Matan Andau Tangkiling: Tempat Wisata Hits dan Glamping Seru di Palangka Raya

Info lengkap seputar wisata Matan Andau Tangkiling Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kami bahas seputar daya tarik wisatanya, lokasi dan rute, jam buka, harga tiket masuk Matan Andau, fasilitas, dan ragam aktivitas menarik.

Matan Andau adalah tempat wisata unik yang sedang hits di Palangka Raya. Tempat ini cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama teman maupun keluarga. Tidak hanya menikmati pemandangan, kamu juga bisa staycation dan glamping di Matan Andau.

Yuk, simak infonya berikut ini. Nanti di akhir kami berikan tips berkunjung supaya kamu lebih nyaman saat berwisata ke sana.

Matan Andau Tangkiling
Pic: Google Maps

Daya Tarik Wisata Matan Andau Tangkiling

Matan Andau merupakan tempat wisata populer di Palangka Raya. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota Palangka Raya.

Tempat ini cocok sekali untuk wisata akhir pekan bersama teman atau keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menyelenggarakan acara gathering komunitas hingga pernikahan di Matan Andau.

Sejak beroperasional pada 2022 lalu, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Tentunya bukan tanpa sebab. Matan Andau berada di area perbukitan yang masih alami.

Area wisatanya sangat luas, dengan beragam fasilitas menarik. Ada banyak spot foto yang instagrammable dan unik. Cocok untuk kamu yang gemar berswafoto!

Pengelola Matan Andau juga mendekorasi area wisata dengan hiasan-hiasan yang eye-catching. Kesan meriah dan semarak akan semakin terasa saat malam hari. Lampu-lampu aneka warna tampak cantik menghiasi area wisata.

Untuk yang ingin menginap di tengah alam yang tenang, maka Matan Andau juga menyediakan resort untuk staycation. Yang lebih unik, ada pilihan untuk camping, baik itu dengan konsep camping biasa maupun glamourous camping (glamping).

Lokasi dan Rute Menuju Matan Andau

Wisata Matan Andau berada di Jalan Nusa Tangkiling, Banturung, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (cek Google Maps). Lokasinya sekitar 30 – 45 menit perjalanan dari pusat kota Palangka Raya.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil atau sepeda motor untuk menuju ke sana. Belum ada transportasi umum yang rutenya khusus menuju ke Matan Andau.

Akses jalan utama dari pusat kota ke Tangkiling sudah teraspal bagus. Namun, di jalan masuk ke area wisata Matan Andau, ada kerusakan di beberapa titik. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima agar aman sampai di tujuan. 

Jam Buka Matan Andau Tangkiling

Berencana liburan ke Matan Andau Tangkiling? Maka, datanglah di waktu operasionalnya. Matan Andau Tangkiling buka setiap hari (Senin – Minggu), pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Aktivitas Menarik di Matan Andau

Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, maupun komunitas, maka Matan Andau bisa menjadi alternatif pilihan. Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di tempat wisata hits di Palangka Raya yang satu ini. Dijamin seru dan berkesan!

1. Berfoto di spot foto yang instagrammable dan eye-catching

Saat berkunjung ke Matan Andau Tangkiling, siapkan kameramu! Pengelola menyediakan banyak sekali spot-spot foto keren. Mulai dari balon udara, spot taman burung tingang, menara foto, selasar payung warna-warni, hingga spot love.

Yang paling unik adalah spot Huma Tambalik, yaitu rumah dengan posisi terbalik. Tidak hanya tampak depan rumahnya saja, tapi juga segala dekorasi yang ada di bagian dalam rumah dibuat seperti terbalik.  

2. Bermain dan bersantai

Dengan area outdoor yang sangat luas, maka kamu bisa sepuasnya menjelajahi Matan Andau. Baik itu untuk menemukan spot foto keren, hingga sekadar jalan-jalan santai menikmati pemandangan.

Di beberapa titik juga bisa digunakan untuk piknik. Khusus untuk anak-anak, ada spot bermain yang disediakan oleh pengelola, yaitu berupa jungkitan dan ayunan.

3. Kulineran

Pengelola Matan Andau menyediakan café dan restoran untuk pengunjung. Setelah lelah berkeliling, maka kamu bisa mampir untuk menikmati aneka snack, makanan, dan minuman. Harganya cukup terjangkau untuk ukuran tempat wisata.

4. Berenang

Ada kolam renang Mahasur yang tersedia untuk berenang. Lokasinya berada di dekat café dan restoran. Ukurannya memang tidak terlalu besar, tetapi cukup menyenangkan untuk berenang, terutama bersama anak-anak.

5. Menginap dengan suasana alam yang tenang

Kalau mau lebih puas menikmati suasana di Matan Andau, maka cobalah menginap di sana. Kamu bisa bermalam sembari camping. Baik itu dengan tenda biasa, atau mencoba sensasi glamourous camping (glamping) yang unik.

Jika ingin bermalam dengan fasilitas yang lebih lengkap, pengelola menyediakan resort dengan tipe-tipe menarik. Tarif menginapnya masih cukup terjangkau. Berapa tarif menginap di Matan Andau Resort Tangkiling? Simak di bagian bawah, ya.

6. Gathering Komunitas, Meeting, atau Wedding

Nah, selain wisata dalam skala kecil bersama keluarga atau teman-teman, Matan Andau juga bisa untuk kegiatan dengan skala yang lebih besar, lho. Mulai dari gathering komunitas, meeting, atau acara pernikahan.

Pengelola menyediakan Aula Kahanjak yang bisa disewa untuk acara-acara tersebut. Kapasitas aulanya muat untuk 100-150 orang. Harga sewa Aula Kahanjak Matan Andau Tangkiling sebesar Rp3.000.000,00 per 3 jam dan Rp6.000.000,00 per 6 jam.

Sebagai catatan, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Silakan konfirmasi ulang ke pengelola untuk jadwal dan harga sewanya.

Fasilitas Wisata di Matan Andau

Pastinya akan sangat menyenangkan berwisata di tempat yang fasilitasnya lengkap. Nah, di Matan Andau Tangkiling ini fasilitasnya sudah sangat memadai. Berikut daftar fasilitasnya:

  • Toilet
  • Musala
  • Area parkir
  • Restoran
  • Café
  • Kolam renang Mahasur
  • Taman Andau
  • Lapangan tembak
  • Area bermain anak (ayunan, jungkitan)
  • Meeting room (Aula Kahanjak)
  • Resort
  • Tenda glamping
  • Spot camping biasa
  • Area duduk bersantai/piknik
  • Live music (weekend)

Harga Tiket Masuk Matan Andau Tangkiling

Tiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Matan Andau Tangkiling, yaitu Rp20.000,00 per orang. Harga ini belum termasuk tarif parkir, yaitu Rp5.000,00 per kendaraan.

Tarif Camping, Glamping, dan Menginap di Matan Andau Resort

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu juga bisa staycation dan camping seru di Matan Andau. Berapa tarifnya? Berikut ini tarif camping, glamping, dan resort di Matan Andau Tangkiling:

Resort Matan Andau
Pic: Google Maps/Dapoe Shofia

1. Camping

Tarif camping sebesar Rp50.000,00/malam. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan spot camping, tenda biasa kapasitas 2 orang, dan lentera.

2. Glamping

– Huma Kurik Segitiga: Rp150.000,00/malam (max. 2 orang).

Fasilitas: tempat tidur, kipas angin, free tiket masuk untuk 2 orang, dan free breakfast untuk 1 orang.

– Huma Kurik Segiempat: Rp250.000,00/malam (max. 2 orang).

Fasilitas: tempat tidur, kipas angin, tiket masuk untuk 2 orang, dan free breakfast untuk 2 orang.

3. Resort

– Huma Kasanang: Rp375.000,00/malam

Fasilitas: tempat tidur, full AC, sarapan untuk 2 orang, dan gratis tiket masuk wisata 2 orang.

– Huma Himba: Rp 400.000,00/malam

Fasilitas: tempat tidur, full AC, free sarapan untuk 2 orang, free tiket masuk 2 orang.

– Huma Panggung: Rp650.000,00/malam

Fasilitas: full AC, 2 kamar tidur, 2 king bed, kamar mandi, free tiket masuk 4 orang, free sarapan untuk 4 orang.

Sebagai catatan, harga sewa untuk camping, glamping, maupun resort di Matan Andau Tangkiling bisa berubah sewaktu-waktu.

Sebaiknya konfirmasi ulang ke pengelola untuk info harga terkini, promo, maupun reservasi. Kontak pengelola bisa kamu lihat di bagian akhir artikel ini.

spot foto yang cantik
Pic: IG @matan_andauresort

Tips Berkunjung

Supaya lebih nyaman saat berwisata ke Matan Andau, maka kamu bisa simak beberapa tips berikut ini:

  1. Area wisata Matan Andau sangat luas dan ada beberapa spot yang berundak. Jadi, gunakan alas kaki yang rata dan nyaman sehingga tidak cepat lelah kalau berjalan jauh.
  2. Karena sebagian besar area wisatanya terbuka, maka sebaiknya datanglah sebelum pukul 10.00 WIB. Atau, sekalian saja setelah pukul 14.00 WIB untuk menghindari panas matahari yang terlalu terik.
  3. Gunakan penutup kepala dan pakaian dengan bahan yang adem jika berkunjung di siang hari.
  4. Waktu terbaik untuk berkunjung sebenarnya adalah malam hari. Sebab, cuaca tidak panas dan tempatnya kian semarak dengan lampu hias warna-warni yang unik.
  5. Tertib dan sabarlah untuk antre berfoto jika tempat wisata sedang ramai pengunjung.
  6. Jaga kebersihan area wisata dengan membuang sampah di tempat yang sudah tersedia.
  7. Pengelola tidak menyediakan port listrik khusus untuk charge Jadi, pastikan baterai ponsel dan baterai kameramu terisi penuh agar puas berfoto. Atau, bawalah powerbank yang dayanya sudah terisi penuh.
camping di palangkaraya
Pic: Google Maps/Matan Andau

Kontak Pengelola Matan Andau Resort

Untuk informasi lebih lengkap atau reservasi tempat, kamu bisa langsung menghubungi pengelola melalui kontak berikut ini.

Penutup

Itulah informasi seputar wisata Matan Andau Tangkiling Palangka Raya. Tempat wisata populer di Palangka Raya yang satu ini memang unik dan cocok untuk penggemar swafoto.

Bahkan, jika kamu butuh tempat menginap di Palangka Raya yang seru di tengah alam, maka Matan Andau bisa menjadi pilihan terbaik. Fasilitasnya memadai, harga terjangkau, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Apakah kamu mulai penasaran dan ingin segera berkunjung ke sana? Ajak teman atau keluarga supaya makin seru, ya, Kawan Dolan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *