Wajib Perhatikan 6 Hal Ini Saat Menonton Pawai Budaya

Pawai budaya seringkali menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, bahkan wisatawan. Beragam pakaian adat, atraksi, hingga keunikan tradisi daerah ditampilkan secara kreatif pada gelaran pawai budaya. Tak heran jika tiap kali diselenggarakan, pawai budaya selalu tumpah ruah dengan penonton. Bisa dipastikan, ketika menonton pawai budaya, kita akan berdesakan dengan penonton lainnya. Agar bisa menyaksikan dengan nyaman, maka wajib memperhatikan hal-hal ini saat menonton pawai budaya.

Menonton Pawai Budaya
Pic: disbudpar.acehprov.go.id
Kenakan Pakaian Yang Berbahan Adem dan Mudah Menyerap Keringat

Berada di antara kerumunan orang pasti akan membuat udara semakin terasa panas. Persoalan gerah dan keringat yang bercucuran tak bisa dihindari. Oleh sebab itu, akan lebih nyaman jika kita sudah mempersiapkan diri dengan mengenakan pakaian yang berbahan adem dan mudah menyerap keringat. Jadi kita bisa tetap menonton pawai budaya dengan nyaman tanpa terganggu pakaian yang basah dan bau keringat.

Alas Kaki Yang Nyaman

Kita akan berdiri dalam durasi waktu yang cukup lama saat menonton pawai budaya. Belum lagi jika acaranya molor dari jadwal. Ketika menggunakan alas kaki yang kurang tepat, kaki pasti akan mudah pegal dan lelah. Jika tak mau acara menonton pawai budaya berakhir dengan drama kaki kram, pastikan kalian menggunakan alas kaki yang nyaman ya, Kawan Dolan. Misalnya seperti sandal atau sepatu yang alasnya pendek dan datar.

Bawa Bekal Camilan dan Minuman Yang Cukup

Percayalah, berdesakan di antara kerumunan orang akan sangat menguras tenaga. Tak heran jika sering banyak penonton yang pingsan. Walaupun mungkin sebelumnya sudah makan dan minum, nantinya kita pasti akan tetap butuh nyamil dan minum. Saat merasa lelah, bekal camilan dan minuman bisa menjadi penyelamat untuk mengembalikan tenaga.

Bawa Barang Seperlunya, Lalu Simpan di Bagian Yang Aman di Dalam Tas

Jangan membuat diri kita kerepotan mengurus dan mengawasi barang bawaan yang banyak. Bawa barang seperlunya saja. Jangan lupa, simpan barang-barang yang penting di bagian yang aman di dalam tas. Letakkan juga tas yang dibawa pada posisi yang bisa diawasi dengan mudah. Jangan sampai ada tangan-tangan nakal yang menguras isi tasmu.

Hormati Penonton Lain dan Peserta Pawai Budaya

Yang satu ini kerapkali dilupakan oleh kita, yaitu soal etika. Baik itu terhadap sesama penonton maupun pada peserta pawai. Jaga sikap dan posisi berdiri agar sebisanya tak mengganggu penonton lain dan peserta pawai yang melintas. Hindari berucap kata kasar, meludah sembarangan, atau tindakan tak menyenangkan lainnya. Jangan mendadak berlari ke tengah barisan peserta pawai hanya karena ingin berfoto bersama mereka. Selain mengganggu ketertiban, ada beberapa pertunjukan tradisi yang membutuhkan kekhusyukan dan memiliki tingkat bahaya yang tinggi jika disaksikan terlalu dekat.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Persoalan membuang sampah sebenarnya adalah hal sepele, tapi juga sering diabaikan. Tak jarang seusai gelaran budaya, jalanan berubah menjadi lautan sampah. Baik itu bungkus makanan maupun botol/kaleng minuman. Belajar untuk menahan tangan agar tak membuang sampah sembarangan ya, Kawan Dolan. Sehabis makan atau minum, buang sampahmu pada tempat yang sudah tersedia. Jika memang tak ada tempat membuang sampah terdekat, pegang saja dulu untuk kemudian dibuang jika menemukan tong sampah. Pastinya ini bukan hal yang sulit, asalkan niat dan membiasakan diri.

***

Menonton Pawai Budaya
Pic: jurnalsumatera.com

Nah, sudah siap menonton pawai budaya, Kawan Dolan? Pastikan tak luput mempersiapkan hal-hal di atas ya.

Tinggalkan Balasan