Persiapkan Hal Penting Ini Sebelum Traveling di Masa New Normal

Saat ini kita memasuki fase adaptasi pada kebiasaan baru (new normal) dalam menghadapi Covid-19. Banyak fasilitas umum yang telah dibuka kembali secara bertahap. Mulai dari hotel, tempat makan, pusat perbelanjaan, hingga tempat wisata. Tentunya dibarengi dengan berbagai syarat dan protokol kesehatan yang wajib dipersiapkan dan dipatuhi bersama. Bagi yang sudah bosan #dirumahaja, kondisi new normal akan menjadi kesempatan untuk melepas penat. Rencana traveling siap dieksekusi segera! Eitss, sabar dulu. Jangan lupa bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berlalu. Kawan Dolan wajib memperhatikan beberapa hal penting ini sebelum memutuskan untuk traveling di masa new normal.

    • Pastikan Tempat Tujuanmu Aman

Sebelum memutuskan untuk traveling, lakukan riset terlebih dahulu. Pastikan tempat tujuanmu tidak masuk ke dalam zona merah Covid-19. Kawan Dolan bisa mengecek informasi ini melalui website resmi negara/kota yang akan dikunjungi. Biasanya di sana akan dicantumkan informasi terkini seputar perkembangan kasus Covid-19 dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Traveling di Masa New Normal - Cek Status Aman
Pic: kemlu.go.id

Khusus untuk Kawan Dolan yang berencana ke luar negeri, cek juga melalui aplikasi safe travel dari Kemlu, website Kementerian Luar Negeri atau media sosial KBRI negara tujuan. Biasanya selalu ada himbauan khusus bagi WNI yang akan bepergian ke negara tertentu. Jika belum ada penurunan angka kasus positif di kota/negara tujuan, ada baiknya kembali menunda rencana perjalanan.

    • Cek Aturan Terkait New Normal

Cari tahu dan pahami aturan terkait new normal yang berlaku di kota/negara tujuan. Barangkali ada kebijakan karantina sebelum memasuki kota/negara tersebut. Ini tentu akan menyita lebih banyak waktu di perjalanan. Cek juga ketentuan yang ditetapkan bagi penumpang moda transportasi umum (pesawat, kereta api, bus, kapal laut, dll) yang diberlakukan di masa new normal

Ketentuan New Normal
Pic: finance.detik.com

Misalnya seperti Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat keterangan bebas Covid-19 dari rumah sakit, atau dokumen lainnya. Selain itu, dengan memahami aturan new normal yang ditetapkan oleh otoritas setempat, Kawan Dolan nantinya tidak lagi kaget dan dapat langsung menyesuaikan diri setibanya di tempat tujuan.

    • Jaga Kondisi Kesehatan

Traveling membutuhkan kondisi tubuh yang sehat karena aktivitas fisik akan jauh lebih banyak dari biasanya. Tubuh yang kurang fit lebih rentan untuk tertular penyakit. Oleh karena itu penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Jaga Kondisi Tubuh
Pic: hypermart.co.id

Konsumsi makanan bergizi, vitamin pelengkap, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup. Apabila kondisi kesehatan dirasa kurang baik (pilek, batuk, atau demam) saat menjelang keberangkatan, sebaiknya jangan nekat pergi.

    • Persiapkan Perlengkapan Pribadi Tambahan

Meminimalisir penularan Covid-19, Kawan Dolan wajib membawa sendiri ‘alat tempur’ tambahan. Masker, hand sanitizer, desinfektan, sabun cair, tissu basah, tissu kering, handuk, perlengkapan ibadah, serta face shield perlu disiapkan untuk dikemas ke dalam tas.

Traveling di Masa New Normal
Pic: idntimes.com

Ada baiknya juga membawa set perlengkapan makan pribadi seperti sendok, garpu, sedotan, dan botol minum. Pilih yang bahannya ramah lingkungan sehingga mudah dibersihkan dan dapat digunakan kembali. Beberapa barang tersebut mungkin disediakan untuk umum secara gratis. Namun, tidak ada salahnya membawa sendiri agar kebersihannya lebih terjamin.

***

Nah, demi keamanan diri, jangan sampai terlewat mempersiapkan hal-hal tersebut sebelum memutuskan traveling di masa new normal, ya. Stay safe!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *