7 Rekomendasi Kuliner Bogor yang Wajib Dicoba!

Kuliner Jawa Barat memiliki ciri khas rasa yang berbeda dan cukup unik di lidah. Begitu juga dengan kuliner Bogor yang banyak dicari oleh para pelancong dari berbagai daerah asal. Tidak hanya cocok untuk lidah masyarakat Bogor pada umumnya. Makanan khas Bogor juga terbukti mampu menarik minat para wisatawan yang pelesiran di Bogor.

Kamu mungkin pernah mendengar, bahkan mencicipi asinan Bogor yang legendaris. Namun, selain makanan populer tersebut, masih ada banyak kuliner khas Bogor lainnya. Baik hidangan asin maupun hidangan manis, semua dijamin mampu membuat lidah bergoyang. Lalu, apa saja ragam kuliner Bogor yang terkenal? Kamu bisa mencari tahu beberapa hidangan yang masuk rekomendasi berikut ini, lantas mencicipinya langsung bersama keluarga.

1. Laksa Bogor

Kuliner Bogor - Laksa
Laksa, Kuliner Bogor Terpopuler (Foto: Instagram @jkevinmm)

Laksa pada umumnya adalah makanan berbahan dasar ketupat. Lalu dipadukan dengan bihun, tauge, dan guyuran kuah kental kaya rempah. Namun, khusus laksa Bogor, kuah yang disajikan diberi tambahan oncom merah.

Pada tahun 1960an, laksa dijual keliling kampung menggunakan pikulan. Pembeli pun menjadikan laksa sebagai menu wajib sarapan, tetapi ada juga yang menjadikannya menu selingan sebelum hidangan berat. Rasa gurih dan sedap yang kuat membuat pamor laksa tidak pernah surut. Banyak pembeli rela datang dari jauh hanya demi mencicipi kuah panas yang bercampur laksa merah.

Hal lain yang membuatnya unik adalah penggunaan bihun sebagai pengganti mie laksa. Ini berbeda dengan laksa betawi yang disajikan dengan mie putih berukuran tebal. Ditambah lagi adanya tahu kuning dan telur rebus yang melimpah.

Rekomendasi Tempat Makan Laksa Bogor

Kamu bisa mengunjungi “Laksa Pak Inin. Lokasi tepatnya di Jalan Palasari, Kecamatan Cijeruk, Bogor . Buka Sabtu – Kamis, pukul 09.00 – 16.00 WIB (Jumat tutup). Pengalaman berjualan semenjak tahun 1965 membuat citarasa laksa yang dijual di Warung Pak Inin ini otentik khas Bogor. Harga per porsinya mulai dari Rp13.000,00 saja.

2. Es Pala

Segarnya Es Pala
Segarnya Es Pala khas Bogor (Foto: Google Maps/Mas Beppo)

Pala yang kita ketahui selama ini adalah salah satu rempah khas Indonesia yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Akan tetapi, di Bogor buah pala justru dibuat minuman yang menyegarkan. Kuliner Bogor ini memanfaatkan cita rasa asam khas dari buah pala, lalu diberi pemanis dari gula asli. Agar lebih nikmat ditambahkan pula es batu.

Konon, es pala sudah dikenal semenjak zaman penjajahan Belanda. Para pembesar mereka saat itu sangat menggemari rasanya yang menyegarkan. Cocok dinikmati di iklim tropis Indonesia. Warga pribumi pun menyukai es pala karena cara pembuatannya sangat mudah. Racikan buah pala yang diiris-iris langsung diberi tambahan gula pasir dan sejumput garam. Aroma wangi khas buah pala tidak pernah gagal menggoda para penikmatnya.

Selain menyegarkan minuman tradisional ini pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang memiliki nama ilmiah “Mrystica Fragrans ini juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Ampuh pula melancarkan pencernaan, mengatasi mual, dan mengurangi nyeri ketika haid. Harga es pala cukup bervariasi tergantung ukuran porsinya. Biasanya mulai dari Rp7.000,00 – Rp10.000,00. Namun, ada juga yang menjual seharga Rp17.000,00 – Rp20.000,00.

Rekomendasi Tempat Minum Es Pala khas Bogor

Kamu bisa mencicipi segarnya minuman es pala yang diolah secara tradisional di Es Mangga dan Pala Aming yang berlokasi di sekitar Jalan Suryakencana, Bogor. Es pala di sini dibuat tanpa pewarna tambahan maupun pemanis buatan.

3. Toge Goreng, Menu Tradisional Kuliner Bogor  

Toge Goreng
Toge Goreng Khas Bogor (Foto: Instagram @royalplaca)

Menu tradisional kuliner Bogor lainnya adalah toge goreng. Makanan ini lebih nikmat disantap jika cara memasaknya masih menggunakan kayu bakar. Aroma asap dari pembakaran tersebut membuat cita rasanya semakin lezat. Apalagi, jika dikemas dengan daun patat dan diikat menggunakan tali bambu. Seporsi toge goreng berisi tauge rebus, daun kucai yang diiris tipis, mie kuning, ketupat, dan tahu. Kemudian, isian tersebut disiram dengan kuah tauco atau bisa juga memakai oncom.

Tauge goreng sendiri merupakan masakan peranakan dari Tionghoa. Berasal dari pergaulan orang Tionghoa yang sering mendapat sajian spaghetti dengan saus tomat dari bangsa Eropa di Batavia pada masa silam. Lantas, Tionghoa peranakan membuat pasta tomat versi mereka sendiri berupa tauco. Orang Bogor pun mengadaptasikannya dengan memakai oncom sebagai pengganti. Penggunaan gula merah pun diganti dengan kecap kental manis.

Rekomendasi Tempat Makan Toge Goreng di Bogor

Toge goreng yang menjadi kuliner khas Bogor ini bisa kamu cicipi di Toge Goreng Hj. Omah yang telah melegenda sejak lama. Lokasinya berada di Jalan Jend. Sudirman No. 23A, Pabaton, Bogor (cek di Google Maps). Buka setiap hari, pukul 08.30 – 17.00 WIB. Hanya dengan merogoh uang sebesar Rp15.000,00 kamu bisa mendapat seporsi toge goreng lengkap.

4. Ngo Hiang

Ngohiang Bogor
Ngohiang Kuliner Bogor (Foto: Google Maps/ffy – eatanddate)

Ngo Hiang adalah makanan yang berasal dari Tiongkok. Awalnya kuliner ini dibawa masuk oleh imigran yang datang ke Bogor. Semula bahan utamanya adalah daging babi. Namun, akhirnya ada yang dibuat dengan daging ayam untuk menyesuaikan dengan penduduk di Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Daging ayam dicincang lalu digoreng dengan balutan tepung. Setelahnya disajikan dengan saus Ngo Hiang disertai tahu atau kentang. Tahu dan daging ayam yang disajikan memiliki tekstur lembut dan mudah larut di mulut. Berbeda jauh dengan tahu yang biasa dijual di supermarket atau pasar lain.

Rekomendasi Tempat Makan Ngo Hiang  

Ngo Hiang di Gang Aut sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner khas Bogor. Kalau penasaran dengan rasanya, mampirlah ke Ngohiang khas Bogor Asli Gang Aut di Jl. Suryakencana No. 309, Bogor. Ngo Hiang Asli Gang Haut ini buka setiap hari, pukul 10.00 – 18.00 WIB. Setiap harinya selalu ada antrian pembeli yang mengular panjang. Harga Ngo Hiang per porsinya mulai dari Rp40.000,00 – Rp70.000,00.  

5. Mie Glosor, Kuliner Bogor Murah dan Nikmat

Mie Glosor Makanan di Bogor
Mie Glosor Bogor (Foto: Instagram @dapurcihuuyy)

Pada bulan Ramadan, kuliner yang paling banyak dicari selain es buah pala ialah mie glosor. Mie glosor disajikan lengkap dengan isi berupa mie, gorengan, kerupuk mie, dan sambal kacang. Ciri khas mie glosor terletak pada mie yang terbuat dari tepung singkong dan kunyit. Jadi, warna kuningnya didapatkan dari kunyit bukan pewarna buatan. Tekstur licin dan kenyal membuat mienya mudah meluncur di tenggorokan.

Rekomendasi Tempat Makan Mie Glosor

Mie glosor bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di kota Bogor. Baik di jalan utama, maupun gang-gang kecil. Harga jual per porsinya juga cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp3.000,00 – Rp5.000,00 saja.

6. Doclang

Kuliner Murah Bogor Doclang
Doclang khas Bogor (Foto: Instagram @cenjkt)

Kalau kamu mencari makanan di Bogor dengan cita rasa khas, maka cobalah doclang. Sekilas doclang mirip dengan lontong sayur atau kupat tahu. Isiannya terdiri dari pesor, kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus, yang disiram dengan sambal kacang dan kecap manis.

Pesor sendiri adalah ketupat nasi yang dibungkus dengan daun putat, lalu direbus selama beberapa jam. Tanaman putat tumbuh subur di kaki Gunung Salak. Ini pula yang membuat doclang menjadi kuliner yang istimewa.

Rekomendasi Tempat Makan Doclang Enak di Bogor

Kalau kamu penasaran dengan cita rasa doclang, maka wajib mampir ke “Doclang Bapak Odik”. Lokasinya berada di Jalan Pasir Kuda No. 23, Pasir Jaya, Bogor. Buka setiap hari, pukul 07.00 – 14.30 WIB. Tempat ini selalu ramai pembeli. Harga doclang Bapak Odik cukup murah, yaitu mulai dari Rp12.000,00 saja per porsinya.

7. Roti Unyil: Kuliner Bogor yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Roti Unyil Oleh-Oleh Bogor
Roti Unyil (Foto: instagram @rotiunyilvenusofficial)

Setelah membahas hidangan gurih, sekarang kamu juga bisa mencoba hidangan manis yang juga menjadi ciri khas Bogor. Benar, roti unyil adalah kuliner Bogor yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Roti dengan ukuran mungil ini memang tidak semuanya mengusung nama roti unyil. Namun, bentuknya yang mungil menggemaskan membuatnya dijuluki roti unyil. Kamu bisa menikmatinya hanya dengan sekali lahap.

Proses pembuatan roti unyil ini cukup panjang. Butuh waktu beberapa jam sebelum akhirnya menjadi makanan siap santap dengan berbagai isian. Mulai dari cokelat, jagung, keju, sosis, dan banyak lagi isian lain.

Rekomendasi Tempat Belanja Roti Unyil Enak di Bogor

Kalau ingin mencoba roti ini, sebenarnya kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko makanan atau toko oleh-oleh yang ada di Bogor. Ada pula penjual yang berkeliling di sepanjang kota setiap harinya. Yang paling populer dan paling banyak dituju oleh wisatawan adalah “Roti Unyil Venus”. Lokasinya berada di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No. 1, Sukasari, Bogor. Roti Unyil Venus Bakery buka setiap hari, pukul 05.30 – 21.00 WIB. Harga roti unyil di Venus Bakery ini adalah Rp1.700,00 per pcs (all varian).

***

Nah, itulah 7 kuliner Bogor yang bisa dicoba jika kamu berkunjung ke sana. Cita rasa gurih, asin, maupun manis akan melengkapi pengalaman wisata kuliner di Bogor. Jadi, jangan sampai tidak mencobanya, ya! Selepas perut kenyang, kamu bisa melanjutkan liburan seru di Bogor. Kota ini tidak hanya menawarkan makanan dan minuman lezat, tetapi juga banyak pemandangan alam yang menarik hati. Atau, kamu bisa mencoba ngeteh di tempat-tempat yang keren di Bogor? Seru juga, lho!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.