5 Tips Memilih Jaket Gunung Yang Tepat Untuk Bekal Pendakian

Halo Kawan Dolan! Adakah di antara kalian yang suka aktivitas mendaki gunung? Di artikel kali ini, tim Jejak Dolan mau berbagi tips memilih jaket gunung. Jaket gunung menjadi barang wajib jika kalian melalukan pendakian. Hembusan angin dan dinginnya udara pegunungan bisa ditangkal dengan menggunakan jaket gunung yang tepat.

Makanya penting sekali bagi Kawan Dolan untuk mengetahui tips dasar dalam memilih jaket gunung. Memilih jaket gunung bukan sekedar berdasarkan pada kerennya penampilan saja, tetapi lebih pada fungsi dan kebutuhannya. Jaket gunung harus dipilih dengan cermat sehingga nyaman digunakan saat melakukan pendakian. Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan panduan.

  • Pilihlah Bahan Jaket Yang Berkualitas

Jaket yang bagus tentu memiliki kualitas yang baik. Nah, pastikan Kawan Dolan membeli jaket  gunung dengan bahan yang berkualitas. Mahal sedikit tidak masalah, yang penting nyaman dan aman jika nanti digunakan.

tips memilih jaket gunung
pic : merapimountain.com

Pilh jaket gunung yang minimal memiliki dua lapisan. Biasanya, untuk lapisan luar jaket, pilih yang sudah berbahan Gore-Tex. Bahan ini sudah anti air, kedap udara, dan sirkulasi udaranya bagus. Untuk lapisan kedua bisa yang berbahan dacron atau polar.

  • Tips Memilih Jaket Gunung : Jangan Salah Ukuran

Tidak hanya bahannya, ukuran jaket juga penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi kenyamanan saat digunakan. Bayangkan jika saat berada di medan pendakian yang sulit. Gerakan bisa saja malah menjadi terbatas karena ukuran jaket yang terlalu ngepas atau malah kekecilan di tubuh.

tips memilih jaket gunung, perhatikan ukuran
pic : alodokter.com

Tipsnya, pilih ukuran jaket yang sedikit lebih besar dari ukuran normal yang biasa digunakan. Kalau biasanya pakai ukuran S, maka kalian bisa membeli yang ukuran M. Jangan terlalu besar ya. Kalau terlalu besar, nantinya malah memberi banyak celah untuk masuknya udara dingin.

  • Saku Jaket

Jaket gunung yang dilengkapi dengan beberapa saku berkancing/resleting tentu membuat aktivitas pendakian menjadi lebih praktis. Saku pada jaket gunung bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang penting serta snack. Jadi nantinya tidak perlu repot membongkar isi ransel.

  • Pilih Jaket Yang Dilengkapi Penutup Kepala/Hoody

Penutup kepala pada jaket gunung memiliki fungsi ganda. Bisa digunakan untuk melindungi kepala dari panas atau hujan, serta menahan hembusan angin kencang. Pastinya lebih nyaman jika jaket gunung dilengkapi dengan penutup kepala seperti ini.

  • Warna Jaket

Untuk warna jaket, Kawan Dolan bisa memilih warna-warna yang cerah. Misalnya seperti orange, biru muda, kuning, atau merah. Pemilihan warna jaket yang cerah ini bukan sekedar untuk gaya-gayaan lho, tetapi erat kaitannya dengan fungsinya saat sedang dalam proses pendakian nanti.

Warna yang cerah akan memudahkan untuk terlihat oleh sesama anggota pendakian. Dalam kondisi darurat, warna jaket yang cerah juga memudahkan tim pencarian untuk menemukan keberadaan kita.

———

tips memilih jaket gunung
pic : idntimes.com

Nah, semoga tips memilih jaket gunung tadi bisa sedikit membantu Kawan Dolan yang sedang bingung memilih jaket untuk pendakian. Kalau ada yang punya tips tambahan, yuk dishare…

Tinggalkan Balasan