12 Tempat Wisata Bogor Dekat Stasiun: Wisata Edukasi Hingga Ruang Terbuka Hijau

Liburan ke Bogor naik kereta? Siapa takut! Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata Bogor dekat stasiun berikut ini tanpa repot. Mulai dari wisata edukasi hingga ruang terbuka hijau yang cocok untuk keluarga. Kamu bisa menjangkaunya cukup dengan berjalan kaki dari stasiun atau menggunakan transportasi umum. Kami bagikan info lengkap dan terupdate mengenai alamat, jam operasional, harga tiket masuk, dan jarak menuju tempat wisata tersebut.

1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Wisata bogor deka stasiun Munasin
Munasin Bogor (Foto: Munasin via Google Maps)

Alamat

Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB

HTM

Rp15.000,00/orang (weekday)

Rp25.000,00/orang (weekend)

Rating

4,6/5 dari 959 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

± 650 m

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasin) merupakan museum yang berada di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Saat awal didirikan pada 1982, museum ini bernama Museum Etnobotani. Namun, sejak 2016 namanya berubah menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Di museum ini, ada banyak koleksi barang dan dokumentasi foto seputar tipe ekosistem, sejarah, dan sumberdaya hayati nusantara. Ragam koleksinya juga menampilkan visualisasi dari terbentuknya alam semesta. Beberapa alat multimedia sudah digunakan untuk membuat tampilan koleksi museum lebih menarik dan komunikatif bagi pengunjung.

Untuk mencapai Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun Bogor dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Namun, ada alternatif angkutan umum maupun ojek online yang juga bisa kamu gunakan. Kisaran tarifnya mulai dari Rp4.000,00 – Rp15.000,00.

2.  Taman Kencana

Taman Kencana Wisata Bogor dekat Stasiun
Taman Kencana Bogor (Foto: Aries Yuda via Google Maps)

Alamat

Jl. Taman Kencana No. 3, RT.03/RW.03, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

HTM

Gratis

Rating

4,5/5 dari 9.319 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

± 1,9 km

Taman Kencana menjadi alternatif tempat wisata Bogor yang dekat dengan stasiun. Dibangun sekitar 1930-an, Taman Kencana menjadi tempat wisata legendaris yang populer hingga saat ini. Dari Stasiun Bogor, kamu bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan kota. Biasanya Taman Kencana mulai ramai pada sore dan malam hari.

Daya tarik utama dari Taman Kencana adalah areanya yang bersih dan tertata rapi. Pepohonan rindang yang banyak tumbuh di sekitar taman membuat suasana menjadi teduh dan sejuk. Jalur jalan kaki di dalam taman dibuat berupa jalan setapak berbatu sehingga terlihat rapi dan nyaman untuk dilewati. Untuk yang ingin bersantai, maka sudah tersedia banyak kursi-kursi panjang. Lebih asyik lagi kalau kamu sembari menikmati jajanan lokal dari para pedagang kaki lima yang mangkal di sekitar taman. Misalnya, seperti cilok, macaroni, tutut rebus, telur gulung, jagung manis, kopi seduh, dan lain sebagainya.    

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Wisata Bogor Terdekat
Kebun Raya Bogor Gate 1 (Foto: Ira Femiena via Google Maps)

Alamat

Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Senin – Jumat, 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu, 07.00 – 16.00 WIB

HTM

Rp16.500/orang (weekday)

Rp26.500/orang (weekend dan hari libur nasional)

Rating

4,7/5 dari 87.301 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

1,6 km

Kebun Raya Bogor (KRB) adalah tempat wisata populer di Kota Bogor. Di kebun botani seluas 87 hektar ini kamu bisa berwisata sembari melihat belasan ribu jenis tanaman, bunga, dan hewan. Banyak spot-spot menarik, baik itu untuk sarana edukasi, latar berfoto, maupun sekadar bersantai melepas penat. Sebut saja misalnya seperti Taman Akuatik, Monumen Reinwardt, Museum Zoologi, Taman Meksiko, danau, hingga spot jembatan gantung.

Untuk menuju ke Kebun Raya Bogor dari Stasiun Bogor, kamu bisa berjalan kaki ataupun menggunakan angkutan umum. Tarif angkutan umum dari Stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor untuk sekali jalan sekitar Rp4.000,00/orang. Pilih akses masuk melalui pintu 3 atau pintu 4, terutama kalau kamu berkunjung di hari biasa.

4. Taman Sempur

Taman Sempur Bogor
Taman Sempur – Wisata Bogor Dekat Stasiun (Foto: Nia via Google Maps)

Alamat

RT.01/RW.01, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

HTM

Gratis

Rating

4,6/5 dari 15.600 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

1,5 km

Tempat wisata Bogor dekat stasiun yang berikutnya adalah Taman Sempur. Taman ini juga merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Kamu bisa datang ke taman ini untuk menikmati suasana ala Bogor dan berbaur dengan warga lokal. Hampir setiap hari Taman Sempur ramai dengan pengunjung. Baik itu yang ingin sekadar bersantai, olahraga, atau khusus datang untuk menyaksikan event tertentu.

Taman Sempur memang tertata rapi dengan ragam fasilitas yang cukup lengkap. Ada beberapa kursi dan gazebo yang tersedia di taman ini. Bahkan, sarana olahraganya pun cukup memadai. Tersedia lintasan atletik, dinding panjat tebing, lapangan basket, dan arena skateboard. Taman ini juga cocok untuk anak-anak. Ada wahana permainan seru seperti ayunan, bangunan benteng, ular tangga raksasa, dan perosotan.

5. Museum dan Monumen PETA

Museum PETA Bogor
Wisata Bogor Dekat Stasiun – Museum PETA (Foto: keroncong merdeka via Google Maps)

Alamat

Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB

Sabtu, 09.00 – 17.00 WIB

Minggu, 10.00 – 17.00 WIB

HTM

Rp10.000,00/orang

Rating

4,6/5 dari 1.281 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

1,8 km

Museum dan Monumen PETA kami rekomendasikan untuk kamu yang tertarik dengan wisata sejarah. Diresmikan pada Desember 1995, museum ini menjadi salah satu yang terbaik di Kota Bogor. Bentuk bangunannya unik menyerupai benteng bergaya Eropa. Bangunan museum ini memang merupakan peninggalan Belanda yang sudah dibangun sejak 1745. Dulunya di tempat ini menjadi lokasi pendidikan kemiliteran para perwira PETA.

Di dalam museumnya sendiri terdapat banyak sekali koleksi yang menceritakan tentang sejarah para Pejuang Tanah Air (PETA). Jenis koleksinya berupa diorama, relief, dan dokumentasi foto. Ada juga barang-barang peninggalan PETA, seperti senjata dan koleksi pakaian. Kamu juga akan menemukan prasasti, monumen patung Daidancho, dan patung Xaverius Supriyadi di museum ini. 

6. Taman Peranginan

Wisata Bogor Taman Peranginan
Taman Paranginan (Foto: Hanif Prasetya via Google Maps)

Alamat

Jl. Jend. Sudirman No.31, RT.01/RW.04, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

HTM

Gratis

Rating

4,6/5 dari 1.639 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

1,6 km

Taman Peranginan berlokasi tidak jauh dari Stasiun Bogor. Taman ini menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang mencari tempat wisata Bogor yang lokasinya dekat dengan stasiun.Walaupun areanya tidak terlalu luas, tetapi Taman Peranginan tidak pernah sepi. Setiap hari pasti selalu ada pengunjung yang datang untuk bersantai.

Selain udara yang sejuk, view dari taman ini juga sangat memanjakan mata. Kamu bisa menyaksikan indahnya bentang alam Kota Bogor dari ketinggian. Ditambah lagi, suasana di Taman Peranginan sangat teduh dengan deretan pepohonan rimbunnya. Cocok untuk kamu yang doyan ngadem.

7. Tugu Kujang

Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang Bogor (Foto: Manik Respati via Google Maps)

Alamat

Jalan Raya Pajajaran No.1A, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

HTM

Gratis

Rating

4,7/5 dari 12.811 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

2,6 km

Berkunjung ke Kota Bogor pasti kurang lengkap kalau kamu tidak berkunjung ke ikon kotanya, yaitu Tugu Kujang. Tugu Kujang yang menjadi ikon Kota Bogor nampak berdiri gagah menjulang di jantung kota Bogor. Pada malam hari, pesona tugu ini kian terlihat menawan dengan hiasan lampu-lampu.

Bentuk Tugu Kujang menyerupai senjata tradisional masyarakat Sunda, dengan ketinggian mencapai 25 meter. Di bagian atasnya terdapat sebuah ornamen yang terbuat dari bahan stainless steel berlapis perunggu dan kuningan. Di bagian bawah tugu, kamu akan menemukan tulisan motto: “Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeureun Juga”. Artinya, “Apa yang Dilakukan Hari Ini dan Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Sebelumnya”. Kalimat tersebut konon berasal dari Prasasti Lingga yang ada pada masa Kerajaan Pajajaran. Karena lokasi tugu berada di persimpangan jalan yang kondisi lalu lintasnya cukup padat, maka kamu wajib berhati-hati, ya. Jika ingin mengambil foto, maka pastikan kamu berada di posisi yang aman.  

8. Museum Kepresidenan Balai Kirti

Museum Balai Kirti
Museum Balai Kirti Bogor (Foto: Wira via Google Maps)

Alamat

Komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jl. Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Selasa – Jumat, 09.00 – 15.00 WIB

Sabtu – Minggu, 09.00 – 14.00 WIB

Senin (tutup)

HTM

Gratis (wajib reservasi dulu via email)

Rating

4,7/5 dari 914 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

600 m

Siapa sangka di dalam Istana Bogor terdapat sebuah museum yang sangat menarik, yaitu Museum Kepresiden Balai Kirti. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 5.000 m2 dan memiliki 3 lantai. Museum Kepresidenan Balai Kirti menyimpan beragam koleksi seputar sejarah pemerintahan para presiden Indonesia. Mulai dari lukisan, foto, baju dinas, dan koleksi buku. Ada juga relief patung Garuda, teks proklamasi, teks sumpah pemuda, dan teks lagu Indonesia Raya. Audio visual tersedia bagi pengunjung yang ingin mendengar penjelasan tentang perjalanan para presiden Indonesia. Semua koleksi tertata rapi, dengan pencahayaan yang sangat memadai.

Kalau tertarik berkunjung, maka kamu harus membuat surat permohonan melalui e-mail minimal seminggu sebelum tanggal kedatangan. Pastikan juga saat berkunjung kamu menggunakan pakaian yang sopan sesuai ketentuan. Dilarang menggunakan kaos, sandal, maupun celana pendek atau rok di atas lutut.  

9. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor
Museum Perjuangan Bogor (Foto: Khrisnendy Sri via Google Maps)

Alamat

Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Kp. Parung Jambu, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB

HTM

Rp10.000,00/orang

Rating

4,6/5 dari 512 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

600 m

Satu lagi museum yang menempati bangunan lawas di Kota Bogor, yaitu Museum Perjuangan. Karena jaraknya cukup dekat, maka kamu bisa menuju ke museum ini dengan berjalan kaki dari Stasiun Bogor. Waktu tempuhnya hanya sekitar 5 menit saja. Bangunan yang berdiri sejak 1879 ini awalnya adalah gudang milik seorang pengusaha Belanda bernama Wilhelm Sustaff Wissner. Baru pada Oktober 1957 resmi beralihfungsi menjadi Museum Perjuangan Bogor.

Museum Perjuangan Bogor menyimpan banyak koleksi diorama tentang pertempuran para pejuang. Mulai dari pertempuran di Maseng, pertempuran Kapten Muslihat, hingga pertempuran para pejuang di Cemplang. Tidak ketinggalan deretan dokumentasi foto, koran, prangko, mata uang, serta seragam dan pakaian yang pernah dikenakan para pejuang. Selain itu, ada juga koleksi senjata  asli yang pernah digunakan pada masa-masa perjuangan, baik itu senjata tradisional maupun modern.  

10. Bogor Sky Garden

Bogor Sky Garden
Bogor Sky Garden (Foto: BSG via Google Maps)

Alamat

Mall BTM Bogor, Jl. Ir. H. Juanda No.67, RT.01/RW.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 10.00 – 18.00 WIB

HTM

Gratis

Rating

4,7/5 dari 163 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

1,5 km

Alternatif wisata Bogor dekat stasiun yang cukup unik adalah Bogor Sky Garden. Lokasinya berada di rooftop Mall BTM Bogor. Bogor Sky Garden menghadirkan taman bunga matahari di ruang terbuka. Perpaduan bunga matahari dan langit biru Kota Bogor terlihat sangat cantik dan keren untuk latar berfoto. Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang instagrammable. Kamu bisa puas memanjakan mata sembari berswafoto. Tidak ada tiket masuk khusus untuk masuk ke Bogor Sky Garden ini. Asyiknya lagi, karena lokasinya berada di Mall BTM, maka kamu bisa sekalian wisata belanja atau wisata kuliner juga, lho!

11. The Bucketlist Bogor

The Bucketlist
The Bucketlist (Foto: the Bucketlist via Google Maps)

Alamat

Jl. R. H. Moh. Tohir No.1, RT.07/RW.10, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat (cek Google Maps)

Jam buka

Selasa – Minggu, 10.00 – 18.00 WIB

Senin (tutup)

HTM

Rp60.000,00/orang

Rating

4,9/5 dari 515 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

3,3 km

Penggemar olahraga basket wajib berkunjung ke The Bucketlist Bogor! Dijamin kamu bakal betah di tempat yang satu ini. The Bucketlist Bogor merupakan museum dengan tema basket yang pertama ada di Indonesia. Kamu bisa melihat bagaimana perkembangan basket nasional dan internasional melalui koleksi-koleksinya.  

Ada koleksi memorabilia langka dari para pemain basket bintang NBA. Misalnya, eksibisi memorabilia sang legenda basket dunia, Michael Jordan. Ada juga koleksi pribadi dari para kolektor memorabilia basket terpilih. Di salah satu ruang, terpajang sepatu dan jersey-jersey keren dari tim basket NBA maupun tim basket Indonesia. Yang menarik, semua koleksi bahkan sudut ruang di The Bucketlist Bogor ini tertata rapi dan sangat eye-catching.

Pengelola The Bucketlist menyediakan fasilitas café “the Bucketlist Kitchen”, spot souvenir, musala, toilet, dan area parkir yang memadai. Ada juga fasilitas sewa lapangan basket umum dan 1 on 1 yang sudah berstandar FIBA. Untuk yang datang bersama pasangan atau keluarga, tersedia couple package dan family package. Kamu akan mendapatkan akses galeri, sewa 1on1 court, dan voucher The Bucketlist Kitchen dengan harga yang lebih hemat.  

12. Alun-Alun Kota Bogor

Alun-Alun Kota Bogor
Alun-Alun Kota Bogor (Foto: Indrawan Saputra via Google Maps)

Alamat

Jl. Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka

Setiap hari, 24 jam

HTM

Gratis

Rating

4,6/5 dari 1.746 ulasan Google

Jarak dari Stasiun Bogor

250 m

Alun-alun adalah tempat wisata Bogor dekat stasiun yang wajib kamu kunjungi. Lokasinya berada persis di sebelah stasiun. Jadi, kamu cukup berjalan kaki santai saja untuk tiba di tempat ini. Dulunya, alun-alun Kota Bogor adalah Taman Topi. Kemudian, taman ini dibenahi dan pada Desember 2021 lalu diresmikan menjadi alun-alun Kota Bogor oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Alun-alun Kota Bogor menjadi salah satu ikon kota. Yang menarik dari tempat ini adalah desainnya yang modern, mirip dengan konsep ruang terbuka di Eropa. Selain itu, terdapat perpaduan unsur sejarah dan religi yang kental. Hal ini terlihat dari letaknya yang berdampingan dengan bangunan Stasiun Bogor yang bersejarah dan Masjid Agung berunsur religius.

Alun-alun Kota Bogor sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung dari berbagai usia. Ada pedestrian dan taman yang asri, kursi panjang, wahana bermain anak, jogging track, alat fitness outdoor, dan amphitheater. Di dekat alun-alun juga banyak penjual makanan dan beberapa pasar. Jadi, setelah puas rekreasi di alun-alun, kamu bisa sekalian wisata kuliner maupun wisata belanja.     

Tempat Wisata Bogor Dekat Stasiun Mana Yang Jadi Pilihanmu?

Itulah 12 tempat wisata Bogor dekat stasiun yang bisa menjadi alternatif untuk kamu kunjungi. Dengan jaraknya yang tidak terlalu jauh, maka kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Tinggal pilih jenis tempat wisata mana yang paling menarik perhatianmu. Kalau sempat, sekalian wisata kuliner, ya! Cobain ragam kuliner Bogor yang pernah kami rekomendasikan di artikel sebelumnya. Dijamin liburanmu di kota hujan ini bakal semakin berkesan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *