana penilaian dan pengalaman orang lain tentang sebuah tempat sehingga lebih mudah untuk menentukan pilihan.  

Cara Mudah Bergabung di Google Local Guide

Ternyata tidak sulit untuk menjadi bagian dari Local Guide dan berkontribusi di Google Maps, lho, Kawan Dolan. Caranya mudah sekali, kok. Terlebih dahulu kamu harus punya akun Gmail, ya. Kalau belum punya akun Gmail, kamu bisa pelajari cara membuatnya di sini.

Setelah memiliki akun Gmail, maka kamu bisa langsung mengakses Google Maps dan berkontribusi sebagai Local Guide. Untuk memantau kontribusimu, kamu tinggal klik menu di kiri layar dan pilih your contribution.

Cara Berkontribusi di Google Local Guide

Ada beberapa cara kontribusi yang bisa kamu lakukan di Local Guide Google Maps ini. Apa saja? Berikut 9 cara mudah berkontribusi sebagai Google Local Guide:

1. Memberikan rating / penilaian

Kamu bisa berkontribusi di Google Maps dengan cara memberikan rating/penilaian (score a place with ratings). Menurut kami, cara berkontribusi yang satu ini adalah cara yang paling mudah. Kamu cukup memberi bintang sebagai tanda peringkat untuk sebuah tempat. Tersedia bintang 1-5 yang bisa kamu tap. Semakin bagus sebuah tempat, maka akan semakin pantas untuk kamu berikan rating hingga bintang 4 atau malah bintang 5.

2. Menulis ulasan

Sebagai Local Guide, kamu bisa memberikan ulasan tentang sebuah tempat (describe your experience with reviews). Ulasan tersebut biasanya berisi tentang kondisi tempat, pelayanan yang ada di sana, harga, rasa makanan/minuman yang tersedia di tempat tersebut, atau informasi lainnya yang lebih mendetail.

Ulasan yang kamu berikan bisa membantu calon pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang tempat tersebut. Berikanlah ulasan yang memang benar-benar sesuai dengan pengalamanmu. Apa adanya saja. Namun, pastikan untuk menuliskannya dengan kalimat yang baik dan sopan, ya. Bahkan, ketika kamu mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan di sebuah tempat, tetap sampaikan ulasanmu/kritikmu dengan kalimat yang baik.

3. Berbagi foto dan video

Kamu bisa menambahkan satu atau beberapa foto/video (share photographs and videos) untuk melengkapi ulasan di Google Maps. Bagikan foto/video yang menarik tentang tempat tersebut. Usahakan foto/videonyanya adalah milik pribadimu. Google menerapkan beberapa kebijakan terkait foto/video seperti apa yang dapat diterima. Mengenai ketentuan foto/video tersebut, kamu bisa membaca panduan lengkapnya di sini.

4. Menambahkan tempat yang belum ada

Kamu bisa menambahkan lokasi baru untuk tempat umum atau bisnis yang belum ada di Google Maps (add missing place). Untuk menambahkan sebuah tempat minimal kamu harus memberikan nama, lokasi, dan kategori. Selengkapnya mengenai cara menambahkan tempat baru, kamu bisa pelajari bantuan Google di sini.

5. Mengedit informasi sebuah tempat

Kamu bisa mengedit informasi sebuah tempat yang informasinya salah atau sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi terkini (update information with place edits). Penyebabnya antara lain tempat sudah tutup permanen, kesalahan penulisan nama, atau mungkin alamat/penanda lokasinya tidak sesuai. 

6. Menjawab beberapa pertanyaan terkait tempat tertentu

Cara lain untuk berkontribusi di fitur Google Local Guide adalah dengan menjawab pertanyaan terkait tempat tertentu (provide insights with answers). Jika mengaktifkan notifikasi di setelan Google Maps, maka kamu akan menerima notifikasi dari Google. Salah satunya adalah notifikasi untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang tempat yang pernah kamu kunjungi. Contoh pertanyaan yang mungkin muncul, misalnya:

- apakah ada toilet di tempat tersebut?
- apakah toiletnya bersih?
- apakah tempat tersebut menyediakan makanan halal?
- apakah ada menu untuk anak-anak?
- bagaimana cara pembayaran yang diterima di restoran tersebut?
- apakah ada area parkir khusus untuk penyandang disabilitas?
- dan masih banyak pertanyaan lainnya lagi.

Selengkapnya tentang kontribusi yang satu ini, kamu bisa pelajari dari informasi bantuan Google di sini.

7. Memeriksa fakta tentang tempat di sekitar kamu

Kamu bisa berkontribusi sebagai Google Local Guide dengan cara memeriksa dan memverifikasi kebenaran informasi tentang sebuah tempat. Cara kontribusi ini dikenal dengan verify information by checking facts

8. Memberikan respon atau jawaban atas pertanyaan dari pengguna Google Maps

Cara lain untuk berkontribusi di Google Local Guide adalah dengan memberikan respon atau jawaban mengenai sebuah tempat (respond to questions about a place). Seringkali ada pengguna Google Maps yang menyampaikan pertanyaan-pertanyaan melalui kolom Q&A. Kamu bisa langsung merespon pertanyaan tersebut di Google Maps jika mengetahui jawabannya.  

9. Membuat List Tempat

Sebagai Local Guide, kamu bisa membuat list atau daftar tempat untuk memudahkan para pengguna Google Maps menemukan tempat-tempat terbaik di kota/negara tertentu. Misalnya saja list yang berisi hotel-hotel murah di kotamu, list tempat ngopi berkonsep tradisional, list toko souvenir, list toko kain terlengkap, dan lain sebagainya. Berikut beberapa list yang pernah kami buat melalui fitur Google Local Guide Jejak Dolan:

List

Link

Ngopi Asyik di Semarang

https://goo.gl/maps/hKzewiK1drAWJQTe6

Rekomendasi Hostel di Siem Reap Kamboja

https://goo.gl/maps/bEWsLAZwS3CJ5hh67

Rekomendasi Hotel di Palangka Raya

https://goo.gl/maps/AxLHAMaDBAcDRdKL7

Itulah 9 cara berkontribusi di Google Local Guide. Mudah ‘kan? Kesembilan kontribusi tersebut tidak sepaket harus kamu lakukan seketika berbarengan, ya. Kamu bisa melakukan hanya salah satu atau beberapa kontribusi saja. Kontribusi yang paling umum biasanya adalah memberikan rating, ulasan, dan post foto/video. 

Poin dan Reward Dari Google

Atas kontribusimu, Google akan memberikan sejumlah poin. Besaran poinnya tergantung pada kontribusi apa yang sudah kamu berikan. Google memiliki standar poin yang jelas sejak awal sehingga kamu bisa memantau sudah sejauh mana poinmu meningkat. Kamu bisa cek daftar poinnya di bawah ini:

Maps Contribution

Points Earned

Reviews

10 points per review

Review with more than 200 characters

10 bonus points per review

Rating

1 point per rating

Photo

5 points per photo

Photo tags

3 points per tag

Video

7 points per video

Answers

1 point per answer

Respond to Q&As

3 points per response

Edit

5 points per edit

Place added

15 points per place added

Road added

15 points per road added

Fact checked

1 point per fact checked

Eligible list published

10 points per published list

Description (in list)

5 points per description added

Semakin tinggi poin, maka akan semakin tinggi levelmu sebagai Local Guide. Google pun sudah memasang standar yang jelas mengenai seberapa besar poin yang harus dimiliki untuk bisa mencapai level tertentu.

Level

Points

Level 1

0 points

Level 2

15 points

Level 3

75 points

Level 4

250 points

Level 5

500 points

Level 6

1.500 points

Level 7

5.000 points

Level 8

15.000 points

Level 9

50.000 points

Level 10

100.000 points

Pada pencapaian masing-masing level, Google akan memberikan reward yang berbeda-beda. Baik itu reward berupa barang maupun diskon khusus untuk produk Google atau produk dari merchant yang bekerjasama dengan Google. 

Selain hadiah berdasarkan pencapaian level, pada momen tertentu, Google juga memberikan kejutan menarik bagi Local Guide. Jenis dan besaran hadiah biasanya akan mengacu pada jumlah poin/level yang dimiliki oleh setiap Local Guide. Menarik ‘kan

Berkontribusi Untuk Membantu Lebih Banyak Orang Itu Menyenangkan

Bagi kami, bergabung menjadi Local Guide tidak hanya soal mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Memang sih semakin banyak poin maka akan makin besar kesempatan untuk mendapatkan ‘kejutan manis’ dari Google. Namun, hasrat untuk berbagi pengalaman ke lebih banyak orang tentu menjadi alasan utama mengapa kami berkontribusi sebagai Local Guide di Google Maps.

Intinya kembali ke diri sendiri dulu. Ketika akan/sedang bepergian, kami kerap mengakses Google Maps untuk menggali lebih banyak informasi tentang tempat yang ingin dituju. Rasanya menyenangkan sekali ketika mendapat informasi tentang sebuah tempat yang tidak hanya berisi alamat dan peta lokasinya saja. Kami merasa terbantu sekali dengan adanya informasi tambahan berupa rating dari pengguna, ulasan pengalaman, serta beberapa foto yang dibagikan.

Google LG
Pic: blog.google

Tips tipis nih supaya kontribusimu maksimal. Bergabunglah di Local Guides Connect untuk terhubung dengan Local Guides dari berbagai negara. Kamu bisa bertukar cerita dan pengalaman. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Local Guide di wilayah domisilimu. Komunitas ini biasanya rutin menyelenggarakan meetup. Bersama anggota komunitas terdekat, kamu bisa saling support dan berbagi banyak hal seputar cara meningkatkan kemampuan berkontribusi yang lebih baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *