Tips Berburu Sunrise di Pegunungan

Berburu sunrise adalah salah satu aktivitas menyenangkan saat berwisata ke kawasan pegunungan. Kamu akan sulit menolak pesona cantiknya semburat cahaya matahari terbit. Apalagi, saat berpadu dengan pemandangan alam pegunungan yang memesona. Namun, keindahan sunrise di kawasan pegunungan ini tidak bisa kamu nikmati begitu saja tanpa adanya usaha dan persiapan yang baik. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar rencana berburu sunrise tidak mendadak gagal. Mulai dari faktor cuaca, kamera, spot terbaik, waktu keberangkatan, bahkan pakaian yang harus kamu gunakan. Lebih detailnya, kamu bisa langsung simak tips berburu sunrise di kawasan pegunungan berikut ini.  

Tips Berburu Sunrise di Pegunungan

1. Perhatikan Kondisi Cuaca

Kalau ingin berburu sunrise di kawasan pegunungan, maka kamu wajib memperhatikan kapan waktu berkunjung yang tepat. Ini berkaitan dengan masalah kondisi cuaca. Waktu terbaik untuk berburu sunrise tentunya bukan di saat musim hujan. Kalau cuaca mendung dan langit diselimuti awan gelap, maka cahaya matahari terbit tidak akan terlihat jelas. Apalagi, kalau sampai turun hujan, maka sudah pasti rencana berburu sunrise akan gagal total. Walaupun kadang kita tidak bisa mempredikasi kondisi cuaca, tetapi ada baiknya tetap memilih bulan-bulan yang jauh dari musim hujan, yaitu antara Juli – September.

2. Persiapkan Perlengkapan Kamera Dengan Baik

Bukan sekadar duduk menikmati keindahan sunrise, pasti kamu juga ingin mengabadikannya dengan kamera, kan? Jika iya, maka kamu harus mempersiapkan kamera dan perlengkapannya dengan baik. Pastikan mengisi sampai penuh daya baterai kameramu. Cek juga kapasitas memori kamera. Pindahkan dulu file-file di dalam memory card supaya nantinya kamu bisa mengambil banyak foto maupun video sepuasnya. Kalau perlu, bawa juga baterai cadangan dan memory card tambahan. Yang tidak kalah penting, jangan lupa mengecek kondisi lensa kameramu. Pastikan lensa kamera dalam keadaan bersih dan dapat berfungsi dengan baik. Pilih lensa yang tepat untuk mengambil gambar terbaik di kawasan pegunungan. Misalnya, lensa wide angle atau lensa tele. Perlengkapan tambahan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa adalah tripod. Dengan adanya tripod maka akan sangat membantu saat kamu ingin mengambil gambar pada posisi tertentu.

3. Tentukan Titik Terbaik Untuk Menyaksikan Sunrise

Untuk menyaksikan sunrise, maka kamu harus menemukan spot terbaik. Kamu perlu mencari tahu dimana saja titik terbaik di kawasan pegunungan yang sedang kamu kunjungi. Selanjutnya, tentukan kamu akan menuju ke titik yang mana. Dengan begitu, kamu bisa lebih puas dan leluasa menikmati pemandangan sunrise. Berada di titik yang tepat juga akan sangat mempengaruhi persiapan dan hasil akhir saat kamu mengambil foto. Contohnya, seperti sunrise di Sikunir. Pengunjung bisa menyaksikan sunrise dari Pos 1, atau bisa juga di Puncak Bukit Sikunir. Keindahan sunrise dan pemandangan yang alam yang terlihat pasti akan sedikit berbeda dari kedua titik tersebut.

4. Pastikan Berangkat Lebih Awal Saat Berburu Sunrise

Momen sunrise terbaik tidak terjadi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu harus berangkat lebih awal agar tidak ketinggalan momen tersebut. Perhitungkan waktu dan jarak yang harus kamu tempuh untuk menuju ke titik tujuan. Apalagi, kalau medan pendakian cukup sulit, maka pastikan kamu berangkat jauh lebih awal.

Selain itu, berangkat lebih awal untuk berburu sunrise di pegunungan akan memberi keuntungan lain. Kamu bisa leluasa memilih tempat yang paling nyaman untuk berdiri maupun mengambil gambar karena belum banyak pengunjung yang datang. Terutama di saat weekend atau musim libur panjang, jumlah pengunjung lebih banyak dari biasanya. Masing-masing orang pastinya juga ingin mendapatkan tempat yang nyaman, ‘kan? Jadi, pastikan kamu juga berangkat lebih awal, ya.

5. Gunakan Pakaian Yang Tepat

Kawasan pegunungan memiliki suhu udara yang dingin. Malahan, suhu saat subuh dan pagi hari biasanya akan menjadi jauh lebih dingin lagi. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang hangat dan jaket gunung agar selalu nyaman. Kamu bisa membaca tips memilih jaket gunung terbaik di sini.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi diri dengan penutup kepala, syal, sarung tangan, dan kaos kaki. Jika harus menempuh jalur trekking yang agak sulit, pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.  

Tips Berburu Sunrise _ Blog JD

Sudah Siap Berburu Sunrise di Pegunungan?

Itulah 5 tips berburu sunrise di pegunungan. Kamu bisa mencoba semua tips tadi agar bisa menikmati sunrise terbaik di tempat yang kamu tuju. Simpel dan nggak ribet. Yang penting disiplin mempersiapkan perlengkapan diri dan disiplin dengan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.