3 Makanan Khas Kamboja Yang Wajib Dicoba

Berkunjung ke Kamboja tentu tak hanya sekedar menjelajahi berbagai destinasi wisata populer. Kawan Dolan juga perlu mencicipi beragam menu makanan khas Kamboja. Mencicipi olahan makanan favorit warga lokal akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Misalnya saja seperti mencicipi 3 makanan khas Kamboja berikut ini. 

  • Lok Lak

Bagi pecinta olahan daging sapi, Lok Lak adalah menu wajib yang harus kalian coba saat berada di Kamboja. Meskipun bahan utamanya adalah daging sapi, pencinta sayuran tak perlu risau karena Lok Lak juga disajikan dengan selada, irisan mentimun, dan tomat.

Lok Lak - Makanan Khas Kamboja Yang Wajib Dicoba
Lok Lak dengan Sajian Sayur Yang Berlimpah

Selain sayuran, Lok Lak juga dilengkapi dengan saus yang terbuat dari jeruk nipis, garam, dan lada hitam. Dari beberapa referensi yang kami baca, daging sapi perlu direndam semalaman sebelum diolah menjadi Lok Lak. Tak heran, cita rasa Lok Lak mirip rendang dengan sedikit rasa manis.

  • Fish Amok, Makanan Khas Kamboja Yang Wajib Dicoba

Makanan khas Kamboja yang wajib dicoba berikutnya kalau Kawan Dolan sedang berada di Kamboja adalah Fish Amok. Bisa dibilang, Fish Amok adalah Cambodia’s National Dish. Fish Amok merupakan hidangan ikan goreng yang dipadukan dengan kuah kuning kental yang menyerupai kari.

Fish Amok - Makanan Khas Kamboja Yang Wajib Dicoba
Fish Amok Yang Disajikan di Dalam Tempurung Kelapa

Kuah kuning kental tersebut dibuat dari campuran santan, serai, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Selanjutnya, ikan goreng dan kuah kuning kental dimasukkan ke dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Lembutnya daging ikan dan kuah kuning nan gurih cocok sekali disantap dengan nasi panas. Yakin Kawan Dolan tak ingin mencobanya?

  • Kuy Teav

Oleh warga lokal, Kuy Teav biasanya merupakan menu andalan untuk sarapan. Citarasanya yang gurih dan segar dijamin jadi pembuka hari yang pas sebelum menjelajahi Kamboja. Kuy Teav ini adalah sajian mie putih berkuah bening khas Kamboja. Mienya berbentuk pipih dan terbuat dari beras. Mie tersebut disajikan dengan potongan daging babi, kecambah, lettuce, daun bawang, merica hitam, jeruk nipis, dan minyak bawang putih. Kalau senang pedas, disediakan potongan cabe rawit untuk tambahan.

Kuy Teav - Makanan Khas Kamboja
Kuy Teav Yang Jadi Favorit Warga Lokal

Jadi menu ini non halal ya, Kawan Dolan. Namun kalau ingin tetap menikmatinya, kalian bisa mencari kedai makan atau restoran halal yang menyajikan menu Kuy Teav. Biasanya di kedai atau restoran halal, daging babi akan diganti dengan daging ayam atau daging sapi.

—————

Nah, kalian paling penasaran pengen mencoba yang mana nih Kawan Dolan?

2 tanggapan pada “3 Makanan Khas Kamboja Yang Wajib Dicoba”

  1. Sekilas kayak makanan-makanan khas indonesia yaa. Seperti kuy teav yang seperti soto 😀
    Kalau aku sih penasaran semuanya. Termasuk kuy teav versi daging sapi 😀

Tinggalkan Balasan