Taman Mini Indonesia Indah, Mengenal Keragaman Indonesia di Satu Tempat

Berkunjung ke Jakarta rasanya kurang lengkap kalau Kawan Dolan tidak mencoba mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Jakarta Timur. TMII merupakan tempat wisata edukatif yang diresmikan pada 20 April 1975. Hingga saat ini TMII masih sangat populer sebagai tujuan wisata di Jakarta.

TMII berdiri di atas lahan seluas 150 hektar. Di lahan seluas itu, ada banyak wahana seru yang menyajikan tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. Semuanya dikemas secara menarik sehingga pengunjung dijamin tidak akan cepat bosan.

Taman Mini Indonesia Indah

Lengkapnya Wahana Edukatif Hingga Wahana Permainan di Taman Mini Indonesia Indah

Kawan Dolan bisa puas berkeliling seharian di Taman Mini Indonesia Indah. Ada 33 anjungan provinsi, 18 museum, 13 taman, dan 20 wahana bermain yang bisa dikunjungi.

Di anjungan provinsi yang terbagi dalam 7 zona bagian, Kawan Dolan bisa melihat bangunan-bangunan rumah adat khas masing-masing daerah di Indonesia. Bentuk rumah adat dirancang detail sesuai dengan bentuk bangunan aslinya. Selain itu, di anjungan provinsi juga ditampilkan pakaian adat, baju tari, senjata khas, hingga kerajinan tangan.

Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah
Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah. Foto : tamanmini.com

Untuk museum, jenisnya pun beragam dengan koleksi seputar sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi. Kawan Dolan bisa memilih untuk berkunjung ke museum yang sesuai dengan minat. Ada Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Perangko Indonesia, Museum Transportasi, Museum Asmat, Museum Olahraga, Museum Penerangan, Museum Pusaka, dan lain sebagainya.

Museum Olahraga TMII
Museum Olahraga TMII. Foto : tamanmini.com

Tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah taman. TMII menyediakan 13 macam taman yang menyajikan indahnya keberagaman flora dan fauna di Indonesia. Misalnya saja Taman Anggrek, Taman Kaktus, Taman Melati, Taman Burung, Taman Apotik Hidup, atau Taman Bunga Keong Emas. Wah, penggemar dunia flora dan fauna pasti akan senang sekali berkunjung ke taman-taman ini ya.

Selain itu, masih ada wahana bermain yang tidak kalah seru untuk dikunjungi saat berada di TMII. Kalau kalian pergi bersama anak-anak, coba kunjungi Istana Anak. Di sana ada kereta kelinci, mandi bola, komedi putar, dll yang pasti menyenangkan. Bentuk bangunannya pun sangat menarik untuk dijadikan lata berfoto, lho.

Istana Boneka TMII
Istana Anak-Anak TMII. Foto : blog.airyrooms.com

Yang suka bermain air dan ingin merasakan sensasi petualangan air bernuansa pegunungan salju, maka bisa mencoba ke Snowbay Waterpark. Fasilitas wahana air yang disediakan di Snowbay Waterpark cukup lengkap. Ada kolam ombak dan kolam arus, serta seluncuran ekstrim seperti flush bow, cool running, sampai tube coaster.

Nonton Film di Teater IMAX Keong Emas

Untuk aktivitas yang lebih santai, Kawan Dolan bisa coba mampir ke Teater IMAX Keong Emas. Teater Keong Emas ini sangat lekat dengan TMII sejak dahulu. Bentuknya sangat khas dan unik menyerupai keong raksasa dengan warna kuning keemasan.

Teater IMAX Keong Emas TMII
Teater IMAX Keong Emas TMII. Foto : keongmas.com

Teater Keong Emas sudah menggunakan teknologi layar IMAX yang modern dan spektakuler. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan istimewanya teknologi yang digunakan, maka saat menonton film, kita akan merasa seolah-olah ikut berada di dalamnya. Di Teater IMAX Keong Emas, Kawan Dolan bisa menonton film yang bercerita tentang keragaman budaya, lingkungan, dan kekayaan alam Indonesia.

Cara Seru Menikmati TMII

Kawasan TMII yang sangat luas tentu kurang menarik untuk dijelajahi hanya dengan berjalan kaki. Tersedia beberapa fasilitas yang bisa dicoba untuk menikmati TMII dengan lebih menyenangkan.

Kereta Gantung TMII
Kereta Gantung TMII. Foto : tamanmini.com

TMII memiliki sebuah danau besar yang berisi miniatur gugusan kepulauan Indonesia. Kawan Dolan bisa melihat danau dan gugusan kepulauan ini dari ketinggian dengan menggunakan kereta gantung. Kereta gantung akan bergerak melintas di atas danau sehingga pengunjung bisa melihatnya dengan lebih leluasa.

Ada juga fasilitas Aeromovel Titihan Samirono. Aeromovel ini merupakan kereta yang digerakan dengan menggunakan tenaga angin. Bentuknya mirip dengan monorel. Sama seperti kereta gantung, jalur lintasan Aeromovel juga berada di ketinggian. Jalurnya melewati seluruh area TMII dengan jalur lintasan satu arah.

Aeromovel Titihan Samirono TMII
Aeromovel Titihan Samirono TMII. Foto : tamanmini.com

Mau mencoba yang lebih sehat? Cobalah berkeliling dengan menggunakan sepeda. TMII menyediakan tempat persewaan sepeda dengan hitungan harga sewa per jam. Pilihan sepedanya mulai dari sepeda single biasa, sepeda tandem (bonceng 2 dan bonceng 3), hingga sepeda listrik.

————

Nah, Kawan Dolan Tertarik mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah? Pastikan datang sejak pagi hari ya agar lebih puas berkeliling mengenal banyak hal tentang Indonesia di TMII yang menakjubkan ini.

TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)
Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta Indonesia
Buka Setiap Hari, Jam 07.00 WIB - 18.00 WIB
Beli Tiket Masuk via e-ticketing here
Download Peta TMII : here

More Info
Official Website : TMII
Twitter : @ilovetamanmini
Instagram : @ilovetamanmini

Tinggalkan Balasan